Cara Perawatan Kayu pada Rumah agar 100% Bebas Jamur dan Rayap

Bagaimana cara perawatan kayu pada rumah yang sebagian besar terbuat dari material tersebut? Yuk kita bahas bersama-sama.

Sepanjang sejarah keberadaannya di muka bumi, manusia telah memanfaatkan berbagai material untuk membuat huniannya. Mula-mula kita menggunakan gua sekadar untuk tempat berteduh dari alam yang buas dan cuaca yang tak mendukung. Lama-lama, manusia mulai membuat rumah sederhana dari kayu dan daun-daun.

Teknik pembuatan rumah kayu itupun terus berkembang. Sehingga kita mengenal aneka rumah kayu dengan struktur dan desain kompleks nan megah. Misalnya saja rumah suku Asmat, Minahasa, Minangkabau, hingga rumah adat Dayak.

Ketika perdagangan dengan dunia luar makin meningkat, orang-orang nusantara pun mulai mengenal penggunaan bahan lainnya. Misalnya batu untuk pembuatan dinding. Dan sekarang, di zaman modern, banyak orang Indonesia yang telah beralih sepenuhnya ke rumah batu bata dan semen. Apalagi di Jawa.

Penggunaan Kayu Di Rumah Sakit Diharapkan Bisa Mempercepat Kesembuhan Pasien.

Dengan supply kayu yang makin menurun di Jawa, penggunaan rumah kayu bisa dibilang menjadi opsi yang sangat mahal. Akan tetapi, karena memang indah, selalu ada orang yang memilih membangun rumah kayu.

Ya, rumah kayu memang indah. Apalagi bila dirawat dengan benar dan didesain dengan gaya yang etnis. Penggunaan kayu pun, menurut beberapa studi terbukti berimbas baik pada kesehatan seseorang. Namun masalahnya, bagaimana dengan perawatan rumah ini?

Cara Perawatan Kayu pada Rumah yang Sulit Dilakukan?

Ada mitos yang sering dikaitkan dengan rumah kayu, salah satunya soal pemeliharaannya yang susah dan menghabiskan banyak waktu. Well, ini tak begitu tepat. Sejatinya, yang terpenting adalah bagaimana caranya agar rumah tidak mudah rusak. Apalagi, bagi beberapa orang, perawatan rumah kayu ternyata tidak sesulit yang dibicarakan.

Toh, sekarang sudah ada banyak pabrik yang menciptakan produk pengawet kayu atau pelindung yang melindungi kayu di rumah Anda. Cek detailnya di sini untuk Cara Mengatasi Jamur Permukaan dan Kelembaban Dalam Ruangan. Tapi agar lebih jelas, yuk perhatikan poin-poin perawatan kayu di bawah ini.

(Kenapa merawat kayu penting? berikut ini alasannya: Bahaya Jamur Di Rumah Anda dan Teknik Pencegahanya.)

Bagaimana Cara Perawatan Kayu pada Rumah?

Perawatan kayu dimulai sejak kayu dipanen. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tips perawatan untuk penghuni rumah, langsung saja simak mulai poin kedua. Sebab poin pertama secara spesifik kami jelaskan untuk produsen kayu.

1. Pengeringan secara menyeluruh.

Kandungan air bisa menyebabkan tumbuhnya organisme. Jadi diperlukan pengeringan untuk mengurangi kadar air dari kayu log. Pengeringan bisa dilakukan dengan berbagai metode. Misalnya saja kiln dry yang paling populer.

Cara Perawatan Kayu pada Rumah

2. Pembersihan

Begitu log dipasang di rumah Anda, pembersihan secara rutin wajib dilakukan. Selain itu, usahakan juga agar kayu tetap kering dan tidak lembab. Kayu yang lembab bisa membuat ruangan tercium apek lho.

3. Pengawet kayu sebagai Inti Cara Perawatan Kayu pada

Perlakuan selanjutnya ialah pengawetan kayu setelah kayu dikontruksi atau sudah menjadi rumah Anda. Peran paling penting dari pengawet adalah mengusir musuh utama log Anda: air. Air membuat tumbuhnya jamur dan jamur dan menarik jamur dan serangga-yang semuanya bisa menghancurkan kayu. Biasanya, bahan pengawet diaplikasikan ke batang kayu Anda setiap dua sampai tiga tahun. Namun jadwal perawatan bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti iklim di wilayah yang sedang Anda bangun dan pengawet khusus yang Anda pilih, Anda dapat menggunakan produk BioCide kembali sebagai perawatan setelah pembangunan, karena produk BioCIde Insecticide maupun Fungcide mampu mengatasi masalah kayu dari awal sampai akhir. (Penting: Anda perlu mengaplikasikan pengawet yang diformulasikan secara khusus untuk rumah kayu.)

4. Biocide

Untuk melindungi terhadap jamur, lumut dan serangga, beberapa produsen menambahkan bahan kimia yang disebut biosida ke pengawetnya. Obat ini aman untuk manusia dan hewan, mereka membunuh organisme yang memakan kayu.

5. Semir kayu

Gunakan semir kayu secara berkala. Semir kayu bisa membuat serat kayu jadi mulus, bebas jamur, dan bebas hama.

6. Lapisi dengan cat kayu waterbased

Bergantung pada lini produk yang Anda gunakan, Anda harus menggunakan produk cat kayu dan aman dan ramah lingkungan. Lakukan pengecatan ulang secara berkala bila lapisan cat yang lama mengalami kerusakan ya.

Lebih Jauh mengenai BioCide sebagai Cara Perawatan Kayu pada Rumah Anda

Pada salah satu poin di atas, kami merekomendasikan penggunaan BioCide. BioCide adalah bahan pengawet yang memang bisa melindungi kayu. Namun bahan ini juga bisa digunakan untuk perawatan kayu anti jamur dan juga anti lumut.

BioCide SFP Untuk Mencegah Lumut

Terdapat dua produk BioCide yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan yang berbeda. Yang pertama adalah BioCide Surface Film Preservative. Dan yang kedua adalah BioCide Wood Fungicide. Agar lebih jelas mengenai keduanya dan bagaimana cara perawatan kayu pada rumah dengan produk ini, yuk simak penjelasannya dulu di bawah ini.

BioCide Wood Fungicide

BioCide Wood Fungicide merupakan fungisida untuk mencegah jamur noda. Jamur noda secara umum tidak menyebabkan decay atau pembusukan kayu. Namun demikian, jamur ini bisa merusak estetika kayu. Sehingga rumah kayu Anda akan terlihat jelek dengan kehadiran jamur ini. Itulah penyebabnya kenapa dibutuhkan produk seperti BioCide Wood Fungicide.

Dalam cara perawatan kayu pada rumah, BioCide Wood Fungicide bisa dipakai saat Anda refinishing kayu. Setelah lapisan kayu yang lama dikerok, pulaslah dengan BioCide Wood Fungicide. Baru setelah itu diaplikasikan cat yang baru.

BioCide Surface Film Preservative

BioCide Surface Film Preservative merupakan anti jamur yang juga bisa digunakan sebagai anti lumut. Sebagai antijamur, produk ini spesifik didesain untuk mencegah dan mengatasi jamur permukaan. Misalnya jamur putih yang biasa tumbuh di atas mebel yang lembab. Cara aplikasinya adalah dengan diusapkan langsung ke produk atau dicampur ke dalam cat water based.

Adapun sebagai antijamur, produk ini bisa mencegah dan mengatasi lumut. Metodenya pun sama dengan cara pembasmian jamur. Hanya saja, sebagai pelindung anti lumut, BioCide Surface Film Preservative memiliki fungsi khusus untuk garden furniture dan produk kayu outdoor lainnya.

Sebagaimana yang kita tahu berbagai elemen rumah kayu dari pintu, dinding, lantai, pagar, dan lainnya rentan rusak ditumbuhi lumut. Aplikasi BioCide SFP pun bisa memberikan perlindungan lebih sempurna sebab bukan hanya menangkal jamur namun juga lumut.

Biocide

Catatan pengunaan: tak semua produk cat bisa dicampuri dengan BioCide Surface Film Preservative. Produk ini paling ideal untuk cat water based. Misalnya saja cat kayu BioVarnish.

Cara Perawatan Kayu pada Rumah Makin Maksimal dengan BioCide

Pada akhirnya, penggunaan BioCide memberikan solusi tersendiri untuk antisipasi jamur hingga lumut. Sebab bagi para pemilik rumah kayu, memang kedua hama sangat sering merusak. Kadang karena sifat merusaknya yang tidak begitu jelas seperti rayap, tahu-tahu bangunan rumah sudah keropos dan berlubang.

Untuk Usaha Anda

Bangunan rumah kayu saat ini bukan hanya dimiliki oleh pribadi. Lebih dari itu, banyak tempat usaha yang juga dibuat menggunakan material kayu. Misalnya saja:

  1. Kafe dan tempat makan anak muda kekinian lainnya. Umumnya desain vintage dan shabby chic dipadukan dengan penggunaan material kayu menghasilkan kesan sangat unik.
  2. Restauran. Restauran baik yang modern atau tradisional juga sering dibangun dengan memanfaatkan kayu. Desain yang diterapkan biasanya desain tradisional, kontemporer, hingga pertengahan Eropa.
  3. Pergola untuk disewakan di daerah wisata.

Tempat-tempat usaha seperti ini jelas juga perlu perawatan intensif. Dan BioCide Wood Fungicide ataupun BioCide Surface Film Preservative bisa diandalkan untuk keperluan ini. Apalagi terkait dengan efektivitasnya, kedua BioCide sudah terbukti di lapangan. Produk-produk ini telah menjadi andalan pelaku usaha furniture, kerajinan, dan perawatan bangunan berstandar tinggi lho. Jadi, tunggu apalagi. Yuk beli BioCide sekarang.

Mau Pesan BioCide? Begini Caranya!

Ayo beli BioCide sekarang juga. Mudah sekali pembelian BioCide baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dengan produk ini, cara perawatan rumah kayu akan lebih mudah dilakukan.

Beberapa pilihan pembelian BioCide sendiri antara lain:
Anda tak mau repot-repot membeli? Barangkali Anda sibuk dengan berbagai urusan yang lain. Jadi Anda ingin membeli produk ini tanpa harus buang-buang waktu ke tempat kami. Atau, Anda ingin membeli secara langsung, tapi lokasi Anda sangat jauh. Bila demikian adanya, hubungi saja kami via email, telepon, atau WA. Nanti, Customer Care kami akan melayani pesanan Anda dengan cepat.

Anda dekat dengan Bio Service Point di Jepara, Yogya, dan Cirebon? Atau, Anda dekat dengan agen kami? Bila iya silahkan lakukan pembelian secara langsung. Meski harus keluar waktu dan tenaga, namun Anda bisa menengok secara langsung berbagai produk kami lainnya lho. Sebab di Bio Service Point kami memang menyediakan aneka produk yang menarik dari cat sampai bleaching kayu.

Kiranya, itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Rumah kayu pada akhirnya memang merupakan bangunan yang menarik. Tak hanya indah, rumah seperti ini bisa memberikan kesan yang lebih relaks, organic, dan penuh keharmonisan. Berbagai studi pun mengonfirmasi bagaimana kesan kayu berdampak baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Namun demikian, di balik keindahan dan kesan baiknya, bangunan dari bahan kayu rentan rusak, terutama oleh hama. Oleh sebab itulah diperlukan cara perawatan kayu pada rumah yang mumpuni. Selain dengan aplikasi semir kayu, pembersihan berkala, refinishing, dan lainnya, hendaknya kita menggunakan BioCide antijamur. Gunakan BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative untuk perlindungan kayu dari jamur hingga lumut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca Antijamur! Jangan lupa untuk terus update berbagai informasi dan artikel menarik lainnya di sini.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.