7 Manfaat Pohon Karet yang Luar Biasa

Pohon karet merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan di dunia. Manfaat pohon karet bagi manusia mencakup penggunaan getah hingga material kayunya untuk industri furniture.

Bagi Indonesia, pohon karet atau Hevea brasiliensis, merupakan salah satu komoditas penting perdagangan. Tak heran tanaman karet banyak ditemukan pada perkebunan-perkebunan skala besar. Di Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi, karet banyak dimanfaatkan oleh penduduk hingga perusahaan.

Usia pohon karet sendiri bisa mencapai angka 100 tahun dengan tinggi maksimal 40 meter. Tanaman ini umumnya memerlukan tanah subur yang padat namun tidak begitu mengandung banyak air.

Berikut ini ulasan singkat manfaat pohon karet di berbagai bidang.

7 Manfaat Pohon Karet

  1. Bahan untuk Industri Sintetis

Tanaman karet dapat menghasilkan getah karet. Getah ini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk membuat beragai produk sintetis seperti ban kendaraan, alat-alat kendaraan, hingga perlengkapan olahraga seperti bola.

  1. Pohon yang Ramah Lingkungan

Tanaman karet sering dianggap sebagai tanaman yang environmentally friendly. Pasalnya, tanaman ini dapat dimanfaatkan tanpa harus ditebang. Sehingga fungsinya menyerap gas buangan dan menghasilkan oksigen jauh lebih maksimal.

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Perkebunan karet membuka banyak lapangan kerja. Karet adalah komoditas pokok dalam perdagangan dunia. Tak heran jumlah pekerja yang dapat diserap dalam bidang ini begitu besar. Belum lagi bila kita hitung juga industri yang memanfaatkan karet sebagai bahan bakunya.

  1. Kayu Banyak Digunakan dalam Industri Mebel atau Furniture

Pohon karet juga digunakan menghasilkan kayu yang bisa diolah untuk bahan mebel atau furniture. Kelebihan kayu karet dalam pemanfaatannya sebagai bahan baku mebel adalah kayu karet merupakan produk sekunder dari budidaya karet yang utamanya diambil getahnya. Memanfaatkan produk sekunder dengan baik tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi industri.

  1. Meningkatkan Pemerataan Penduduk

Sebagaimana disebut di atas, penanaman pohon karet membutuhkan lahan luas dengan lapangan kerja besar. Secara langsung mapun tak langsung, hal ini akan meningkatkan pemerataan penduduk, terutama di daerah-daerah terpencil.

  1. Meningkatkan Kerjasama Internasional

Tak semua negara memiliki lahan untuk penanaman pohon karet. Hal ini akan menciptakan terjadinya kerja sama internasional antara negara investor dan negara yang memiliki lahan luas dan membutuhkan suntikan dana.

  1. Bahan Obat-obatan

Biji karet mengandung berbagai jenis senyawa. Selain nutrisi yang umum ditemukan seperti lemak, air, protein, karbohidrat, dan senyawa lain, juga terkadang zat-zat khusus seperti tiamin, akroten, asam nikotinat, dan tokoferol. Senyawa-senyawa tersebut diketahui bisa digunakan untuk campuran obat-obatan.

Demikian 7 manfaat pohon karet yang begitu luar biasa. Semoga bermanfaat.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.