Macam-macam Serangan Jamur Kayu Dan Cara Mengatasinya

Setiap kayu yang kita miliki baik furniture maupun gelondongan sangat berpotensi terkena jamur, jamur permukaan bisa tumbuh di kursi atau lemari Anda. Kenali macam-macam serangan jamur kayu berikut ini dan dampaknya bagi kayu.

Jamur kayu yang akan dibahas disini ialah jamur permukaan, atau jamur putih yang biasa tumbuh di permukaan kayu karena tersedianya nutrisi dan suhu yang lembab. Untuk mengetahui jamur permukaan kita harus tahu jenis jamur menurut tipe serangannya. Jamur dibagi ke dalam dua kelompok yaitu jamur permukaan dan jamur pelapuk. Jamur pelapuk dibedakan jamur pelapuk cepat. jamur pelapuk lambat dan jamur pelapuk kayu kering. Jamur pelapuk cepat dibedakan jamur pelapuk coklat dan jamur pelapuk putih.

Sedangkan yang kita bahas disini ialah jamur permukaan yang hanya menyerang permukaan kayu, benang-benangnya mencari makan dari dalam rongga sel kayu berupa pati dan gala sederhana. Jamur ini tidak merusak dinding sel kayu, karenanya tidak berpengaruh pada kekuatan kayu, jamur ini memberi noda warna pada kayu atau pada permukaan kayu.

Noda warna ini disebabkan oleh warna enzym yang terdapat di dalam benang jamur tersebut. Noda warna ini bermacam-macam tergantung jenis jamurnya. Tidak semua jenis kayu terserang oleh jamur permukaan karena pertama kayu tersebut tidak mengandung pati di dalam rongga selnya dan/atau kedua kayu tersebut mengandung zat yang beracun atau tidak disukai oleh jamur permukaan. Jenis-jenis kayu yang mudah terserang jamur permukaan kayu tersebut seperti kayu sengon, tusam dan ramin. Noda warna biru pada tusam dan ramin dikenal dengan sebutan blue-stain.

Perhatikan tabel macam-macam serangan jamur kayu berikut ini untuk lebih mengenal jamur permukaan kayu. Tabel Noda Warna dan Jamur Penyebabnya:

Warna Noda Kayu atau produk yang terserang Jamur
Kelabu baja sampai hitam kebiru-biruan Kayu gergajian, kayu bulat Ceratocystis, Diplodia, Graphium, Aerobasidium
Coklat kusam s/d kelabu atau hitam Kayu gergajian dan vinir kayu daun lebar Pigmen pelarut dari buluk
Hijau (spora hijau) atau hitam Macam-macam produk kayu Trichoderma, Penni- cillium, Gliocladium (hi- jau), Aspergillus, Moni- lia, Alternaria (hitam)
Coklat dominan Tiang, kayu gergajian Pigmen yang larut dari Cytospora dan hypha ge-

lap

Ungu s/d merah jambu Kayu gergajian dan kayu bulat Southern pine dan red gum Fusarium moniliformae, F. solani, F. viride, F. roseum (pigmen dan hypha)
Merah jambu s/d coklat kayu manis Kayu bulat dan gergajian kayu daun jarum Cephaloascusfragrans (pigmen yang larut)
Merah tua s/d merah jingga Kayu bulay dan gergajian Southern pine, gum, oak Pennicillium roseum, P. aureum (pigmen), Geotrichum sp.
Kuning pucat Kayu bulat dan gergajian oak, hickory, birch, maple Pennicillium divaricatum
Kuning tua Kayu bulat dan gergajian S. pine, dan red gum Gymnocus sp.

Apa yang menyebabkan jamur pengubah warna kayu tersebut tumbuh dan menyerang kayu Anda?

Dari macam macam serangan jamur kayu serta dampaknya bagi perubahan warna kayu, dapat disimpulkan bahwa sangat merugikan apabila kayu ingin di finishing natural, yang akan menampakkan keunikan serat-serat kayu.

Perlu kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab jamur kayu tumbuh di permukaan kayu dan merusak warna natural kayu. Tujuan mengetahui penyebab tumbuh jamur kayu adalah untuk mengetahui cara pembasmian dan perawatan seperti apakah yang cocok.

Pertama-tama yang perlu kita ketahui ialah, kayu seperti apa yang memungkinkan terserang jamur. Dua hal utama yang mempengaruhi perbedaan berat kayu adalah kekerasan kayu dan moisture content (MC). Semakin tinggi ukuran MC akan semakin tinggi berat kayu. Kekerasan kayu atau ‘density’ diukur dalam satuan kg/m3. Rata-rata kekerasan kayu yang ada adalah sekitar 320 – 720 kg/M3.

Kayu dengan kekerasan rata-rata atau dibawahnya dan daya kering yang lambat, biasanya akan mudah terkena jamur kayu. Bisa kita lihat macam-macam serangan jamur kayu di atas perubahan warna dan menyerang kayu jenis apa. Selain tergantung pada metode pengeringan yang cepat dan tepat, penganturan kelembaban gudang, juga tergantung pada obat jamur kayu blue stain yang digunakan. yang digunakan. Untuk rekomendasi pengawet, sudah ada bahan yang tepat, simak penjelasannya berikut ini.

Macam-macam serangan Jamur Kayu Sangat Merugikan Karena Alasan Berikut ini:

Bagi para juragan kayu yang memiliki stok kayu yang banyak, baik kayu dalam masa pengeringan ataupun kayu fresh cut/ baru ditebang, sering kali muncul jamur blue stain, atau jamur dengan noda kebiru-biruan yang mewarnai tekstur kayu. Dan jamur tersebut lama kelamaan akan mengubah warna natural kayu.

Banyak industri kayu di Indonesia yang masih banyak membutuhkan support untuk menigkatkan kualitas produknya. Salah satunya untuk mengatasi macam-macam serangan jamur kayu beserta dampaknya pada perubahan warna aslli kayu. Maka industri perkayuan atau pengusaha kayu butuh obat jamur kayu BioCide sertifikat internasional agar produk terjamin mutunya.

Obat jamur kayu BioCide merupakan produk dari Bioindustries yang mempunyai sertifikat produk ramah lingkungan sesuai standard US-EPA Regulation. United States Environmental Protection Agency (US-EPA) merupakan lembaga pemerintah federal AS yang dibentuk dengan tujuan untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dengan kewenangan untuk membuat dan menegakkan peraturan berdasarkan hukum yang disahkan oleh Kongres.

US-EPA Paint VOC regulation number 8, merupakan regulasi yang mengatur dan membatasi kandungan bahan kimia yang termasuk didalam golongan volatile organic compound (VOC content ) khususnya untuk produk cat, bahan pewarna dan coating, tinta dan lain lain. Volatile organic compound (VOC) merupakan golongan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan polusi udara dalam ruangan (indoor air polutant) yang sangat berbagaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Hasil uji laboratoriom yang dilakukan oleh TUV Rheinland German menyatakan bahwa produk-produk Bio Industries telah sesuai dengan standard US. Environmental Protection Agency (EPA) number 8. paint VOC regulation compliance 2011. certificate of analysis oleh TUV Rheinland Germany.

Oleh karena itu, obat jamur kayu BioCide sangat cocok untuk mengatasi masalah tumbuhnya jamur kayu pada produk Anda. Dan meningkatkan spesifikasi produk Anda seperti plywood maupun furniture, sebagai produk kayu yang anti jamur. Sehingga dengan demikian menjadi produk kayu yang mempunyai nilai jual tinggi dan terpercaya konsumen.

Dapat Diaplikasikan Dimana Mana Saja?

Obat jamur kayu BioCide yang akan mengatasi macam-macam serangan jamur kayu dan dampaknya sangatlah efektif mencegah pertumbuhan jhadir sebagai obat pencegah pertumbuhan jamur susbtrat maupun jamur permukaan/mold. Produk ini efektif mencegah timbulnya jamur blue stain, black stain dan white stain.

Jenis jamur tersebut menimbulkan dua kerusakan yaitu estetika dan susbtrat atau struktur kayu. Bahan anti jamur ini tidak hanya efektif pada media kayu tetapi termasuk bambu, triplek, rotan, natural fiber (serat alam), dll. Selain itu juga jamur permukaan yang biasanya berwarna putih, yang muncul karena kelembaban udara tinggi.

Apa Saja Keunggulan Obat Anti Jamur kayu Sertifikat Internasional Ini?

  1. Efektif dan stabil untuk jangka waktu cukup lama
  2. Sesuai untuk industry woodworking
  3. Mudah digunakan/ diaplikasikan
  4. Dapat diaplikasikan pada berbagai media
  5. Toksisitas rendah dan ramah lingkungan

Mari Bahas Salah Satu Keunggulan Obat Jamur Kayu BioCide Ini: Sesuai Untuk Kebutuhan Industri Kayu

Kenapa sesuai untuk kebutuhan indsutri kayu? Karena seiring dengan banyak kayu dengan kelas awet rendah digunakan, banyak produk kayu saat ini terserang jamur. Selain itu juga iklim tropis di Indonesia memiliki kelembaban udara tinggi, sangat berpengaruh bagi gudang kayu sehingga memicu timbulnnya jamur. Selebihnya persoalan timbulnya jamur karena persoalan tempat penyimpanan.

Untuk itu, misalkan Anda memiliki usaha furniture, kepuasan konsumen adalah utama, jika terdapat furniture yang tahan jamur akan lebih menarik dan meningkatkan daya jual.

Obat jamur kayu BioCide efektif untu mengatasi macam-macam serangan jamur kayu. Dan obat ini juga sangat ekonomis, sehingga tidak memakan biaya banyak bagi usaha Anda.  Untuk kemasan 1 kg perbandingannya 1:1000 lt, 1 kg BioCide dicampur dengan 1000 lt air bersih. Jangkaun luas untuk metode rendam: 15 m₃ / 1000 lt larutan.

Artikel "Antijamur Kayu BioCide"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.