Silica Gel Food Grade Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Silica gel merupakan penyerap kelembaban yang banyak digunakan untuk menjaga kelembaban pada suatu barang, makanan atau obat-obatan. Pada umumnya, silica gel banyak dijumpai pada produk-produk baru. Hal ini bertujuan agar barang atau bahan tersebut tidak rusak ketika harus disimpan dalam waktu yang lama.

Silica gel ini memiliki peran yang sangat penting pada barang atau bahan karena bisa menjaga stabilitas kelembaban udara tersebut tetap pas dan tidak menyebabkan barang mudah rusak akibat jamur, udara lembab dan lain sebagainya. Silica gel tersebut bertujuan untuk mengurangi kerusakan akibat udara yang lembab, bahkan mampu mencegah timbulnya jamur yang biasanya muncul pada makanan, jacket, sepatu atau yang lainnya. Bahkan silica gel juga sangat efektif digunakan untuk mengurangi bau yang mengganggu pada barang Anda. Silica gel yang sering digunakan untuk kebutuhan barang atau bahan pada umumnya berbeda-beda. Salah satu silica gel yang paling aman digunakan adalah silica gel food grade.

Perbedaan Silica Gel Dalam Kehidupan Sehari-hari

Silica gel merupakan penyerap kelembaban udara yang sering digunakan pada industri atau bahkan kebutuhan rumah tangga. Seperti yang disinggung diatas bahwa silica gel juga sering dijumpai pada makanan atau obat-obatan. Namun tidak semua jenis silica gel bisa digunakan sebagai penyerap kelembaban pada makanan atau obat-obatan. Silica gel sendiri terbagi menjadi bermacam-macam berdasarkan tingkat keamanannya.

Silica Gel Food Grade Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Silica gel aman untuk penyimpanan obat

Silica gel pertama yang tidak disarankan untuk digunakan sebagai penyerap kelembaban pada makanan, obat-obatan atau sesuatu yang bisa dikonsumsi adalah silica gel biru. Silica gel ini memiliki bentuk butiran bening berwarna biru elektrik. Kenapa tidak disarankan untuk menyerap kelembaban pada bahan-bahan yang bisa dikonsumsi? Karena silica gel tersebut merupakan silica gel yang terbuat dari Cobalt Chloride yang merupakan berbahaya bagi kesehatan. Bahkan jika disimpan terlalu lama, silica gel tersebut dapat menyebabkan keracunan. Jadi, apabila silica gel sudah tidak aktif  maka sangat disarankan untuk membuangnya dan tidak dipergunakan.

Silica gel selanjutnya adalah silica gel putih. Silica gel ini paling banyak digunakan pada industri baik elektronik, makanan maupun obat-obatan karena kandungannya yang tidak berbahaya. Seperti namanya, silica gel ini berwarna bening dan mengalami proses pembentukan yang alami. Silica gel putih terbuat dari sodium silikat yang memiliki sifat hrydropholic sehingga sangat aktif menyerap molekul air di udara. Tidak seperti silica gel biru, silica gel putih cenderung lebih aman karena tidak memiliki kandungan kimia yang bisa membahayakan kesehatan sehingga wajar saja jika silica gel ini banyak digunakan untuk menyerap kelembaban di berbagai barang ataupun bahan baik makanan ataupun yang lainnya.

Silica Gel Food Grade Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Silica gel yang aman Silica Gel Natural

Silica gel yang paling aman adalah silica gel natural. Silica gel ini cukup berbeda dengan silica gel biru ataupun silica gel putih yang memiliki tampilan yang bening. Justru silica gel natural berbentuk grubal berwarna keabu-abuan atau kecoklatan karena pembentukannya secara alami dari bahan mineral. Karena silica gel natural tersebut merupakan silica gel yang terbentuk secara alami dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga silica gel ini sangat aman digunakan untuk makanan atau sesuatu hal yang bisa dikonsumsi. Bahkan silica gel natural merupakan silica gel food grade karena tidak mempengaruhi rasa maupun kualitas dari suatu bahan baik makanan, obat-obatan atau sesuatu yang bisa dikonsumsi.

Jadi, apabila kamu membutuhkan silica gel yang bisa digunakan untuk makanan maka alangkah baiknya untuk menggunakan silica gel natural. Cukup gunakan satu atau dua sachet karena ukuran tersebut dirasa cukup untuk menyerap kelembaban udara. Terlalu banyak juga tidak baik karena akan membuat keadaan sekisar terlalu kering sehingga membuat makanan atau bahan yang ada cepat lapuk.

Kegunaan Silica Gel Food Grade

Silica gel food grade merupakan silica gel yang paling aman digunakan sebagai penyerap kelembabab. Silica gel ini tidak memiliki kandungan bahan yang berbahaya meskipun digunakan sebagai penyerap kelembaban pada makanan kemasan atau obat-obatan. Silica gel food grade hanya bisa dijumpai pada silica gel natural karena terbentuk dari proses yang alami.

alterntif text

Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa silica gel putih juga aman namun silica gel natural lah yang paling aman dan mendapatkan predikat food grade. Meskipun silica gel tersebut mendapatkan predikat food grade tidak berarti silica gel tersebut bisa dikonsumsi. Silica gel tetaplah sebagai penyerap kelembaban dan dilarang untuk dikonsumsi karena sifatnya yang hydropholic atau menyerap kadar air di udara. Hal ini menyebabkan bahwa silica gel tersebut bisa menyebabkan dehidrasi bagi siapapun yang menkonsumsinya baik secara tidak disengaja maupun tidak disengaja.

Maka dari itu, apabila Anda mendapatkan silica gel yang mudah dijangkau oleh anak-anak sebaiknya untuk memindahkannya dan letakkan pada tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak dimakan. Tidak hanya menyebabkan dehidrasi bagi yang menkonsumsinya namun juga dapat menyebabkan mata kering.

Silica Gel Food Grade Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Isi Silica Gel White

Silica gel putih memang paling banyak digunakan untuk berbagai industri mulai dari elektronik, farmasi hingga makanan. Namun, jika kamu mencari silica gel untuk menyerap makanan baik kemasan plastik atau kelang maka gunakan silica gel natural. Tidak hanya digunakan pada makanan kemasan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada kebutuhan dapur seperti bumbu yang sangat rentan rusak atau berjamur karena letaknya yang lembab.

Silica gel natural juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lain misalkan seperti untuk menyerap kelembaban pada sepatu, tas atau barang yang pada dasarnya menggunakan bahan kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan kulit sangat mudah dan rentan rusak karena tidak tahan terhadap kondisi lembab, cuaca yang ekstrim dan sangat rentan untuk berjamur. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa mencegahnya dengan silica gel natural.

Silica gel food grade ini memiliki featur yang sangat aktif untuk menyerap kelembaban karena sifatnya yang hydropolic. Meskipun mampu menyerap kelembaban udara dengan baik, silica gel ini juga tidak mengurangi kulitas atau rasa dari suatu makanan bahkan silica gel tersebut mampu menyerap bau yang biasanya terjadi ketika makanan atau bahan yang disimpan dalam waktu yang cukup lama di tempat tertutup.

Silica gel natural tidak hanya mampu menyerap kelembaban udara saja melainkan memiliki sifat-sifat lain dianitaranya adalah mampu mencegah pertumbuhan jamur yang biasanya muncul pada tempat-tempat yang lembab. Silica gel natural juga bisa mencegah proses oksidasi yang biasanya juga terjadi pada tempat yang lembab, dengan silica gel natural maka bisa mengurangi proses terjadinya oksidasi. Selain itu, silica gel juga bersifat mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro. Sebab, apabila molekul air di udara terlalu tinggi akan berpotensi mengalami gangguan listrik yang bisa beakibat fatal.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn