Mengenal Aneka Kerajinan dari Kayu dan Tips agar Lebih Berkualitas

replika-kayu

Aneka rupa kerajinan dari kayu telah dihasilkan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Bahkan industri di bidang ini merupakan andalan negara kita. Kekhasan yang ditampilkan Indonesia telah memukau pasar internasional. Selain karena keindahan kayunya, juga karena terampilnya tangan para pengrajin kayu dari zamrud kathulistiwa. Kira-kira, apa saja kerajinan kayu yang telah dihasilkan dan bagaimana cara agar kualitasnya terus meningkat? Berikut ini akan kami bahas.

Aneka Rupa Kerajinan dari Kayu

patung-kayu

Bicara mengenai kerajinan dengan bahan dasar kayu, seolah tak ada habisnya. Berbagai produk telah dihasilkan. Misalnya saja patung, lukisan, gantungan kunci, pensil hias, hingga yang sangat terkenal, ukiran kayu dari Jepara.

Furniture dan kayu konstruksi bangunan pun, meski tidak sepenuhnya berfungsi sebagai penghias, tetap memiliki manfaat dekoratif. Artinya berbagai benda tersebut di satu sisi juga bisa dianggap sebagai kerajinan dari kayu. Contohnya saja, furniture di bawah ini. Tampilannya sangat artistik sehingga saat dijual pun, bukan hanya fungsinya sebagai mebel yang dinilai tapi juga kecantikannya tersebut.

Tips agar Kerajinan dari Kayu Lebih Berkualitas

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kerajinan kayu. Salah satunya adalah menggunakan obat pengawet untuk material tersebut. Ingat, kayu adalah bahan organik yang mudah diserang hama seperti jamur dan serangga. Aplikasi bahan pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida bisa mencegah produk kerajinan kayu yang rusak karena hama.

BioCide

BioCide

Aplikasi bahan pengawet ini, di sisi lain juga akan memberikan jaminan atas proses produksi yang lebih lancar. Selain itu, kita juga bisa melakukan penghematan besar dengan menggunakan kayu yang tidak begitu mahal. Kayu bekas palet misalnya bisa kita pakai untuk kerajinan kayu dengan aplikasi pengawet terlebih dahulu. Jadi, meskipun bekas dan bukan berasal dari material seperti jati, namun produk kerajinan yang dihasilkan tetaplah berkualitas tinggi.

Iklan Biothane utama

Hanya saja, kita jelas harus menggunakan obat pengawet kayu yang bagus. Artinya, insektisida dan fungisida yang diterapkan juga produk yang khusus didesain untuk treatment pada kayu. Contoh produk pengawet kayu yang berkualitas adalah BioCide. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk beragam kayu, bambu, maupun serat alam. Aplikasi obat pengawet seperti BioCide jelas bisa membuat usaha kerajinan dari kayu Anda lebih maju.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn