Ini Rahasia Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Kayu dengan Efektif

Aplikasikan cara menghilangkan jamur pada lemari kayu Anda. Gunakan anti jamur atau fungisida yang bagus serta terapkan perawatan efektif mencegah tumbuhnya jamur. Sedangkan untuk mengatasi jamur di bawah permukaan cat/coating, pastikan Anda membeli lemari yang kualitasnya baik.

Siapa yang tak kenal dengan mebel bernama almari? Berawal dari perabot untuk menaruh dan meletakkan sebuah benda, almari saat ini memiliki guna yang semakin beragam. Ada almari yang didesian khusus untuk meletakkan kerajinan, meletakkan buku, meletakkan baju, dan lain sebagainya.

Perluasan fungsi almari inipun sejalan dengan peningkatan estetikanya. Bila dulu almari hanya merupakan perabot untuk menaruh benda lain, tidak demikian dengan almari jaman sekarang. Saat ini, almari juga selalu dilihat keindahannya.

Bicara mengenai keindahan almari sendiri jelas tak lepas dari almari yang menggunakan bahan kayu. Almari kayu bisa memberikan kesan yang lebih hangat, manis, dan juga bersahabat.

Ada sesuatu yang elegan pada lemari kayu bila dibandingkan dengan almari yang lain. Dan masyarakat pun selalu melihat mebel kayu lebih baik dibanding mebel bahan lain seperti plastik. Sayangnya, penggunaan kayu pun bukan tanpa kekurangan. Almari kayu, apalagi yang terbuat dari bahan olahan seperti tripleks sangat rentan terkena serangan jamur.

Bagian dalam lemari sangat rentan terkena serangan jamur. Aplikasikan cara menghilangkan jamur pada lemari kayu Anda.

Lemari dengan material kayu milik Anda sangat rentan rusak akibat terkena serangan jamur. Apalagi bila Anda tidak rajin membersihkannya. Seringkali, Anda akan mendapati lemari tersebut dalam kondisi penuh jamur. Ada dua opsi yang bisa Anda tempuh terkait hal tersebut. Pertama membuangnya dan membeli lemari yang baru. Sedangkan yang kedua adalah membersihkan jamur pada lemari tersebut.

Bila kerusakan lemari Anda masih termasuk ringan, alangkah lebih baik bila Anda menerapkan opsi kedua. Bersihkan lemari Anda dari jamur dan rawatlah dengan cairan anti jamur untuk lemari yang efektif. Dengan begitu, Anda tak perlu menghadapi problem serupa di masa yang akan datang.

Langkah-langkah Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Kayu

Berikut ini empat langkah cara menghilangkan jamur pada lemari kayu milik Anda:

1. Siapkan Pelindung

Gunakan pelindung saat membersihkan. Langkah pertama cara menghilangkan jamur pada lemari kayu adalah memastikan Anda dalam keadaan terlindungi saat membersihkan jamur. Sebab, jamur yang Anda bersihkan mungkin saja memiliki spora dan mikotoksin (racun jamur) yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti iritasi dan asma. Gunakan kacamata pelindung, sarung tangan, masker, serta baju dan celana lengan panjang.

2. Bersihkan di Tempat yang Terbuka

Usahakan untuk membersihkan lemari berjamur Anda di tempat yang terbuka. Bila tidak bisa, buka semua jendela di ruangan Anda tempat membersihkan. Hal ini perlu diusahakan agar spora jamur yang dibersihkan bisa tertiup keluar ruangan sehingga tidak tumbuh di produk kayu lainnya.

3. Lindungi Perabot di Sekitar Anda Membersihkan

Cara menghilangkan jamur pada lemari kayu selanjutnya adalah memastikan perabot lain aman kala Anda melakukan proses sebelumnya. Gunakan kain penutup atau koran untuk melindungi perabot kayu di sekitar tempat Anda membersihkan. Bila memungkinkan, pindahkan perabot-perabot itu terlebih dahulu

4. Gunakan produk anti jamur atau fungisida yang efektif.

Efektivitas langkah cara menghilangkan jamur pada lemari kayu ini tergantung produk yang Anda gunakan dan cara pemakaiannya.

Biocide

Saran kami, untuk serangan jamur permukaan (seperti jamur tempe atau jamur bintik hitam), gunakan saja BioCide Surface Film Preservative. Produk tersebut memang didesain untuk keperluan pembasmian jamur. BioCide SFP tinggal dipulaskan saja ke area almari yang berjamur. Namun, ingatlah untuk menggunakan alat pelindung diri seperti dijelaskan pada poin satu. Sebab bagaimanapun juga, BioCide SFP adalah fungisida yang mengandung toksisitas.

5. Lihat dan Tentukan Pengulangan Langkah

Bila Anda menggunakan BioCide SFP, Anda pasti akan mendapati jamur yang terbasmi dengan baik pasca aplikasi fungisida itu. Apalagi bila jumlah jamurnya belum banyak. Namun, bila Anda menggunakan obat yang lain, Anda harus mengecek efektivitasnya berkali-kali. Bila sekiranya jamur masih ditemukan, ulangi lagi penggunaan pembasmi jamur. Namun kali ini, lakukan dengan obat yang bagus seperti BioCide Surface Film Preservative.

Selain menerapkan kelima langkah cara mengatasi lemari berjamur di atas, pastikan pula untuk merawat lemari Anda dengan produk perawatan yang tepat. Bila perlu, lakukan pengecatan ulang dengan cat water based yang aman serta tahan lama untuk perlindungan yang lebih baik. Gunakan pula produk perawatan kayu secara berkala. Manfaatkan semir kayu Biopolish Linseed Oil yang memiliki kandungan pine oil. Pine oil atau minyak pinus merupakan bahan alami yang merupakan penghambat pertumbuhan jamur dan berbagai organisme lainnya.

Agar lebih jelas, ikutilah beberapa cara mencegah jamur datang kembali di bawah ini.

  1. Lakukan pembersihan pada almari secara berkala. Bersihkan almari setiap minggu atau 2 minggu sekali. Pembersihan wajib selalu diupayakan karena kotornya permukaan produk bisa menjadi tempat jamur tumbuh. Jamur akan memanfaatkan zat organic dalam kotoran untuk tempatnya hidup.
  2. Letakkan almari di ruangan yang ventilasinya baik. Pastikan juga ruangan tersebut tidak lembab. Kelembaban yang tinggi artinya jumlah air yang tinggi di udara. Dan hal in ibis memicu tumbuhnya jamur.
  3. Lakukan perawatan pada lemari menggunakan produk yang bagus seperti Biopolish. Biopolish bisa mencegah jamur sekaligus menghaluskan serat kayu lho. Lemari kayu pun jadi terlihat indah dengan produk ini.

Bagaimana Bila Jamur Ada di Bawah Cat/Coating Lemari?

Sayangnya, pada beberapa kasus, kiat-kiat di atas saja tidak cukup untuk mengatasi masalah Anda. Kadang jamur menempel pada kayu di bawah lapisan cat/coating. Bila Anda mengalami problem ini, Anda tidak bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan jamur pada lemari kayu yang disebutkan di atas. Problem seperti ini bisa Anda atasi dengan menggunakan BioCide dan bleaching kayu apabila terdapat noda jamur yang permanen.

Bleaching yang kami sediakan adalah White Agent WA-250. Mengatasi lemari berjamur dengan WA-250 dapat dilakukan dengan cara:

  1. Amplas dulu cat pada lemari tersebut.
  2. Amplas noda jamur. Bila hilang, selamat, Anda tak perlu repot-repot menggunakan WA. Namun bila noda itu tak juga hilang, siapkan WA-250.
  3. Aplikasikan sesuai petunjuk penggunaannya. Agar lebih jelas, simak cara pakai bleaching kayu tersebut di artikel White Agent (WA-250).
White-agent-pemutih-kayu

Setelah kayu berhasil diawetkan, lakukan pengecatan supaya lemari tampak indah seperti sedia kala. Tak ingin repot-repot begini?

Bila Anda tak mau repot, pastikanlah Anda membeli lemari kayu yang material kayunya sudah ditreatment dengan anti jamur/fungisida berkualitas, BioCide. Biocide sangat efektif membasmi jamur serta bakteri pada kayu sehingga masalah jamur tumbuh di bawah cat tidak akan terjadi.

Produk ini juga bisa dilarutkan dengan air dan solvent sehingga lebih ekonomis dan aman digunakan. Tanyakan pada penjual lemari mengenai masalah ini untuk menghindari serangan kayu di bawah cat/coating tersebut.

Sekiranya Anda memasan almari di tukang bangunan langganan, terangkanlah maksud Anda tersebut. Jangan mengiyakan penggunaan bahan pengawet yang efektivitasnya tak baik. Sebab banyak pembuat mebel yang hingga hari ini masih menggunakan pengawet secara asal-asalan. Hasilnya pun, produk menjadi kurang berkualitas dan juga mudah rusak. Anda mau tak mau harus repot-repot lagi menerapkan cara menghilangkan jamur pada lemari yang tahapannya disebut di atas.

Bagi Pelaku Usaha

Rusaknya suatu produk furniture jelas bisa menyebabkan kerugian yang sama sekali tidak sedikit. Apalagi bila hal itu terjadi dalam dunia usaha. Bayangkan saja misalnya, Anda sebagai pelaku usaha furniture.

Anda menerima pesanan pembuatan furniture untuk sebuah sekolah. Anda pun sudah siap membeli kayu-kayu untuk diolah. Mulanya, kayu-kayu itu tampak baik-baik saja. Namun setelah beberapa lama, muncul jamur pada almari tersebut. Tenggat waktu pengerjaan pun terus berlangsung dan masalah jamur menjadi penghambat terbesarnya.

Anda pun harus menanggung kerugian yang sama sekali tidak sedikit. Ironis sekali bukan?

Oleh karena itulah, pelaku usaha juga harus tahu cara menghilangkan jamur pada lemari kayu. gunakan produk kami BioCide, dan usahakan:

  1. Menjaga kualitas produk dari serangan jamur selama pengiriman dengan kontainer.
  2. Menjaga kondisi gudang agar ventikasinya baik.
  3. Menggunakan kayu yang sudah ditreatment sebelum digunakan. Hal ini sangat krusial. Mintalah pada supplier langganan Anda untuk menyediakan kayu bagus yang sudah diawetkan.

Ayo Beli BioCide sebagai Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari!

Lemari Serbuk Kayu

Pembelian BioCide dan White Agent bisa dilakukan dengan sangat mudah lho, semudah cara menghilangkan jamur pada lemari kayu yang dijelaskan di atas. Anda bisa membeli dengan cara:

  1. Memesan via Customer Service. Silahkan hubungi CS kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.CS kami akan melayani Anda dengan ramah, profesional, dan tak bertele-tele.
  2. Pembelian secara langsung. Anda bisa membeli produk ini secara langsung di Bio Service Point. Bila Anda dekat dengan lokasi Bio Service Point, kehadiran Anda selalu kami tunggu lho.
  3. Pembelian via pihak ketiga seperti membeli di berbagai akun penjual produk kami. Silahkan saja beli produk kami di pihak ketiga. Namun pastikan Anda mendapatkan barang yang mutunya baik. Untuk prosedurnya sendiri sesuai dengan kesepakatan masing-masing. Hubungi CS kami untuk informasi agen kami yang paling dekat dengan Anda.

Simpulan

Kita telah melakukan pembahasan yang cukup panjang mengenai cara menghilangkan jamur pada lemari kayu. Ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan dari penjabaran di atas.

Almari dari bahan kayu tetap menjadi primadona meski saat ini sudah banyak almari plastik yang lebih murah di masyarakat. Lemari kayu tetap dipandang lebih baik. Apalagi bila kayunya adalah kayu solid dan bukan kayu olahan.

Namun demikian, almari plastik rentan terserang hama jamur. Pencegahan tentu harus dilakukan sebab jamur bisa merusak kayu dan mengganggu kesehatan manusia. Ya, spora jamur bisa menimbulkan reaksi alergi, mata gatal, hingga asma. Untuk membasmi jamur, gunakanlah BioCide Surface Film Preservative. Produk ini adalah pembasmi jamur terbaik di pasaran.

Adapun, Anda juga wajib melakukan pencegahan supaya hal yang sama tak terulang. Pencegahan bisa dilakukan dengan memasukkan benda bersih dan kering saja di almari. Selain itu, pastikan juga lemari selalu bersih dan ventilasinya baik. Bila perlu gunakan juga semir kayu seperti Biopolish.

Lantas bagaimana bila jamur sudah terlanjur menyerang? Bagaimana bila noda jamur tak bisa dihilangkan? Bila kondisinya demikian, pertimbangkanlah menggunakan bleaching kayu. Pilih bleaching yang bagus seperti White Agent (WA-250).

Kiranya, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara menghilangkan jamur pada lemari kayu ini. Semoga bermanfaat ya!

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.