Tips Mudah Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban

Aplikasikan tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban berikut ini agar rumah Anda bebas dari kerugian akibat serangan jamur. Sebab, faktor kelembaban merupakan salah satu faktor kunci tumbuh dan berkembangnya jamur.

Mengapa Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban?

Aplikasikan cara menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban.

Aplikasikan cara menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban.

Jamur adalah organisme yang memerlukan syarat tertentu untuk bisa tumbuh sebagaimana organisme lainnya. Sebagai jamur yang biasa menyerang berbagai perabot dan bagian rumah, setidaknya terdapat dua jenis jamur berdasarkan tempat tumbuhnya, salah satunya adalah jamur permukaan. Jamur permukaan mengacu pada jenis jamur yang tumbuh di permukaan lapisan cat/coating.

Keberadaan jamur permukaan di tempat Anda mengindikasikan bahwa syarat tumbuh jamur terpenuhi. Cara efektif untuk meminimalisir jamur permukaan tentu dengan membuat faktor tersebut tidak terpenuhi. Sebab, kadang aplikasi anti jamur atau fungisida saja tidak cukup. Bila kondisi lingkungan masih mendukung tumbuh-kembang jamur, maka spora jamur yang lain akan masuk lalu tumbuh dan menyebabkan kerusakan lagi.

Salah satu faktor yang bisa diatur agar jamur tidak tumbuh adalah kelembaban. Jamur hanya tumbuh pada kelembaban yang tinggi. Karenanya, menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban adalah salah satu cara rasional yang bisa Anda lakukan. Menurut US-EPA (United States- Environmental Protection Agency), Anda perlu menurunkan tingkat kelembaban di dalam ruangan sebesar 30-60% agar jamur tidak tumbuh. Bagaimana caranya?

9 Tips Mudah Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban

Tentu Anda tidak perlu benar-benar mengukur kelembaban di rumah Anda. Terdapat hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan sebagai tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Perbaiki kebocoran di rumah Anda. Masuknya air hujan lewat lubang bocor bisa menyebabkan kelembaban yang tinggi dalam ruangan.
  2. Perbaiki dinding yang rembes. Anda bisa melakukan pengecata ulang atau mengaplikasikan keramik pada tembok yang rentan rembes. Misalnya, bila tembok Anda rembes dari kamar mandi, sebaiknya bagian dalam tembok kamar mandi Anda aplikasikan dengan keramik.
  3. Bila dirasa perlu, gunakan kipas angin di kamar mandi atau di dapur pada beberapa benda yang rentan lembab dan berjamur.
  4. Segera lap bagian-bagian yang terpapar air. Misalnya, bagian kayu jendela yang terkena rembesan embun.
  5. Cara menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban selanjutnya adalah memaksimalkan penggunaan AC. Gunakan AC saat cuaca panas dan lembab sehingga spora jamur yang ada dalam ruangan tidak terpicu tumbuh.
  6. Pastikan sirkulasi udara berfungsi dengan baik. Jangan biarkan ruangan Anda selalu tertutup sehingga menyebabkan kelembaban menjadi tinggi.
  7. Basmi serangga-serangga seperti semut yang dapat menyebarkan spora jamur dalam ruangan.
  8. Bila Anda menggunakan karpet pada lantai, lakukan perawatan rutin agar ia selalu kering.
  9. Periksa dan bersihkan bagian-bagian pojok yang biasanya lebih lembab seperti bagian dalam lemari dan bagian belakang sebuah perabot. Bila perlu, gunakan humidity absorber silica gel agar kelembaban selalu terjaga rendah.

Demikian 9 tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaan di rumah Anda. Dengan menerapkan kesembilan tips di atas, semoga Anda terhindar dari paparan jamur permukaan yang merugikan.

alterntif text
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!