Mau Tahu Tips Bisnis Kerajinan Online? Baca di Sini!

Bisnis kerajinan online merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan di era digital ini. Simak tips dari kami berikut untuk memaksimalkan usaha kerajinan berbasis internet tersebut.

Abad XXI dicirikan dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat. Generasi muda saat ini telah mengenal gadget dan berbagai aplikasi di dalamnya jauh lebih dini dibanding generasi orangtua mereka.

Mau tak mau, perkembangan dunia digital yang sangat pesat ini pun berimbas pada berbagai aspek dalam kehidupan kita. Selain lifestyle yang berubah, dunia bisnis pun mengalami perubahan yang tak kalah besar. Banyak toko konvensional yang mendapatkan efek buruk langsung dari perkembangan ini. Sebab, banyak konsumen yang kemudian memilih untuk belanja online. Di sisi lain, jasa pengiriman memperoleh keuntungan yang sangat besar. Proses pengiriman antar kota, bahkan yang jauh pun kini terjadi dengan frekuensi yang meningkat.

Perubahan yang terjadi ini jelas perlu disikapi dengan perubahan juga. Strategi dalam dunia bisnis pun harus diubah agar sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini pun berlaku untuk usaha kerajinan yang kita lakukan.

Peluang Usaha Bisnis Kerajinan Online

Bagi mereka yang bekerja di industri kerajinan, perkembangan dunia digital yang pesat ini tentu harus dipertimbangkan. Bahkan bila perlu harus ada antisipasi dan langkah-langkah khusus agar tidak tertinggal dari trend yang ada.

Selama ini, dunia kerajinan seringkali berorientasi pada pasar ekspor. Kesuksesan seorang perajin craft kerap kali ditentukan atas poin ini. Selain masalah keuntungan, tentu bisa mengekspor produk adalah sebuah prestige tersendiri.

Namun di dunia digital sekarang, keuntungan besar dan prestige juga bisa diperoleh dengan menjalankan bisnis kerajinan online. Ya! Kenapa tidak? Berbagai produk telah dicoba dijual secara online, mulai dari makanan sampai ikan peliharaan. Produk kerajinan pun sangat potensial dijual di dunia maya.

Bisnis Kerajinan Online

Namun di luar keuntungan berlipat yang menunggu untuk dinikmati, usaha craft secara online juga memiliki persoalan-persoalan tersendiri. Penyesuaian di sana-sini memang perlu diperlukan agar produk bisa dikirim dengan cara ini. Di bawah ini adalah beberapa contoh persoalan dan tips untuk menyiasatinya.

Pengiriman Dibatasi

Salah satu tantangan menjual produk secara online adalah masalah pengirimannya. Bila produk Anda berukuran besar dan bobotnya berat, kurir yang bisa diandalkan sangat terbatas jumlahnya. Kerusakan pada produk pun bisa menjadi masalah tersendiri selama pengiriman bahkan meski kurir menyanggupi. Padahal kerusakan produk kerajinan berakibat sangat fatal. Misalnya saja, Anda mengirimkan patung rusa yang terbuat dari kayu. Terdapat detil tanduk rusa yang sangat menawan. Sayangnya, bagian tersebut rusak ketika dikirim. Customer pasti akan protes karena keindahan produk yang dibelinya tidak sesuai dengan yang Anda perlihatkan pada gambar.

bisnis kerajinan online

alterntif text

Untuk mengatasi ini, ada dua hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, menggunakan kurir yang benar-benar bisa diandalkan. Namun biasanya, kurir seperti ini mematok harga yang lebih tinggi. Cara kedua adalah dengan membatasi wilayah pengiriman. Dengan membatasi wilayah pengiriman, Anda bisa meminta jasa kirim pickup di sekitar tempat tinggal Anda. Ongkosnya tidak besar, pun prosesnya tidak akan lama. Produk pun jauh lebih aman karena tidak disatukan dengan produk-produk yang lainnya.

Membuat Produk Berukuran Kecil

Bagi Anda yang ingin menjangkau area yang lebih luas, Anda bisa memilih membuat produk dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya saja, produk hiasan dinding berukuran kecil sampai vas-vas bunga. Usahakan juga membuat produk yang tidak terlalu berat. Sebab, produk yang terlalu berat akan menyebabkan ongkos kirim membengkak. Pelanggan akan segan ketika harus membayar biaya ongkos kirim yang nominalnya terlalu besar. Apalagi bila dibandingkan dengan harga produk asli.

Masuk ke Marketplace

Jangan segan untuk memasukkan dan memasarkan produk Anda ke berbagai marketplace. Bila perlu, riset terlebih dahulu mengenai marketplace yang hendak Anda gunakan dan bagaimana karakter pembelinya.

bisnis kerajinan online

Waspada Jamur, Pastikan Kualitas Produk Terjaga selama Dikirim

Di atas, telah kami bagikan tips bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kerajinan online. Tips lain yang tak kalah krusial adalah memastikan produk tetap berkualitas selama masa pengiriman. Salah satunya adalah dengan menjaga produk dari jamur. Ini penting khususnya untuk pengiriman jangka panjang dan juga untuk pengiriman kargo.

Kenapa jamur?

Selama masa pengiriman, produk kerajinan biasanya dibungkus dengan rapat. Produk kemudian akan dikirim selama beberapa waktu. Pada proses pengiriman yang lama, produk akan terkondisikan dalam situasi dengan suhu dan kelembaban yang fluktuatif. Kedua hal ini (suhu dan kelembaban) bisa menyebabkan kerusakan pada produk.

Katakanlah, produk kerajinan Anda terkena spora jamur. Mungkin ketika baru dikemas, spora belum tumbuh. Namun gara-gara proses pengiriman yang suhunya fluktuatif tersebut, spora pun tumbuh menjadi jamur. Kerusakan menjadi tak terhindarkan.

Kadang jamur juga tumbuh setelah beberapa hari produk sampai di tangan pembeli. Namun tentu saja hal ini akan membuat reputasi usaha Anda buruk.

Jaga Kualitas Kerajinan dengan BioCide!

Jagalah produk kerajinan yang Anda buat menggunakan BioCide. BioCide adalah antifungal khusus yang sengaja kami sediakan bagi Anda di bidang kerajinan.

Tahukah Anda bahwa BioCide sudah banyak digunakan banyak usaha kerajinan yang produknya melalang buana keluar negeri? Sebab selain murah, produk ini juga sangat berkualitas.

bisnis kerajinan online

BioCide juga tersedia dalam dua varian berbeda untuk bisnis kerajinan online Anda.

  1. Pertama adalah BioCide Wood Fungicide untuk mencegah jamur noda atau jamur stain. Misalnya adalah jamur blue stain yang menyebabkan kerusakan warna pada kayu.
  2. Kedua adalah BioCide Surface Film Preservative (BioCide SFP). Produk ini bisa digunakan untuk mencegah jamur umum yang biasa ditemukan di produk mebel sampai kerajinan. BioCide SFP juga bisa dicampur ke dalam cat lho. Namun gunakan cat yang tepat (hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut).

Ayo segera pesan BioCide agar bisnis kerajinan online Anda makin sukses. Anda bisa membeli produk ini secara langsung ataupun secara daring. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa langsung memesan pada Customer Service kami di website ini.

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai bisnis kerajinan online. Pada akhirnya, bisnis seperti ini memiliki prospek yang sangat baik. Anda bisa memperoleh keuntungan berlipat pada bisnis seperti ini. Telah banyak pelaku usaha yang membuktikan ini. Apalagi transaksi secara online juga sedang naik trendnya.

Tapi ingat! Waspadalah terhadap serangan jamur selama masa pengiriman produk. Pastikan kerajinan yang Anda buat memiliki perlindungan khusus dari serangan jamur dengan mengandalkan fungisida terbaik, BioCide SFP dan Wood Fungicide!

BioCide SFP adalah solusi paling ampuh atasi jamur di bisnis kerajinan online.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!