kerajinan kayu

Mengenal Aneka Kerajinan dari Kayu dan Tips agar Lebih Berkualitas

 

Aneka rupa kerajinan dari kayu telah dihasilkan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Bahkan industri di bidang ini merupakan andalan negara kita. Kekhasan yang ditampilkan Indonesia telah memukau pasar internasional.

promo produk white agent wa-250

kerajinan kayu tempat lilin

Selain karena keindahan kayunya, juga karena terampilnya tangan para pengrajin kayu dari zamrud kathulistiwa. Kira-kira, apa saja kerajinan kayu yang telah dihasilkan dan bagaimana cara agar kualitasnya terus meningkat? Berikut ini akan kami bahas.

Aneka Rupa Kerajinan dari Kayu

patung-kayu

promo produk biocide insecticide

Bicara mengenai kerajinan dengan bahan dasar kayu, seolah tak ada habisnya. Berbagai produk telah dihasilkan. Misalnya saja patung, lukisan, gantungan kunci, pensil hias, hingga yang sangat terkenal, ukiran kayu dari Jepara.

Baca Juga : aneka cara mengawetkan palet kayu

Furniture dan kayu konstruksi bangunan pun, meski tidak sepenuhnya berfungsi sebagai penghias, tetap memiliki manfaat dekoratif. Artinya berbagai benda tersebut di satu sisi juga bisa dianggap sebagai kerajinan dari kayu. Contohnya saja, furniture di bawah ini. Tampilannya sangat artistik sehingga saat dijual pun, bukan hanya fungsinya sebagai mebel yang dinilai tapi juga kecantikannya tersebut.

Baca Juga : Arti Fungisida Sebagai Pengawet Kayu

Tips agar Kerajinan dari Kayu Lebih Berkualitas

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kerajinan kayu. Salah satunya adalah menggunakan obat pengawet untuk material tersebut. Ingat, kayu adalah bahan organik yang mudah diserang hama seperti jamur dan serangga. Aplikasi bahan pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida bisa mencegah produk kerajinan kayu yang rusak karena hama.

BioCide

BioCide

Aplikasi bahan pengawet ini, di sisi lain juga akan memberikan jaminan atas proses produksi yang lebih lancar. Selain itu, kita juga bisa melakukan penghematan besar dengan menggunakan kayu yang tidak begitu mahal. Kayu bekas palet misalnya bisa kita pakai untuk kerajinan kayu dengan aplikasi pengawet terlebih dahulu. Jadi, meskipun bekas dan bukan berasal dari material seperti jati, namun produk kerajinan yang dihasilkan tetaplah berkualitas tinggi.

Baca Juga : tips agar kerajinan dari pelepah pisang sukses

Hanya saja, kita jelas harus menggunakan obat pengawet kayu yang bagus. Artinya, insektisida dan fungisida yang diterapkan juga produk yang khusus didesain untuk treatment pada kayu. Contoh produk pengawet kayu yang berkualitas adalah BioCide. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk beragam kayu, bambu, maupun serat alam. Aplikasi obat pengawet seperti BioCide jelas bisa membuat usaha kerajinan dari kayu Anda lebih maju.