Silica Gel Penyerap Kelembaban untuk Fotografer hingga Kolektor Tas

Silica gel penyerap kelembaban bisa memberikan manfaat besar untuk berbagai kalangan. Produk ini bisa digunakan oleh pelaku usaha kerajinan, fotografer, kolektor tas kulit, hingga ibu rumah tangga.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan humidity level atau tingkat kelembaban yang begitu tinggi. Hal ini membuat berbagai produk rentan mengalami kerusakan. Misalnya saja pertumbuhan jamur.

Jamur sangat mudah tumbuh dalam kondisi lembab dan hangat. Jamur bisa merusak dokumen lawas, mebel kayu, hingga berbagai macam alat elektronik. Antisipasi pun jelas harus dilakukan supaya sifat destruktif kelembaban tinggi (dan efeknya, jamur) bisa dikurangi. Salah satunya adalah dengan menggunakan silica gel.

Deskripsi Penyerap Kelembaban Silica Gel

Silica gel  merupakan bahan pengawet yang bekerja menjaga kelembaban udara dalam kemasan dan atau ruang penyimpanan. Silica gel bersifat sangat hydrophilic atau “suka air” sehingga memiliki kemampuan aktif menyerap kelembaban udara dan menjaga produk tetap kering. Dengan demikian,  produk akan terhindar dari kerusakan yang diakibatkan faktor kelembaban seperti kerusakan akibat aktivitas dan pertumbuhan jamur serta bakteri, mencegah kerusakan karena proses oksidasi, mencegah kerusakan karena hubungan arus listrik mikro, dan lain sebagainya.

Produk ini dapat digunakan secara luas untuk berbagai bidang industri sebagai bahan pengawet dalam kemasan. Misalnya, untuk pengawet pada produk obat-obatan farmasi, makanan kering, kulit atau leather, barang-barang elektronika, tekstil, kerajinan kayu, kertas, serta berbagai varian serat alam lainnya seperti enceng gondok dan pandan.

Silica Untuk Tas

Produk ini juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dalam ruangan dengan cara diletakan di dalam ruangan yang sensitif terhadap kelembaban udara. Misalnya ruang farmasi, laboratorium, gudang penyimpanan bahan makanan, ruang penyimpanan arsip atau dokumen penting dan lain lain.

Siapa Bisa Memanfaatkan Silica Gel Penyerap Kelembaban?

Seperti disebut di atas, ada sangat banyak kalangan yang bisa menggunakan silica gel. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa di antaranya di bawah ini.

Pelaku Usaha

Bagi Anda yang memiliki usaha makanan kering, pembuatan kerajinan, hingga pembuatan souvenir, penggunaan silica pasti akan sangat membantu. Silica dapat menurunkan kelembaban yang secara langsung berimbas pada menurunnya potensi serangan hama jamur, bakteri pembusuk, dan rayap. Pilih saja silica yang tepat untuk usaha Anda. Khusus untuk makanan, gunakan silica yang sudah berstatus food grade.

Kolektor Tas, Sepatu Kulit, dan lainnya

Silica Gel Untuk Tas

Silica gel penyerap kelembaban juga bisa diandalkan oleh para kolektor tas, sepatu kulit, dan berbagai produk koleksi lainnya. Produk ini bisa diletakkan pada kotak penyimpanan tiap benda yang Anda koleksi. Untuk pemakaiannya, cukup gunakan 1 atau dua silica pada tas atau tempat sepatu. Jangan meletakkan terlalu banyak, sebab udara yang terlampau kering juga tak bagus untuk menjaga kualitas produk.

Fotografer dan Mereka yang Menyimpan Benda Elektronik

Apakah Anda adalah seorang laboran yang bertanggung jawab pada penyimpanan puluhan mikroskop? Atau, apakah Anda seorang fotografer dengan segudang alat fotografi yang kompleks? Bagi Anda yang memiliki benda-benda elektronik dan lensa, gunakanlah silica gel untuk menjaga kualitas benda-benda tersebut. Silica bis mencegah hubungan arus pendek hingga memastikan lensa tidak rusak terkena jamur.

Biaya Membersihkan Lensa

Penjual

Silica gel penyerap kelembaban juga akan sangat berharga apabila Anda adalah seorang penjual. Sebagai penjual tentu Anda memiliki banyak produk simpanan. Dan kelembaban yang tinggi serta resiko jamur jelas bisa menyebabkan kerusakan pada produk-produk tersebut. Oleh karena itulah supaya hal ini bisa dicegah, kita perlu menggunakan humidity absorber yang baik seperti silica gel.

Kebutuhan Pribadi

Silica juga bisa menjadi andalan Anda untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja untuk menjaga kelembaban almari, rak buku, dan lain sebagainya. Meski tak terkait dengan pekerjaan, namun kerusakan yang bisa terjadi akibat tingginya kelembaban pun bisa begitu merugikan lho. Bayangkan saja bila Anda membiarkan almari buku Anda lembab. Buku dan dokumen penting Anda yang lain bisa lapuk. Karena itulah perlu penggunaan silica.

Cara Menggunakan Silica Gel Penyerap Kelembaban

Bahan ini sangat sensitif terhadap kelembaban. Jadi ketika sudah dibuka jangan meletakkannya terlalu lama di ruangan.

  1. Segera masukkan silica ke wadah di mana Anda menyimpan benda yang ingin Anda jaga kelembabannya.
  2. Tutup rapat-rapat wadah tersebut. Silica akan menurunkan kelembaban dalam wadah dengan optimal. Jangan membuka tutup wadah terlalu sering. Anda bisa menyebabkan silica jenuh sehingga tak bisa mengikat molekul air lagi.
  3. Ganti silica secara berkala untuk menjaga kelembaban dalam wadah.

Keunggulan

  • Tidak berasa
  • Tidak berbau
  • Bersifat hidrofilik aktif
  • Aman dan tidak beracun

Data Teknis Penyerap Kelembaban Silica

  • Berat molekuler: 60,08
  • Titik didih: 2230oC
  • Titik leleh: 1610oC
  • Stabililtas: stabil

Jenis produk

Bio Industries menyediakan beragam jenis silica gel, tepatnya adalah 3 jenis produk silica gel . Ketiganya merupaka produk yang paling banyak dibutuhakan diberbagai bidang industri yaitu silica gel natural, silica gel synthetic white,  dan silica gel synthetic blue. Semua jenis produk tersebut memiliki feature fungsi dan kegunaan yang sama

Agar lebih jelas, simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Silica Natural. Silica ini tidak dihasilkan dari suatu proses sintetis di pabrik. Silica natural diambil dari seleksi ketat mineral alam yang memiliki sifat humidity absorber. Biasanya, wujud silica natural berupa butiran atau serbuk yang tidak berbentuk seragam. Warnanya seringkali abu-abu kecoklatan.
  2. Silica natural adalah yang paling aman dibanding silica lainnya. Beberapa produk silica natural, seperti silica natural Bio Industries juga sudah food grade.
  3. Silica Gel White. Silica gel white hadir dengan bentuk butiran bening yang kecil. Silica ini merupakan silica sintetis. Tingkat keamanannya tak sebaik silica alami, namun lebih baik dibanding silica biru.
  4. Silica Blue. Tipe ini adalah yang paling tidak aman dibanding yang lain. Pasalnya, sebagai indicator kejenuhan silica, digunakan bahan logam yang tak baik untuk kesehatan. Di Bio Industries kami menyediakan silica biru secara terbatas. Jadi bila Anda berminat dengan produk ini, tanyakan dulu ke CS apakah kami masih menyediakannya atau tidak.

Penyimpanan Silica

Simpan produk ini di tempat yang sejuk dan kering. Jaga agar produk tetap berada di tempatnya dan jauhkan dari air dan kelembaban.

Bisakah Mengaktifkan Silica Gel Penyerap Kelembaban Kembali?

Beberapa silica bisa diaktifkan kembali dengan cara dipanaskan. Namun kami sama sekali tidak menyarankan hal ini, sebab:

  1. Silica bisa saja rusak dengan pemanasan yang tidak tepat.
  2. Harga silica sangat murah, jadi Anda tak perlu khawatir memerlukannya dalam jumlah banyak

Kontak dan Pemesanan

Ayo beli dan gunakan silica gel penyerap kelembaban sekarang juga. Buat Anda pelaku usaha kerajinan, kolektor tas, fotografer, dan profesi lainnya, produk ini bisa memberikan sangat banyak manfaat sebagaimana disebut di atas. Untuk pembeliannya pun begitu mudah dilakukan. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan cara:

  1. Membeli secara daring dengan menghubungi Customer Service kami. Bagi Anda yang tak mau repot, silahkan pilih opsi ini. Anda tinggal menunggu saja di rumah, dan silica akan kami proses untuk dikirimkan ke alamat yang Anda kehendaki.
  2. Membeli di toko daring. Opsi ini kami buka sebab banyak pelanggan yang terbiasa belanja di online shop.
  3. Membeli secara langsung di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Silahkan kunjungi kami di Bio Service Point apabila Anda dekat dengan ketiga daerah tersebut.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan, antara lain:

  1. Silica gel adalah suatu produk humidity absorber yang bisa menurunkan kelembaban udara. Produk ini terdiri atas bahan kimia yang sangat sensitif terhadap air. Silica bisa mengikat partikel air di udara hingga ikatannya jenuh.
  2. Silica gel pun bisa digunakan oleh berbagai kalangan. Bagi Anda yang menjadi pelaku usaha, fotografer, hingga penjual, gunakanlah silica gel supaya produk terjaga kondisinya dengan baik.
  3. Di Bio Industries sendiri kami menyediakan silica gel. Terdapat beberapa varian silica yang kami hadirkan. Namun yang utama kami sarankan adalah silica natural.
  4. Silica natural tidak dibuat dari proses kimia di pabrik. Silica natural diambil dan diseleksi dari bahan alam.
  5. Silica natural bersifat food grade sehingga penggunaannya tak perlu memusingkan isu keamanan lagi.

Semoga informasi mengenai silica gel penyerap kelembaban ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya di antijamur.net.

Artikel "Antijamur Kayu BioCide"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.