mainan kayu untuk anak-anak

5 Ide Bisnis Mainan Outdoor dan 3 Tips Agar Bisa Terwujud

Bisnis mainan outdoor ternyata menjanjikan lho. Terdapat beragam produk yang bisa dibuat serta kiat khusus untuk merealisasikannya.

Pew Research melakukan sebuah survei untuk mengetahui tingkat pemakaian smartphone dan gadget pada anak-anak. Hasilnya, 80% orangtua mengatakan anak mereka pada rentang usia 5 hingga 11 tahun pernah menggunakan tablet, dan 63% menggunakan smartphone.

promo produk white agent wa-250

Survei ini dilakukan di luar negeri, namun dengan melihat sekilas saja, kita tahu di Indonesia pun berlaku hal serupa. Hanya saja mungkin anak-anak Indonesia lebih familier dengan smartphone dibanding tablet.

Kondisi tersebut bagaimanapun juga bukan hal yang baik. Anak yang terlalu banyak bermain gadget bisa mengalami mata minus sejak dini, ketidakmampuan berinteraksi secara sosial, serta fisik yang lemah.

Meski masih minim, merespon hal tersebut, muncul berbagai ajakan, kampanye, serta gerakan untuk mendorong anak-anak lepas dari gadget mereka. Orangtua didorong untuk mengondisikan anaknya agar mau bermain sebagaimana mereka dulu ketika kanak-kanak.

promo produk biocide insecticide

Ajakan ini ke depan mungkin saja akan semakin santer terdengar. Dan sebagai orang yang berminat menjadi wirausaha, tak ada salahnya bila kita meresponnya dengan membuka bisnis terkait hal tersebut.

Terdapat setidaknya 5 jenis produk yang bisa kita produksi sebagai penunjang anak untuk bermain secara konvensional. Kelimanya adalah:

5 Ide Usaha Bisnis Mainan Outdoor

1. Ayunan

Ayunan disukai oleh hampir semua kalangan. Remaja pun kadang masih nyaman bermain ayunan sekadar untuk bersantai.

Bagi anak, ayunan cukup membuat keasyikkan tersendiri sebab mereka bisa duduk dengan gerakan ke depan dan ke belakang. Selain itu, mainan ini juga bisa dimainkan bersama-sama ataupun sendirian.

2. Perosotan

Selain ayunan, jenis mainan anak berikutnya yang sanga populer adalah perosotan. Mainan ini memanfaatkan sebuah papan panjang yang diposisikan miring sehingga pengguna bisa meluncur di atasnya.

Perosotan memacu adrenalin dan dopamine pada anak-anak sehingga membuat mereka merasa senang sekaligus tertantang. Mainan ini juga bisa mengajarkan anak tentang konsep berat dan gravitasi.

3. Panjatan

Ide bisnis mainan outdoor berikutnya adalah panjatan. Panjatan memiliki beragam bentuk. Ada yang berbentuk kotak, lingkaran, kepala boneka, dan lain sebagainya. Selain memanjat, pada mainan ini, anak juga bisa berayun-ayun. Dengan demikian, mainan ini bisa menguatkan fisik anak, terutama tangan dan kaki mereka.

4. Komedi Putar Mini

Komedi putar adalah permainan yang dicirikan dengan adanya poros yang dapat berputar. Pada lingkaran poros diterapkan tempat duduk.

Komedi putar mini hanya bisa dimainkan dengan cara didorong dulu. Permainan ini bisa melatih fisik dan kerja sama anak dengan temannya.

5. Jungkat-jungkit

Bisnis mainan outdoor untuk anak yang bisa jadi usaha dengan omset puluhan hingga ratusan juta

Jungkat-jungkit adalah permainan yang wujudnya berupa papan panjang dengan titik seimbang di tengah. Untuk memainkannya, dibutuhkan dua orang dengan berat hampir sama.

Tips agar Bisnis Mainan Outdoor Anda Sukses

1. Gunakan Treated Wood (Kayu yang Telah Diawetkan)

Agar mainan lebih aman, gunakanlah kayu yang telah diawetkan. Jika Anda mendapati material yang masih mentah dan belum di-treatment sama sekali, tak ada salahnya menerapkan treatment sendiri.

Treatment pengawetan kayu cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengoleskan bahan pengawet anti hama ke permukaan kayu saja. Selanjutnya, barulah dilakukan finishing dengan cat outdoor yang berkualitas.

Untuk obatnya, bila Anda membutuhkan pengawetan antijamur, kami menyediakan 2 produk BioCide. Keduanya bisa digunakan untuk keperluan yang berlainan.

Produk Fungsi Tips Aplikasi
BioCide Wood Fungicide Mencegah jamur stain (noda) Kayu, terutama softwood seperti pinus yang rentan akan jamur stain direndam pada cairan BioCide Wood Fungicide yang telah dilarutkan. Atau, kayu juga bisa diolesi BioCide menggunakan kuas.
BioCide Surface Film Preservative Mencegah dan membasmi jamur pembusuk serta lumut BioCide SFP dicampurkan ke bahan finishing water based yang digunakan. BioCide SFP juga bisa dipakai untuk membasmi jamur dan lumut yang terlanjur tumbuh.

2. Penggunaan Warna Cukup Penting

Hal kedua yang perlu diperhatikan bila Anda berminat bisnis mainan outdoor adalah perkara warna. Anak adalah sosok yang masih sangat menyukai warna-warna cerah dan kontras. Berbeda dengan orang dewasa yang menyukai tampilan natural kayu, anak lebih suka warna-warna solid.

Jadi, siapkan cat warna solid yang bagus dan jelas. Contoh produk cat yang kami rekomendasikan adalah cat Orchid yang notabene merupakan produk cat untuk kayu dan besi eksterior.

Agar lebih spesifik, terapkan warna yang berbeda untuk target pasar Anda. Bila Anda menarget anak-anak perempuan, aplikasikan warna yang lebih feminim seperti pink, merah, dan ungu. Sedangkan untuk target anak lelaki, Anda bisa menerapkan warna maskulin seperti biru dan abu-abu.

Bisnis mainan outdoor untuk anak punya banyak genre yang bisa diterapkan pada bisnis Anda

Agar terlihat semakin cantik, tak ada salahnya menerapkan pola yang disukai anak. Misalnya pola kartun, bunga, atau wajah artis idola mereka.

3. Pertimbangkan Ukuran Mainan

Kelas menengah Indonesia terus tumbuh. Mereka adalah target pasar ideal untuk bisnis mainan outdoor karena memiliki kesadaran untuk anak-anaknya serta dana untuk membeli produk Anda.

Namun, kebanyakan kelas menengah tinggal di perkotaan sehingga tak memiliki lahan luas untuk meletakkan mainan anak seperti perosotan yang besar.

Bila target Anda adalah kalangan ini, ada baiknya Anda membuat modifikasi mainan anak yang lebih kecil. Dan bahkan bila perlu bisa dilipat. Jadi, mainan-mainan tersebut bisa dimasukkan ke dalam rumah serta bila perlu disingkirkan ketika tidak digunakan.