pengawet kayu mahoni

Bahan Pengawet Kayu Mahoni untuk Cegah Lumut dan Jamur

Diperlukan beberapa bahan pengawet untuk membuat kayu mahoni jadi awet. Tiga di antara bahan pengawet mahoni terbaik akan dijelaskan di bawah ini.

Bila Indonesia (khususnya masyarakat Jawa) amat menyukai jati, warga Amerika memiliki kayu kesayangan tersendiri. Kayu tersebut adalah mahoni.,

Mahoni sendiri adalah tanaman tropis dari benua Amerika. Kayunya dikenal karena memiliki warna merah dengan pola serat lurus yang cantik. Pohon mahoni telah dibudidayakan di berbagai negara. Indonesia merupakan salah satunya.

Bantenprov.go.id menyatakan bahwa pembudidayaan pohon mahoni didasarkan pada kebutuhan untuk memenuhi bahan baku indutsri kehutanan. Dalam program tersebut, dilakukan program percepatan pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI), Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Rakyat (HR), serta melakukan program peningkatan produkrivitas kayu.

Jenis mahoni yang dibudayakan biasanya berasal dari spesies mahoni daun besar. Adapun secara umum, terdapat 3 varian tanaman mahogany.

  1. Honduran (swietenia macrophylla. S. macrophylla) dikenal sebagai mahoni berdaun besar. Tanaman ini berasal dari Meksiko hingga Brazil. Jenis inilah yang paling populer dan banyak dibudidayakan di dunia, termasuk di Indonesia. Kayunya secara umum memang indah dengan kekuatan yang baik.
  2. Mahoni Kuba (swietenia mahagoni) merupakan tipe mahoni asli dari Florida bagian selatan dan kepulauan Karibia. Dulu, mahoni kuba ini mendominasi perdagangan kayu mahoni di dunia. Namun, sejak perang dunia II, tingkat jual beli mahoni ini cenderung menurun.
  3. Swietenia humilis. Tipe ini memiliki ukuran yang kecil dan tberasal dari Amerika bagian tengah. Pembudidyaannya masih terbatas, dan begitu pula dengan penggunaannya. Beberapa botanis memasukkan S. humilis sebagai varian S. macrophilla.

Meskipun mahoni adalah kayu yang dikenal berkualitas, namun peningkatan keawetan tetap perlu dilakukan. Pencegahan hama, termasuk hama non insekta seperti jamur hingga lumut dapat diwujudkan dengan menggunakan 3 antihama di bawah ini.

3 Saran Bahan Pengawet Kayu Mahoni Terbaik

Antijamur Permukaan dan Lumut

Biocide Surface Film Preservative menggunakan kombinasi 2 bahan aktif. Keduanya adalah Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Dengan kedua bahan aktif ini, BioCide Surface Film Preservative atau biasa disingkat dengan nama Biocide SFP bisa digunakan untuk membasmi dan mencegah lumut serta jamur permukaan.

Pernahkah Anda melihat jamur berwarna keputihan yang muncul di permukaan mebel yang diletakkan di tempat lembab? Kira-kira demikianlah salah satu contoh penampakan jamur permukaan. Jamur permukaan pada mulanya hanya tumbuh pada noda lembab yang menempel di permukaan kayu. Namun bila dibiarkan terlalu lama, akar jamur bisa menembus lapisan finishing dan substrat kayu.

Sementara itu, serangan lumut pada kayu mahogany perlu diwaspadai pada produk-produk outdoor. Misalnya ketika kayu digunakan untuk membuat pagar, dinding luar, dek, hingga garden furniture.

Biocide SFP sendiri bisa digunakan untuk 2 fungsi:

  1. Fungsi pembasmian; dengan cara langsung diterapkan pada area yang berjamur (baca aturan pakai lebih lanjut)
  2. Fungsi pencegahan; dengan cara dicampurkan ke coating water based

Bahan Pengawet Mahoni Antisap Stain dan Bakteri Pemakan Kayu

Hama non-insekta yang menyerang kayu mahoni bukan hanya jamur permukaan dan lumut. Di luar keduanya, terdapat pula ancaman sap stain (jamur noda) dan bakteri pemakan kayu.

Sap stain dapat mengubah warna kayu mahogany menjadi kehitaman hingga kebiruan. Serangan hama ini tidak langsung membusukkan substrat akan tetapi aspek estetikalah yang diserang.

Adapun, bakteri pemakan kayu seringkali muncul ketika kayu terserang jamur. Tingkat serangan bakteri pemakan kayu memang tidak besar. Namun keberadaannya tetap berkontribusi mempercepat pelapukan.

Untuk mencegah hal ini, dapat digunakan BioCide Wood Fungicide. Fungisida tersebut perlu dioleskan atau dijadikan cairan perendam bagi kayu mahoni sebelum dilakukan finishing. Dengan cara inilah, kecantikan dan kekokohan struktur kayu dapat terjaga.

Bahan Pengawet Kayu Mahoni Penghapus Noda Jamur

Serangan sap stain kadang sudah terlanjur terjadi. Padahal bila sap stain sudah menyerang, satu-satunya yang bisa dilakukan hanyalah memotong area kayu yang sudah terinfeksi. Sebab sap stain tidak bisa dihapus atau ditutupi dengan cat (kecuali catnya dilapiskan berkali-kali).

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan WA-250 (White Agent 250). White Agent adalah produk pencerah kayu yang efektif mengembalikan keindahan natural substrat tersebut. WA-250 juga bisa bekerja dengan sangat efektif sebab tidak tergantung pada sinar matahari. Produk ini juga lebih aman digunakan karena tidak menggunakan bahan aktif hidrogen peroksida.

Agar lebih jelas, silahkan simak tabel berikut ini.

No Bahan Pengawet Bahan Aktif Fungsi Kemasan
1 BioCide Surface Film Preservative Fungisida untuk dicampurkan ke bahan finishing water based

Fungisida untuk membasmi dan mencegah jamur permukaan serta lumut

1 Kg

 

2 BioCide Wood Fungicide Fungisida untuk mencegah jamur noda (blue, black, hingga brown stain fungus) 1 Kg
3 White Agent (WA-250) Pemutih kayu untuk menyeragamkan warna kayu yang berubah akibat diserang jamur ataupun lumut 1 Kg

 

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya