Cara Mencegah Jamur Pada Bangunan

Kekhawatiran tentang paparan jamur dalam ruangan telah meningkat saat masyarakat menjadi sadar bahwa paparan jamur dapat menyebabkan berbagai efek dan gejala kesehatan, termasuk reaksi alergi. Artikel ini menyajikan panduan untuk pembersihan masalah jamur dan kelembaban di sekolah dan bangunan komersial; pedoman ini mencakup langkah-langkah yang dirancang untuk melindungi kesehatan penghuni bangunan. Artikel ini telah dirancang terutama untuk:

  • Manajer Bangunan
  • Kustodian
  • Orang lain yang bertanggung jawab untuk bangunan komersial dan perawatan sekolah

Jamur dapat ditemukan hampir di mana saja; mereka dapat tumbuh pada hampir semua zat organik, selama kelembaban dan oksigen tersedia. Ada jamur yang bisa tumbuh di kayu, kertas, karpet, makanan, dan insulasi.

Bila kelembaban berlebihan menumpuk di bangunan atau bahan bangunan, pertumbuhan jamur akan sering terjadi, terutama jika masalah kelembaban tetap belum ditemukan atau tidak ditangani. Tidak mungkin menghilangkan semua jamur dan spora jamur di lingkungan dalam ruangan. Namun, pertumbuhan jamur dapat dikontrol di dalam ruangan dengan mengendalikan kelembaban di dalam ruangan.

Jamur mereproduksi dengan membuat spora yang biasanya tidak bisa dilihat tanpa pembesaran. Spora jamur mengembun melalui udara dalam dan luar ruangan terus-menerus. Ketika jamur spora mendarat di tempat yang lembab di dalam rumah, mereka mungkin mulai tumbuh dan mencerna apa pun yang membuat mereka bisa bertahan. Jamur secara bertahap menghancurkan hal-hal yang mereka tumpangi.

Semua jamur memiliki potensi untuk menyebabkan efek kesehatan. Jamur bisa menghasilkan alergen yang bisa memicu reaksi alergi atau bahkan serangan asma pada orang yang alergi terhadap jamur. Yang lainnya diketahui menghasilkan toksin. Potensi masalah kesehatan merupakan alasan penting untuk mencegah pertumbuhan jamur dan memperbaiki / membersihkan setiap pertumbuhan jamur dalam ruangan yang ada.

Karena jamur membutuhkan air untuk tumbuh, penting untuk mencegah masalah kelembaban pada bangunan. Masalah kelembaban bisa menyebabkan banyak penyebab, termasuk kelembaban yang tidak terkontrol. Beberapa masalah kelembaban pada bangunan telah dikaitkan dengan perubahan dalam praktik konstruksi bangunan selama tahun 1970an, 80an dan 90an.

Beberapa perubahan ini telah menghasilkan bangunan yang rapat rapat, namun mungkin kekurangan ventilasi yang memadai, berpotensi menyebabkan penumpukan kelembaban. Bahan bangunan, seperti drywall, mungkin tidak membiarkan kelembaban mudah hilang. Pemicu masalah Kelembaban meliputi:

  • Kebocoran atap
  • Selokan yang mengarahkan air ke dalam atau di bawah bangunan
  • Pemeliharaan bangunan yang kurang

Ketika pertumbuhan jamur terjadi di bangunan, masalah kesehatan yang merugikan dapat dilaporkan oleh beberapa penghuni bangunan, terutama yang alergi atau masalah pernafasan. Kita harus menghindari debu yang sarat dengan jamur saat mereka melakukan aktivitas pembersihan. Pembersihan yang hati harus dilakukan untuk mencegah jamur dan spora jamur tersebar di udara dimana mereka dapat dihirup oleh penghuni bangunan.

Iklan Biothane utama

Untuk itu bagi pemelihara bangunan, baik bangunan sekolah, apartemen, perumahan maupun rumah pribadi harus segera mengobat jamur yang tumbuh dimanapun di dalam bangunan Anda. Gunakan cara yang paling cepat yakni dengan menggunakan obat anti jamur pada bangunan BioCide SFP.

BioCide SFP

Apa itu BioCide SFP? BioCide Surface Film Preservative adalah obat jamur pada bangunan yang efektif mencegah tumbuhnya jamur, selain itu, juga bisa untuk membasmi jamur yang telah menyebar dan rumbuh baik pada dinding, lantai, perabotan dan plafon. Segera coba dan gunakan obat anti jamur untuk bangunan ini di rumah Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online atau menghubungi nomor yang tertera pada website ini.

Seperti apa detail anti jamur ini sebagai cara mencegah jamur pada bangunan?

Cara Aplikasi Biocide Surface Film Preservative (Sfp)

Deskripsi Produk

Diformulasikan khusus untuk kebutuhan interior dan eksterior. Bahan aktif dari Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) membuat kayu tidak mudah terserang jamur permukaan, lumut, dan bakteri. Hama-hama tersebut biasanya muncul karena kelembaban udara dalam ruangan tinggi, kebersihan ruangan yang tidak baik, sinar matahari, serta cuaca yang berubah-ubah. Dapat digunakan diberbagai jenis kayu (kayu keras, kayu lunak, mdf, triplek, plywood), bamboo, rotan, serat alam, dll.

Keunggulan

  • Dapat dicampur dengan air dan bahan finishing kayu (water based system).
  • Stabil dan efektif pada lapisan coating.
  • Ramah lingkungan.
  • Dapat dilakukan dengan cara dispray dan kuas.

Cara Aplikasi

Obat anti jamur permukaan BioCide SFP dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dan mencegah tumbuhnya jamur pada furniture. Caranya bisa langsung dioleskan atau dicampur bahan finishing atau cat.

Cara Untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada furninture:

  • Keluarkan furniture/perabot Anda dari ruangan.
  • Bersihkan jamur yang masih menempel dengan lap.
  • Larutkan BioCide FSP ke dalam wadah, lalu campur dengan air bersih dengan perbandingan 1:50 untuk kemasan 130 gr (campur dengan air sekitar 10-13 liter).
  • Kuaskan ke seluruh permukan mebel/perabotan Anda.
  • Keringkan dengan diangin-anginkan saja.

BioCide SFP juga dapat diaplikaskan saat finishing kayu. Caranya dicampur dengan bahan finishing atau cat kayu agar tahan jamur lebih tahan lama:

  • Siapkan kayu yang akan difinishing/dicat.
  • Siapkan cat kayu waterbased (bisa wood stain ataupun top coat), lalu campurkan BioCide SFP dengan perbandingan 1-2%.
  • Kuaskan atau semprot cat yang sudah dicampur anti jamur BioCide SFP sesuai kebutuhan Anda.
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn