Kiat Penting untuk Antisipasi Serangan Jamur pada Industri Pengolahan Rotan!

Waspadai potensi serangan jamur pada industri pengolahan rotan! Sebagaimana kayu, bahan ini pun rentan akan ancaman berbagai jenis hama, termasuk jamur.

Serangan Jamur Pada Industri Pengolahan Rotan

Jamur sebagai organisme parasit-saprofit seringkali menyebabkan material berbahan organik rusak baik dari segi estetika maupun struktural. Yang lebih mengkhawatirkan, serangan jamur bisa datang begitu cepat dalam waktu yang tidak kita sadari.

Contohnya adalah jamur noda atau stain. Tipe jamur seperti ini bisa menyebabkan kerusakan warna rotan hanya dalam waktu semalam saja. Sehingga proteksi maksimal harus dilakukan selama proses pengolahan rotan mulai sejak bahan tersebut dipanen.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti 4 kiat dasar berikut ini sebagai usaha menghindari kerugian akibat serangan jamur pada rotan. Semoga bermanfaat!

4 Kiat untuk Mencegah Serangan Jamur pada Industri Pengolahan Rotan

Cermat Menangani Rotan yang Baru Dipanen

Rotan yang baru dipanen sangat rentan diserang jamur karena sifatnya yang masih basah. Pengeringan yang dilakukan sesegera mungkin adalah solusi yang bagus. Selain itu, hindarilah menyimpan rotan apalagi rotan basah dalam ruang tertutup dan meletakannya secara sembarangan. Letakkan rotan di tempat yang sirkulasinya bagus. Pastikan tidak ada bagian rotan yang tidak mendapat ruang yang cukup untuk penguapan. Rotan yang basah cenderung mengeluarkan kandungan airnya dan bila tidak ada ruang untuk melepasnya, uap air tersebut akan memicu pertumbuhan jamur.

Cermat Menyimpan Rotan

Sebagaimana disebut di atas, kita tidak boleh sembarangan menempatkan rotan. Bahkan rotan yang sudah bertransformasi menjadi produk tertentu sekalipun. Sebab meskipun sudah menjadi mebel atau barang apapun, bukan berarti produk tersebut menjadi tahan jamur. Pastikanlah untuk meletakkan rotan di tempat yang kering dan bersih.

Gunakan Obat Pengawet Antijamur yang Kualitasnya Bagus

Jangan lupa menggunakan obat pengawet dari golongan antijamur. Sebab, meski Anda sudah menyimpannya dengan benar, potensi serangan jamur masih tetap ada. Jadi, akan jauh lebih efektif bila kita langsung menggunakan antijamur. Resapkan antijamur tersebut ke dalam rotan sehingga bahan itu tidak bisa ditumbuhi jamur lagi.

Bahasan ini, akan kami perjelas pada artikel berikutnya mengenai obat antijamur untuk rotan yang bagus.

Aplikasikan Finishing yang Mampu Melindungi Rotan dari Jamur

Pelapisan rotan dengan bahan finishing akan membuat serangan jamur tak langsung mengenainya. Tetapi tentu saja kita harus yakin bahwa bahan finishing yang kita gunakan benar-benar mampu memproteksi material tersebut. Akan jauh lebih baik bila bahan finishing yang digunakan juga mengandung antijamur yang ampuh.

Demikian 4 kiat penting untuk mencegah serangan jamur pada industri pengolahan rotan. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan rekomendasi fungisida yang tepat.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.