Mengenal Mesin Planer, Fungsi, dan Bedanya dengan Jointer

Salah satu mesin yang memiliki fungsi vital di industri woodworking adalah mesin planer. Thicknes planer akan membantu pekerjaan Anda sehingga jauh lebih mudah.

Industri woodworking sudah semakin berkembang. Sekarang, peralatan dalam industri ini juga semakin canggih. Bila dulu yang digunakan hanya kayu gergaji dan paku, kini kita mengenal alat-alat modern yang bisa bekerja secara manual.

Nah, salah satu alat woodworking modern yang terbilang canggih adalah mesin planer. Dalam Bahasa Inggris mesin ini biasa disebut dengan nama thickness planer. Mesin ini akan membantu para pengrajin sehingga mereka bisa bekerja lebih cepat dan hemat tenaga dengan hasil yang juga lebih baik.

Seperti apa mesin ini dan apa saja manfaat penggunaannya? Ayo, kita simak langsung saja di bawah ini.

Pengertian Mesin Planer

Sebagaimana namanya, mesin ini merupakan mesin yang didesain untuk menyeragamkan kayu. Tapi yang diseragamkan bukan permukaannya, namun kemiringannya. Misalnya, Anda memiliki kayu yang melengkung, tapi dari ujung ke ujung ketebalannya sama. Ketika anda memasukkan kayu ke planer, kayu tidak akan berubah sama sekali, sebab kayu tersebut memang sudah seragam tebalnya.

mesin planer
Image: johartraders.com

Sebaliknya, bila Anda memiliki kayu yang tidak melengkung tapi ternyata ketebalannya berbeda, maka planer bisa digunakan. Setelah dimasukkan ke mesin ini, kayu akan keluar dengan ketebalan dari ujung ke ujung yang sama.

Bentuk planer sendiri serupa meja dengan sebuah bukaan di bawah. Di dalam bukaan itu terdapat penampang meja, dua roller, dan satu mata pisau. Kayu akan dilewatkkan ke mata pisau sehingga ketebalannya menjadi seragam.

Manfaat

Dengan fungsi utama menyeragamkan kayu, mesin ini memberikan manfaat berupa:

1. Komponen produk kayu yang akan lebih presisi sehingga keindahannya lebih baik
2. Komponen produk kayu tersambung dengan baik karena ukurannya tidak melenceng

Selain itu, secara umum, alat ini akan memberikan kegunaan sebagai berikut:

alterntif text

1. Mempercepat pengerjaan suatu proyek, terutama yang memerlukan tahapan penyeragaman tebal kayu
2. Mengurangi tenaga yang harus dihabiskan untuk mengatasi kayu tidak seragam
3. Secara umum, akan menghemat budget Anda dan membantu Anda menghasilkan produk yang lebih baik

Mesin Planer dengan Ketam

Di lapangan, tidak semua orang menggunakan nama mesin planer. Kebanyakan para pengrajin menggunakan istilah mesin ketam. Jadi, ketika Anda mendapati nama ketam digunakan, Anda tidak perlu bingung mengenai fungsinya. Sebab seperti sudah dijelaskan di sini, baik ketam atau planer adalah benda yang sama. Dengan demikian, fungsinya pun sama saja.

Mesin Planer vs Mesin Jointer

Bagaimana dengan mesin jointer? Apakah mesin jointer juga sama dengan mesin ketam? Jawabannya tidak. Ada perbedaan mendasar antara fungsi planer dengan fungsi jointer.

Planer digunakan untuk menyeragamkan ketebalan kayu. Di sisi lain, jointer digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Sekilas kedua fungsi ini terdengar mirip. Coba tanya ke orang-orang, apa beda antar keduanya?

Tapi sebetulnya kedua fungsi itu sangat berbeda. Misalnya begini, Anda memiliki penampang kayu yang dari ujung ke ujung ketebalannya 5 cm. Tapi permukaan kayu tidak rata. Sehingga, yang bisa memperbaiki kayu ini adalah mesin jointer. Adapun, pada kasus yang lain seperti kayu yang permukaannya sudah rata tapi ketebalannya tidak seragam, maka planer adalah solusinya.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mesin Planer

mesin planer kayu
Image: delphine-ephemera.com

Perlukah membeli mesin ketam? Sebagian orang akan menjawab perlu, sedangkan sebagian yang lain akan menjawab tidak. Jawabannya tergantung kebutuhan dan kondisi Anda saja.

Tak bisa dipungkiri bahwa planer menawarkan fungsi yang canggih. Dan fungsi ini krusial agar pengerjaan produk kayu lebih berkualitas, lebih efisien waktu, dan juga lebih efisien tenaga. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri juga bahwa harga planer ini mahal. Tidak semua orang bisa membelinya dengan mudah tanpa mempertimbangkan faktor yang lain.

Misal, Anda baru membuka usaha furniture kecil-kecilan. Omsetnya pun tak seberapa. Jelas akan berat bagi Anda membeli planer. Toh, proyek Anda pun bisa Anda kerjakan sendiri.

Jangan Lupa Awetkan Kayu dari Jamur ya

Perlu dan tidak perlunya kita membeli mesin planer jelas harus disesuaikan dengan kondisi kita. Tapi satu tahapan yang wajib dilakukan dengan kondisi apapun adalah pengawetan kayu. Ya, dalam proses pengolahan kayu, pengawetan adalah hal yang wajib di industri woodworking modern.

Pengawetan akan mencegah kerusakan kayu akibat jamur sehingga masa pakai produk lebih lama. Selain itu, pengawetan bisa mencegah bioterorisme yang perlu diperhatikan saat Anda hendak mengekspor produk ke luar negeri.

Nah, untuk pengawetan yang bagus, Anda juga harus menggunakan obat pengawet yang bagus. Dan khusus untuk pengawet antijamur, Anda bisa mengandalkan BioCide Wood Fungicide dan juga BioCide Surface Film Preservative. Keduanya merupakan andalan terbaik agar kayu tidak mudah terserang oleh hama jamur yang bisa merugikan hingga milyaran rupiah.

Dua BioCide untuk Perlindungan Antijamur Terbaik

Untuk perlindungan terhadap serangan jamur, memang BioCide adalah produk terbaik yang bisa digunakan. Dan seperti disebut di atas, terdapat dua varian BioCide yang dapat Anda pakai:

1. BioCide Wood Fungicide. BioCide Wood Fungicide bisa digunakan untuk mencegah serangan jamur blue stain. Umumnya serangan jamur stain terjadi pada kayu yang baru ditebang atau belum dikeringkan.
2. BioCide SFP atau BioCide Surface Film Preservative. BioCide varian ini didesain untuk membasmi jamur permukaan. Selain itu, BioCide SFP juga bisa dicampurkan ke dalam bahan finishing water based.

Untuk aplikasinya, BioCide Wood Fungicide bisa dilakukan dengan cara dikuaskan atau digunakan sebagai larutan perendaman. Sedangkan BioCide SFP bisa digunakan dengan diusap langsung ke jamur atau dicampur ke cat water based.

Pesan BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide Sekarang juga

Ayo segera pesan BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide secara online atau langsung. Prosedur pembelian secara online melalui tahapan di bawah ini:

1. Hubungi CS kami. Silahkan berdiskusi dulu atau langsung melakukan pemesanan.
2. Kirimkan keterangan nama Anda, alamat, jumlah BioCide, dan jenis BioCide yang akan dipesan. Juga, tentukan kurir pengiriman yang Anda kehendaki.
3. Lakukan pembayaran sesuai nominal yang disebutkan CS.
4. Kirimkan bukti pembayaran pada kami.
5. CS akan memroses pesanan Anda dan akan segera memberikan nomor resi pengiriman.

Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan beberapa poin penting di bawah ini.

1. Thickness planer adalah salah satu alat yang penting digunakan dalam industri pengolahan kayu.
2. Dalam Bahasa Indonesia, mesin ini biasa disebut mesin ketam. Fungsinya adalah untuk meratakan ketebalan kayu.
3. Fungsi thickness planer berbeda dengan jointer. Sebab fungsi jointer adalah untuk meratakan permukaan kayu.
4. Perlukah menggunakan mesin ini? Tergantung kebutuhan Anda.
5. Yang terpenting, untuk pengawetan antijamur, selalu gunakan BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide.

Semoga informasi mengenai mesin planer ini bermanfaat untuk Anda. Terus update berbagai informasi menarik yang lain di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!