kayu nyatoh untuk bahan membuat mebel

Mengenali Karakteristik Kayu Nyatoh Sebelum Menggunakannya

Akan lebih mudah memahami cara memilih kayu nyatoh saat sudah mengenal karakternya. Sama halnya dengan pemilihan jenis kayu lainnya, Anda juga harus mengenal betul A sampai Z dari kayu nyatoh.

Kayu nyatoh populer digunakan sebagai material furniture termasuk pintu dan memiliki tampilan dan kualitas yang mirip dengan meranti. Hal ini pula yang membuatnya banyak digemari dan menjadi incaran untuk dijadikan bahan pembuatan furniture.

promo produk white agent wa-250

Mengenal Kayu Nyatoh

kayu nyatoh yang bisa digunakan untuk bahan mebel
Kayu nyatoh

Kayu nyatoh adalah salah satu jenis kayu yang mudah ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan persebarannya yang cukup luas, menemukan nyatoh di Indonesia bukanlah hal yang sulit. Ketersediaannya di alam juga cukup stabil sehingga memudahkan pasokan dan permintaan pasar.

Pohon nyatoh atau nagasari ini sendiri dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 30 meter. Pertumbuhan yang optimal bisa mencapai diameternya mencapai 120 cm dengan batang yang lurus. Pola seratnya yang lurus juga membuat keindahan natural serta daya tarik dari kayu ini semakin besar.

Tampilan fisik yang mirip dengan kayu meranti juga membuat kayu nyatoh semakin banyak diminati. Warna permukaan kayu nyatoh adalah merah, mirip seperti warna kayu meranti merah.

promo produk biocide insecticide

Warna merah pada kayu nyatoh dapat menjadi tanda kaitannya dengan usia kayu tersebut. Semakin gelap warna merah yang ada pada nyatoh menandakan usia kayu tersebut juga semakin matang. Tentunya, kualitas kayunya juga semakin baik.

Anda harus memahami cara memilih kayu nyatoh dengan lebih baik agar bijak saat memilihnya sebagai bahan untuk furniture atau bangunan. Oleh karena pada dasarnya, karakter alami dari kayu ini adalah tingkat keawetannya yang cukup rendah.

Nyatoh juga memiliki daya retak cukup tinggi sehingga perlu dipahami betul cara mengolah dan merawatnya agar tetap optimal saat telah menjadi furniture atau bangunan. Namun, meski memiliki banyak kekurangan, kayu ini sering diandalkan untuk kebutuhan pembuatan furniture.

Karakteristik Kayu Nyatoh

Akan lebih mudah mendapat kualitas kayu yang baik jika sudah memahami karakternya dengan baik. Maka, Anda juga perlu mengenal karakteristik nyatoh dengan baik terlebih dahulu.

  1. Warna Kayu

Nyatoh memiliki tampilan yang mirip dengan kayu meranti. Karena warna alaminya adalah merah yang serupa dengan warna merah pada meranti. Namun, ada aksen kecoklatan yang juga menyerupai jati. Hanya saja, warna coklat pada nyatoh seringkali lebih muda jika dibandingkan dengan jati.

Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna kayu ini juga dapat menjadi penanda usianya. Semakin tua warnanya, maka semakin tua pula usia kayu tersebut. Sehingga tingkat kematangan untuk pengolahannya juga semakin baik.

  1. Pola Serat

Kayu nyatoh memiliki pola serat lurus yang indah. Tampilannya dengan pola serat seperti ini membuatnya tampak lebih menarik jika dibandingkan dengan meranti.

Tak heran jika semakin banyak pula yang menyukai olahan furniture dari kayu nyatoh karena tampilannya yang indah.

  1. Tekstur Kayu

Umumnya, nyatoh memiliki tekstur yang halus. Tetapi, pada beberapa bagian dari kayu nyatoh ada pula yang bertekstur cukup kasar.

  1. Keawetan

Berbicara mengenai keawetan dari kayu nyatoh, kayu ini memang termasuk kayu dengan kelas keawetan rendah. Termasuk dalam kayu kelas dengan keawetan III-IV, maka artinya nyatoh tergolong kayu yang tidak terlalu baik dalam hal keawetan.

Dengan kondisi ini, maka pemakaian kayu nyatoh sangat penting untuk mendapat perhatian penuh. Perawatan pada kayu juga harus seringkali dilakukan. Anda bisa mengandalkan produk pengawet kayu seperti Biocide Insecticide untuk meningkatkan keawetan nyatoh.

  1. Kekuatan

Kelas kekuatan kayu ini memang cukup berbeda dengan kondisi kelas keawetannya. Nyatoh termasuk kayu dengan kekuatan kelas kelas II – III. Itu artinya, nyatoh termasuk jenis kayu kuat yang dapat diandalkan.

Karena berdasarkan kateogri kelas kekuatannya, kayu ini memiliki kekuatan tingkat menengah atau sudah memenuhi standar. Tentunya, hal ini membuat nyatoh menjadi kayu yang bisa diandalkan.

Bagaimana Cara Memilih Kayu Nyatoh?

Kayu nyatoh yang sudah diolah menjadi papan
Kayu nyatoh yang sudah diolah menjadi papan

Untuk mendapat kualitas kayu nyatoh terbaik, bukan hanya mengetahui karakternya saja, Anda juga harus paham jenis kayu nyatoh terbaik itu berbentuk seperti apa. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara memilih kayu nyatoh yang benar untuk mendapatkan kayu nyatoh berkualitas.

  1. Pilih Permukaan Kayu Terbaik

Kayu nyatoh dengan kualitas terbaik biasanya memiliki permukaan yang baik. Jika disentuh akan terasa agak licin serta pola seratnya lurus. Dengan memahami hal ini saat membelinya, Anda sudah bisa memahami untuk sebaiknya menghindari bagian yang memiliki banyak mata kayu.

Oleh karena itu, pada bagian yang memiliki banyak mata kayu akan lebih rawan retak atau patah, terutama saat kayu tersebut dipotong.

  1. Pilih Bagian Kayu Teras

Cara selanjutnya adalah, sebaiknya pilih bagian teras kayu, karena bagian gubal dari kayu ini biasanya memiliki tekstur lebih lunak dan lebih mudah terkena serangan rayap.

Sebaiknya usahakan untuk memilih bagian teras kayu nyatoh. Atau setidaknya pilih bagian dalam kayu yang memiliki warna lebih gelap. Seperti yang sudah disebutkan, warna yang lebih gelap menandakan kualitas kayu yang lebih baik.

  1. Pilih yang Bobotnya Berat

Sebagai salah satu jenis kayu dengan bobot yang berat, hal ini dapat menjadi pertanda kualitas kayu nyatoh yang Anda pilih. Jika ingin mendapat kualitas kayu yang baik pilihlah yang bobotnya berat.

Hindari untuk memilih kayu nyatoh dengan bobot ringan, karena hal itu menandakan kualitas kayunya rendah dan lebih rentan untuk mengalami kerusakan jika diolah.