Cara Mengatasi Palet Kayu Berjamur

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait persoalan tumbuhnya jamur pada palet kayu. Selain membahayakan produk dan kesehatan, palet yang berjamur akan melanggar undang-undang pengiriman.

Apa yang menyebabkan palet berjamur?

Spora jamur ada dimana-mana, mencari tempat untuk mendarat dan menyebar. Itulah alasan sepotong roti di rumah Anda biasanya tumbuh jamur setelah beberapa saat, bahkan di dalam lemari es yang tertutup. Ternyata, demikian juga dengan palet kayu Anda adalah sumber kelembaban dan gula yang cukup bagus untuk spora jamur. Jika kelembaban di daerah penyimpanan terjaga dan kadar air kayu stabil 20% pertumbuhan jamur masih bisa dihindari. Palet dengan kadar air rata-rata 20% akan menolak pertumbuhan jamur jika disimpan dan ditangani dengan benar. Tapi, untuk mendapatkan kadar air rata-rata itu membutuhkan biaya dan usaha.

Apakah jamur mempengaruhi kinerja palet?

Jamur pada palet akan semakin terlihat buruk dan merata. Ada juga kekhawatiran bahwa kayu berjamur akan mencemari produk, yang bisa menjadi masalah jika berhubungan langsung dengan produk makanan.

Apakah heat treatment bisa membunuh jamur?

Jawabannya ya dan tidak. Perlakuan panas biasanya dilakukan untuk membunuh serangga atau larva serangga yang mungkin ada di dalam kayu. Ya, itu juga akan membunuh jamur, tapi perlakuan panas tidak dirancang untuk mengeringkan palet. Proses perlakuan panas benar-benar membawa uap air ke permukaan kayu. Itu adalah lingkungan pertumbuhan jamur yang ideal jika palet tidak ditangani dengan benar. Pabrikan palet bisa memulai siklus pengeringan inti pada akhir perlakuan panas, namun menambahkan biaya ke palet yang sebagian besar pengguna tidak mau membayarnya.

Lalu bagaimana saya bisa mencegah jamur?

Iklan Biothane utama

Cara termudah untuk menghindari jamur pada palet kayu, mulailah dengan dasar-dasarnya.

  • Sadarilah bahwa di mana palet Anda akan dikirim dan bagaimana penggunaannya akan mempengaruhi sebuah produk.
  • Pahamilah bagaimana Anda menyimpan dan menangani palet Anda untuk mencegah jamur. Menjaga mereka kering dan bersih adalah awal yang harus dilakukan. Hindari menyimpannya di halaman jika memungkinkan, atau menyimpan palet di dalam trailer tertutup untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda mencuci palet Anda dengan alasan kebersihan, pastikan sudah kering sebelum Anda menggunakannya kembali. Bila memungkinkan, hindari menyimpan palet di dalam trailer tertutup untuk waktu yang lama.
  • Jika Anda menyimpan palet hijau di trailer tertutup, pada saat cuaca panas panasnya akan menimbulkan kelembaban relatif di dalam trailer. Pada malam hari, saat suhu turun, ia menjadi titik embun, menambahkan lebih banyak air dan meningkatkan pertumbuhan jamur. Menyimpan produk yang terdapat palet di trailer, setidaknya untuk interval waktu yang singkat.
  • Pertimbangkan penggunaan bahan kimia bila sesuai. Di Indonesia telah diproduksi obat anti jamur untuk palet kayu yang efektif, yakni BioCide Fungicide. Obat ini cocok untuk menjaga palet Anda dari serangan jamur setelah Anda menempatkan palet pada tempat yang sesuai standar. BioCide Fungicide dapat menjaga palet hingga 2-3 tahun.
Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn