jamur pada lemari

Begini Cara Menghilangkan Jamur Pada Furniture Kayu Paling Efektif

Di daerah tropis seperti di Indonesia ini, jamur tumbuh subur karena kelembaban udara tinggi. Jamur bisa tumbuh dimana pun termasuk furniture kayu di rumah Anda, untuk itu cara menghilangkan jamur pada furniture kayu perlu diketahui.

Secara prinsip jamur mudah tumbuh pada media dan lingkungan yg lembab karena permukaan kayu umumnya bersifat higroscopic (cenderung menyerap kelembaban) spora jamur mudah tumbuh apalagi jika udara lembab. Jamur kayu seperti ini hanya bisa tumbuh jika MC/kelembaban kayu sangat tinggi dan berada di lingkungan yang sangat lembab.

promo produk white agent wa-250

Baca Juga : Tips untuk menghilangkan jamur di lemari

Lalu bagaimana cara ampuh mencegah jamur? Sebelumnya mari kita kenali beberapa macam jenis jamur. Jenis jamur ada yang berbahaya dan juga ada yang bisa dikonsumsi. Namun terlepas jamur ini bisa dikonsumsi atau tidak, ada baiknya, kami perkenalkan dua bentuk jamur yang biasa menjangkiti kayu.

Jamur Permukaan

Jamur ini biasa tumbuh dipermukaan kayu. Untuk mencegah dan menghilangkan jamur permukaan kita musti tau persis sebab utama serangan jenis jamur ini. Berikut beberapa sebab utama tumbuhnya :

promo produk biocide insecticide

Baca Juga : apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada lemari

  1. Kelembaban udara ruangan sangat tinggi
  2. Rendahnya sirkulasi udara dalam ruangan yang menyebabkan keelembaban udara bertahan dalam waktu tertentu sehingga memungkinkan jamur tumbuh dipermukaan.
  3. Adanya debu dan kotoran yang menempel dipermukaan benda. debu halus bersifat menyerap kadar air diudara dan mempertahankan kelembaban dipermukaan benda dan menjadi media jamur tumbuh subur.ini adalah sebab-2 umum, dan banyak lagi sebab khusus tergantung kasusnya.

jamur bintik putih
jamur pada permukaan kayu

Baca Juga : kayu trembesi vs mahoni, mana yang lebih bagus untuk furniture ?

Jamur Kayu Blue stain

Jamur kayu Blue Stain banyak terjadi akibat MC/kelembaban serat kayu tinggi apalagi pada kayu yang mempunyai getah dengan kandungan gum tinggi seperti kayu pinus, kayu mangga, nangka, karet dll.

Kadungan gum (molekul dengan bobot molekul tinggi bersifat hidrofilik maupun hidrofobik, biasanya bersifat koloid dan dalam bahan pengembang yang sesuai dapat membentuk gel.

mengenal jamur blue stain

Larutan ataupun suspensi kental pada konsentrasi yang sangat rendah) pada serat kayu akan menahan kadar air dalam serat dan memicu tumbuhnya jamur blue atau black stain meskipun sudah difinishing dan ditempatkan pada tempat kering jamur ini akan terus tumbuh dan menurunkan nilai estetikan kayu nilai ekonomis juga ikut turun. Bisa dibilang, menghilangkan jamur ini relatif sulit.

Baca Juga : trembesi adalah kayu dengan tampilan menarik berikut penjelasannya

Jamur Kayu Surface Mold

Jamur jenis ini adalah jamur permukaan yang bisa tumbuh dimana saja, diatas permukaan cat, kayu, furniture bahkan diatas kaca sekalipun.

Pada kayu atau furniture, sebenarnya jamur ini tidak merusak truktur kekuatan serat kayu. tapi dapat menurunkan nilai estetika dan mengganggu pernafasan bagi yang alergi debu atau sepora jamur. Semua jenis jamur tersebut dapat tumbuh di furniture kayu Anda jika ketersediaan makan di situ tinggi, perhatikan cara menghilangkan jamur pada furniture kayu Anda agar terbebas jamur pengganggu.

Baca Juga : cara ampuh menghilangkan jamur di lemari kayu

 

mold

Cara Menghilangkan Jamur Blue Stain Pada Furniture Kayu

Cara menghilangkan jamur pada kayu furniture yang paling efektif ialah dengan obat anti jamur BioCide. Untuk mengatasi jamur blue stain, gunakan obat anti jamur BioCide Wood Fungicide.

BioCide Wood Fungicide produk anti jamur yang merusak substrat/struktur kayu. Jenis jamur ini ialah blue stain, white stain, dan black stain. BioCide Wood Fungicide diformulasikan dari bahan Methylene Bis Tiosianate dan 2-thiocyanomethyl thiobenzothiazole (MBT/TCMBT). Berwujud campuran bahan-bahan yang membuat serangga enggan makan kayu. Produk ini berwarna merah gelap. Kepadatan pada 25°C: 1.02 – 1.10 g/cm³ dan Kekentalan pada 25°C: 18 – 20 cps. Dapat larut pada Kelarutan dalam air 25°C. sedangkan pH (1 % aq.soln) 25°C: 3.5 – 4.0.

aplikasi pernis kayu untuk lindungi kayu
aplikasikan pernis untuk melindungi furniture

BioCide Wood Fungicide ialah bahan anti jamur untuk perlindungan jangka panjang. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, produk BioCide Wood Fungicide yang telah tersedia website ini dan Anda bisa menghubungi nomor yang tertera untuk pembelian. Produk ini telah dikemas secara ekonomis dengan ukuran 1gr dan 1kg, dapat diuji cobakan. Aplikasi yang mudah dan telah disediakan persentase larutan pada musim kemarau 1,5% dan musim hujan 2,5%, produk ini dapat dilarutkan dengan air dan merendam kayu gergajian.

Cara Menghilangkan Jamur Permukaan/Mold

Biocide Surface Film Preservative adalah solusi sekaligus cara menghilangkan jamur pada furniture kayu paling efektif. Produk ini jugaramah lingkungan yang sangat direkomendasikan untuk membantu Anda melawan jamur. Treatment menggunakan bahan ini ialah teknik paling ampuh mengatasi jamur permukaan pada perabot dirumah.

Biocide Surface Film Preservative merupakan produk anti jamur tempe dan anti lumut interior dan exterior, mencegah timbulnya jamur permukaan atau jamur tempe. Bahan aktif Diuron, Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Bahan baku kayu atau lainnya sebagai furniture interior rentan akan kebersihan dan kelembaban ruangan yang tinggi. Sedangkan, furniture exterior berhadapan dengan cuaca ekstrim, hujan, dan sinar matahari.

biocide pencegah jamur permukaan

Beberapa keunggulan yang harus anda dapatkan dari Produk pengawet kayu mahoni Ini dapat diaplikasikan pada kayu, bambu, rotan, serat alam, triplek dan bahan kayu lainnya. Memiliki keunggulan stabil dan efektif pada lapisan coating, selain itu dapat dicampur air (system water based) dan ramah lingkungan.

Demikian cara menghilangkan jamur pada furniture kayu paling efektif.