Tips Mudah Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban Udara

Aplikasikan tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban berikut ini agar rumah Anda bebas dari kerugian akibat serangan jamur. Sebab, faktor kelembaban merupakan salah satu faktor kunci tumbuh dan berkembangnya jamur.

Pernahkah Anda memasuki sebuah rumah lawas yang tak terawat? Atau, tak perlu rumah lawas. Coba ke ruangan di rumah Anda yang difungsikan sebagai gudang. Pada banyak kasus, ruangan-ruangan tempat penyimpanan mendapatkan perawatan lebih minim dibanding dengan ruangan rumah yang lain.

Akibatnya, jamur tumbuh merajalela di perabot hingga bagian-bagian ruangan. Ada jamur yang berwarna hitam (black mold) hingga jamur yang berwarna putih bak jamur tempe.

Penyerap Kelembaban Denpasar
Keberadaan jamur berimbas pada banyak hal, di antaranya adalah:
  1. Membuat ruangan menjadi berbau apek
  2. Menyebabkan gangguan kesehatan berupa iritasi mata, bersin-bersin, hingga asma yang parah

Secara estetika pun, ruangan yang berjamur terlihat tidak indah. Permukaan media yang berjamur biasanya licin dan terlihat berubah warna. Kondisinya diperparah bila ada serangan hama lain. Sebab setelah jamur menyerang, tak jarang hama yang lain seperti rayap dan bakteri pembusuk pun turut menyerang.

Mengapa Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban?

Jamur adalah organisme yang memerlukan syarat tertentu untuk bisa tumbuh sebagaimana organisme lainnya. Sebagai jamur yang biasa menyerang berbagai perabot dan bagian rumah, setidaknya terdapat dua jenis jamur berdasarkan tempat tumbuhnya, salah satunya adalah jamur permukaan. Jamur permukaan mengacu pada jenis jamur yang tumbuh di permukaan lapisan cat/coating.

Keberadaan jamur permukaan di tempat Anda mengindikasikan bahwa syarat tumbuh jamur terpenuhi. Cara efektif untuk meminimalisir jamur permukaan tentu dengan membuat faktor tersebut tidak terpenuhi. Sebab, kadang aplikasi anti jamur atau fungisida saja tidak cukup. Bila kondisi lingkungan masih mendukung tumbuh-kembang jamur, maka spora jamur yang lain akan masuk lalu tumbuh dan menyebabkan kerusakan lagi.

Salah satu faktor yang bisa diatur agar jamur tidak tumbuh adalah kelembaban. Jamur hanya tumbuh pada kelembaban yang tinggi. Karenanya, menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban adalah salah satu cara rasional yang bisa Anda lakukan. Menurut US-EPA (United States- Environmental Protection Agency), Anda perlu menurunkan tingkat kelembaban di dalam ruangan sebesar 30-60% agar jamur tidak tumbuh. Bagaimana caranya?

9 Tips Mudah Menghilangkan Jamur dengan Mengatur Kelembaban

Tentu Anda tidak perlu benar-benar mengukur kelembaban di rumah Anda. Terdapat hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan sebagai tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

alterntif text

1. Perbaiki kebocoran di rumah AndaMas

uknya air hujan lewat lubang bocor bisa menyebabkan kelembaban yang tinggi dalam ruangan. Kebocoran kadang juga disebabkan oleh pipa yang berlubang hingga AC yang rusak. Eksposi air dari kebocoran yang terus-menerus jelas destruktif. Selain bisa memicu jamur, eksposi air seperti ini bisa menyebabkan munculnya lumut dan pelapukan bangunan.

2. Perbaiki dinding yang rembes

Dinding rembes disebabkan oleh kualitas dinding dan atap yang tak begitu baik. Contohnya, arah atap yang terlalu menjorok atau atap yang kurang meneduhi bagian dinding. Lama-lama dinding akan rembes dan hal ini akan terlihat sangat mencolok di musim penghujan.

Anda bisa melakukan pengecata ulang atau mengaplikasikan keramik pada tembok yang rentan rembes. Misalnya, bila tembok Anda rembes dari kamar mandi, sebaiknya bagian dalam tembok kamar mandi Anda aplikasikan dengan keramik. Sedangkan bila yang bermasalah adalah atapnya, ubahlah desain atap agar lebh baik.

3. Kipas Angin

Bila dirasa perlu, gunakan kipas angin di kamar mandi atau di dapur pada beberapa benda yang rentan lembab dan berjamur. Apalagi bila ruangan tersebut memiliki ventilasi yang buruk. Eits, tak perlu non stop menyalakan kipas angina ya. Sesekali saja hidupkan kipas angina supaya udara bergerak.

4. Sedia Lap

Segera lap bagian-bagian yang terpapar air. Misalnya, bagian kayu jendela yang terkena rembesan embun. Pengelapan untuk Anda yang tinggal di daerah lembab, seperti dekat pegunungan idealnya dilakukan lebih sering.

5. AC

Cara menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaban selanjutnya adalah memaksimalkan penggunaan AC. Gunakan AC saat cuaca panas dan lembab sehingga spora jamur yang ada dalam ruangan tidak terpicu tumbuh. Ingat, suhu yang hangat bisa memicu spora tumbuh lho. Jamur yang ada juga semakin merajalela apabila suhu ruangan hangat dan lembab.

6. Sirkulasi Udara

Pastikan sirkulasi udara berfungsi dengan baik. Jangan biarkan ruangan Anda selalu tertutup sehingga menyebabkan kelembaban menjadi tinggi. Buka berkala jendela rumah Anda. Atau, pastikan di atap juga ada semacam bukaan bila Anda menerapkan desain rumah lawas.

7. Kendalikan Hama lain dan Kebersihan Diri

Basmi serangga-serangga seperti semut yang dapat menyebarkan spora jamur dalam ruangan. Ya, serangga-serangga tersebut memang secara tidak langsung bisa menjadi agen penyebar jamur. Dan Anda serta penghuni rumah yang lain pun sama saja. Anda bisa membawa spora jamur dari luar secara tak sengaja. Karenanya, pastikan kondisi diri bersih saat masuk rumah.

8. Rawat dan Bersihkan Karpet

Bila Anda menggunakan karpet pada lantai, lakukan perawatan rutin agar ia selalu kering. Karpet yang kotor dan lembab adalah sumber serangan jamur. Jamur bukan hanya akan muncul di bawah karpet lembab tapi juga menulari area dinding dan lantai di sekitarnya.

9. Pojok Ruang

Periksa dan bersihkan bagian-bagian pojok yang biasanya lebih lembab seperti bagian dalam lemari dan bagian belakang sebuah perabot. Pojok ruangan memang biasanya memiliki kelembaban yang lebih tinggi. Kotoran dan debu pun sering menumpuk di pojok ruangan. Oleh karena itulah, area ini wajib mendapatkan perhatian tersendiri.

10. Gunakan Penyerap Kelembaban

Gunakan penyerap kelembaban atau humidity absorber untuk ruangan atau area yang lembab dan tak bisa diatasi dengan cara-cara di atas. Misalnya untuk gudang, alamari Anda, hingga boks tempat Anda menyimpan benda-benda koleksi. Untuk penyerap kelembaban ruangan, silahkan gunakan silica gel . Sedangkan untuk penyerap kelembaban ruangan dan lemari besar, gunakan saja Be Dry container desiccant.

Demikian 9 tips mudah menghilangkan jamur dengan mengatur kelembaan di rumah Anda. Dengan menerapkan kesembilan tips di atas, semoga Anda terhindar dari paparan jamur permukaan yang merugikan.

Kami Sedia Silica Gel dan Be Dry Container Desiccant

Kami sedia silica dan Be Dry untuk kebutuhan Anda. Be Dry seperti disebut di atas bisa Anda gunakan sebagai penyerap kelem baban ruangan, sedangkan silica untuk penyerap kelembaban wadah kecil seperti rak almari dan wadah koleksi Anda.

Keduanya sangat aman digunakan. Silica yang kami sediakan bahkan sudah food grade. Silica kami merupakan silica natural yang diambil dari mineral alam. Penyeleksian dilakukan secara ketat sehingga efektivitasnya menyerap kelembaban sangat baik.

silica untuk tas
Silica gel yang aman Silica Gel Natural

Selain itu, kedua produk ini juga terjangkau. Sehingga Anda bisa rutin menggantinya tanpa khawatir dengan budget yang besar.

Gunakan Pembasmi Jamur BioCide SFP

Bagaimana bila jamur sudah menyerang? Karena satu atau lain sebab, jamur mungkin sudah terlanjur merusak beberapa perabot dan juga bagian rumah. Bila demikian adanya, tentu diperlukan suatu solusi tersendiri. Dan, untuk kebutuhan ini, kami menyediakan BioCide SFP atau BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Surface Film Preservative merupakan pembasmi jamur yang sangat efektif. Anda tinggal mengaplikasikannya saja di area yang terkena serangan jamur. Namun pastikan menggunakan safety tools yang memadai seperti masker dan sarung tangan.

Selain bisa dipakai untuk membasmi jamur, BioCide SFP juga bisa digunakan untuk membasmi lumut lho. Apabila pagar kayu dan mebel garden Anda terkena serangan lumut, Anda bisa mengatasinya menggunakan obat ini.

BioCide Surface Film Preservative juga dapat dicampurkan ke bahan finishing yang diaplikasikan pada kayu. Dengan pencampuran ini, lapisan finishing akan menjadi tahan terhadap jamur ataupun lumut. Sangat menarik, bukan?

Dalam kondisi ruangan lembab, aplikasi BioCide SFP tersebut pasti akan sangat membantu. Dengan BioCide SFP, spora jamur akan kesulitan menembus lapisan cat. Jamur hanya akan tumbuh di kotoran yang ada di suatu permukaan saja. Dan dengan kondisi tersebut, jamur menjadi sangat mudah dihilangkan.

Beli Silica dan BioCide di Sini Yuk!

Ayo beli silica, Be Dry, dan BioCide untuk menghilangkan jamur! Pembelian bisa dilakukan dengan beberapa opsi yang sama mudahnya. Anda bisa membeli secara daring dengan menghubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. Pilih saja kontak email, WA, atau telepon sesuai kehendak Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membeli ke Bio Service Point secara langsung. Sebagai salah satu produk woodworking Bio Industries, silica, Be Dry, dan BioCide jelas tersedia di Bio Service Point bersama dengan produk lainnya. Dengan membeli secara langsung, Anda bisa ngobrol dan konsultasi dengan CS kami juga lho. Kami bisa memberikan berbagai tips untuk membantu Anda menghilangkan jamur di rumah, mebel, hingga kerajinan.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan, sebagai berikut.

  1. Jamur bisa menyebabkan berbagai masalah bila tumbuh di gedung bangunan dan mebel dalam jumlah banyak. Jamur bisa menyebabkan asma, bau apek, hingga iritasi parah pada mata.
  2. Salah satu cara menghilangkan jamur adalah dengan menurunkan kelembaban dalam ruangan. Sebab jamur mengandalkan partikel air di udara sebagai sumber hidup.
  3. Penurunan kelembaban bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, memastikan ventilasi yang baik sampai mencegah terjadinya kebocoran.
  4. Selain itu, diperlukan juga penyerap kelembaban baik untuk ruangan seperti container desiccant, ataupun untuk wadah kecil seperti silica.
  5. Agar jamur bisa segera diatasi ketika sudah terlanjur tumbuh, jangan lupa gunakan juga BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan jamur ini bermanfaat untuk Anda ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn