Sudah Wangi dan Multiguna, Jangan Lupa Awetkan Kayu Rosewood

Salah satu jenis kayu yang sangat populer di dunia adalah kayu rosewood. Kayu ini tak hanya beraroma wangi tapi juga multiguna. Hanya saja, kita harus ingat untuk mengawetkannya agar masa pakainya lebih lama.

Apa itu Kayu Rosewood?

Rosewood adalah sekumpulan kayu dengan ciri yang sama. Dengan kata lain, ada sangat banyak jenis kayu ini dengan karakter yang sesungguhnya tidak seragam. Namun, hampir semua kelompok kayu ini memiliki aroma yang wangi. Misalnya saja Brazilian rosewood yang dianggap adalah contoh klasik dari kayu ini.

Dari segi taksonomis, banyak yang menyebut bahwa rosewood adalah kayu dari spesies tanaman Dalbergia. Tapi di lapangan, pada kenyataannya kayu-kayu dari genus di luar Dalbergia pun sering disebut dengan nama tanaman ini.

Harga rosewood sangat bervariatif. Namun banyak yang harganya mahal. Salah satu yang harganya paling mahal adalah Rosewood Madagaskar atau biasa dijuluki Bois de Rose.

Contoh Kayu Rosewood

kayu rosewood

Ada sangat banyak kayu yang tergolong dalam kelompok ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Rosewood Amaznon
2. Brazilian rosewood
3. Rosewood hitam dari Amerika Tengah
4. Huanghuali
5. Camotillo
6. Granadillo
7. African Blackwood
8. Bois de Rose
9. Palo Escrito
10. Sonokeling
11. Bubinga
12. Padauk
13. Bastard Rosewood
14. Pau Ferro atau Morado

Ciri Khas Kayu Rosewood

1. Tekstur yang lembut
2. Aroma wangi yang khas dan enak
3. Tampilan yang cenderung glossy atau berkilau
4. Tekstur yang seragam dengan garis-garis biru atau kehitaman (hati-hati penipuan, beberapa oknum tak bertanggung jawab suka meniru pola rosewood untuk mengelabui pembeli)
5. Ketukan lembut pada kayu akan menghasilkan suara nyaring tanpa noise

Manfaat Kayu Rosewood

Rosewood adalah kayu yang multiguna. Kayu ini banyak digunakan untuk:

1. Membuat rangka bangunan, dari atap sampai tangga
2. Membuat kerajinan seperti misalnya kerajinan hiasan dinding yang indah atau bertema tradisional
3. Membuat aneka jenis furniture berkualitas tinggi
4. Membuat mainan seperti misalnya catur
5. Membuat bergai jenis alat musik seperti gitar, bass, piano, dan masih banyak lagi
6. Membuat komponen moda transportasi, misalnya untuk lapisan dinding dalam kapal dan kereta api
7. Membuat elemen bangunan seperti dinding dan lantai kayu rosewood.

alterntif text

kayu rosewood

Jangan Lupa Pastikan Rosewood Aman dari Jamur

Kayu rosewood memang sangat indah, wangi, dan unik. Fungsi dari kayu ini juga amat beragam. Oleh sebab itulah jangan “menyia-nyiakan” kayu ini. Kita perlu mengolahnya dengan baik. Dan, salah satu tahapan pengolahan kayu yang tak bisa diabaikan adalah tahapan pengawetan khususnya pengawetan antijamur.

Kenapa jamur? Sebab serangan jamur terbilang sangat parah. Jamur bisa menggerogoti kayu atau mengubah warnanya menjadi jelek. Rosewood pun merupakan kayu yang tidak resisten terhadap serangan jamur. Bila dibiarkan tanpa pengawetan, maka produk rosewood akan cepat rusak. Wanginya pun hilang digantikan warna apek dari bau jamur.

Jenis Jamur yang Wajib Diwaspadai

Setidaknya ada dua jenis jamur yang harus diwaspadai merusak kayu rosewood dan berbagai kayu lainnya secara umum. Keduanya adalah:

1. Jamur stain atau sapstain. Jamur ini tidak akan menyebabkan pembusukan pada kayu dengan cepat. Namun demikian, jamur ini bisa menurunkan harga jual kayu. Sebab jamur ini akan mengubah warna alami kayu. Warna ini bahkan akan membayang di bawah lapisan finishing natural. Biasanya, kayu yang terkena jamur stain akan berubah menjadi kebiruan atau bahkan kehitaman.
2. Jamur pembusuk. Jamur ini umumnya tumbuh akibat kelembaban tinggi. Jamur memiliki hifa atau struktu ala jamur biasanya. Jamur bisa membusukkan kayu dan menyebabkan kerusakan sangat serius. Rosewoodpun tidak resisten terhadap hama jamur pembusuk ini.

anti jamur blue stain

Gunakan BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide

Untuk perlindungan antijamur yang baik, maka produk terbaik yang bisa Anda gunakan untuk kayu rosewood adalah BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide. Kedua fungisida ini bukan hanya efektif, tapi juga tidak akan merusak estetika rosewood.

Perbedaan keduanya sendiri adalah:

1. BioCide Wood Fungicide adalah fungisida untuk mencegah jamur stain seperti blue stain. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengusapkan larutan BioCide Wood Fungicide ke kayu. Atau, Anda juga bisa merendam kayu ke larutan BioCide untuk proteksi antijamur lebih baik.
2. BioCide SFP adalah fungsida untuk membasmi jamur permukaan dan menguatkan lapisan cat dari serangan jamur. Untuk membasmi jamur, Anda bisa menggunakan fungisida ini dengan langsung mengusapkannya saja ke kayu yang diserang jamur. Sedangkan untuk penguat lapisan cat, Anda bisa mencampurkannya pada bahan finishing, khususnya yang berjenis cat water based.

Kelebihan BioCide Antifungal

Kedua BioCide antifungal tersebut sama-sama memiliki kelebihan, yakni:

1. Sangat efektif digunakan sehingga memberikan proteksi antijamur yang sangat baik
2. Jenis jamur yang ditangkal ada banyak
3. Multifungsi termasuk seperti BioCide SFP yang bisa dipakai untuk dicampur pada cat water based
4. Tidak menyebabkan karat
5. Harga terjangkau dan konsentrasi yang tinggi sehingga produk hemat digunakan
6. Lebih aman dan ramah lingkungan dibanding fungisida yang lain
7. Mudah diaplikasikan dengan beberapa metode yang sesuai dengan keperluan dan kondisi Anda.

Banyak bukan keunggulan BioCide antifungal (BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide? Tak mengherankan, keduanya telah menjadi andalan berbagai pelaku usaha, dari kerajinan sampai konstruksi dan furniture.

biocide sfp

Beli Sekarang Juga

Ayo, beli sekarang juga BioCide Wood Fungicide dan BioCide SFP. Pembelian bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

1. Pembelian di Bio Service Point secara langsung. Bio Service Point adalah tempat yang kami sediakan untuk Anda membeli produk Bio Industries. Terdapat beraneka produk dari pemutih kayu, cat, sampai dengan lem kayu.
2. Pembelian secara daring. Anda juga bisa membeli secara daring langsung di website antijamur.net ini. Caranya, hubungi saja CS kami.
3. Pembelian via pihak ketiga. Anda bisa membeli produk kami dari pihak ketiga, yakni agen kami. Anda bisa membeli ke online shop yang menjual produk kami atau agen kami di toko konvensional. Silahkan hubungi CS untuk informasi keagenan.

Simpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari bahasan di atas? Setidaknya ada 5 poin penting yang perlu ditekankan:

1. Rosewood mengacu pada sekelompok kayu yang bisa menghasilkan aroma wangi yang enak dan khas. Pengelompokkan ini tidak didasarkan pada taksonomi yang ilmiah.
2. Rosewood memiliki banyak ciri, namun memang aromanya yang khaslah yang menjadi karakter utamanya.
3. Kayu ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan dari pembuatan mainan, furniture, sampai pembuatan konstruksi bangunan.
4. Dalam pengolahan kayu ini, waspadalah terhadap serangan jamur, baik dari jenis jamur blue stain atau permukaan.
5. Untuk mencegah jamur dengan cara yang baik, gunakan selalu BioCide Wood Fungicide dan juga BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi mengenai kayu rosewood ini bermanfaat untuk Anda!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!