ruang tamu minimalis dengan tone hijau muda dan penggunaan furniture berkualitas sekelas IKEA

Begini Cara Membuat Furniture Outdoor dengan Kualitas Sekelas IKEA

Kualitas furniture outdoor IKEA sudah pasti sangat baik. Anda juga bisa membuat produk dengan kualitas yang sama atau, paling tidak mendekati. Caranya? Anda perlu mengikuti beberapa tips kami berikut ini.

Periode 1940-an merupakan periode perang kemerdekaan bagi banyak negara di Asia. Namun tidak demikian di Eropa. Tercatat, pada 1943, seorang remaja bernama Ingvar Kamprad mendirikan perusahaan woodworking yang saat ini terkenal di mana-mana.

promo produk white agent wa-250

Perusahaan tersebut bernama IKEA, menyediakan furniture, produk dekorasi, aneka perabotan, hingga perancangan rumah dan bangunan. Kiranya, tak berlebihan mengatakan bahwa IKEA memiliki cara branding dan kualitas yang baik sehingga dapat terus mengembangkan pangsa pasarnya.

Tentang Furniture Outdoor IKEA

Berdasarkan penempatannya, furniture (mebel) bisa dibagi 2, yakni indoor furniture dan outdoor furniture. Meski sama-sama merupakan produk furniture, namun pembuatannya bisa sangat berlainan.

Furniture outdoor memerlukan bahan kayu yang lebih baik. Tingkat keawetannya harus lebih tinggi sehingga furniture tak mudah rusak, karena ditempatkan di area luar ruangan. Selain itu, lem, cat, dan berbagai bahan yang digunakan pun haruslah yang didesain untuk outdoor.

promo produk biocide insecticide

Adapun untuk produk indoor, kayu yang digunakan tak harus yang punya spesifikasi khusus seperti tahan cuaca. Kayu yang cukup bisa ditempatkan di situasi dalam ruangan yang cenderung stabil sudah bisa langsung mengisi pos ini.

Intinya adalah, untuk keperluan yang berbeda, bahan yang digunakan pun berbeda. Dan prinsip ini penting sekali diperhatikan. Bila tidak, furniture outdoor Anda bisa benar-benar kalah dengan produk furniture IKEA.

Kedatangan IKEA di Indonesia memang sempat menimbulkan sentiment negatif. Namun pada akhirnya, pasar Indonesia terbuka juga dengan gerai tersebut. Mau tak mau sebagai pelaku usaha furniture lokal, kita harus bisa membuktikan bahwa furniture dalam negeri tidak kalah dengan furniture IKEA.

Membuat Furniture yang Bagus ala Furniture Outdoor IKEA

Tapi bagaimana cara membuat furniture outdoor yang bagus selevel produk IKEA? Eits tak usah bingung.

1. Desain dan Warna

furniture outdoor IKEA unik

Hampir semua produk IKEA memiliki kelebihan dalam hal desain dan warna. Saat kita memasuki gerainya saja, mata kita akan disambut dengan jajaran furniture serta dekorasi berestetika tinggi.

Meski terlihat begitu berkelas – dan karenanya mahal- banyak pelaku usaha lokal yang merasa tidak bisa mencapai standar tersebut. Padahal sebetulnya mengaplikasikan desain dan warna yang tepat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Anda hanya perlu menambah wawasan tentang berbagai desain furniture yang ada. Anda juga bisa mendapatkan ide dengan melihat-lihat berbagai furniture dengan desain yang bagus di dunia maya.

2. Kayu yang Digunakan

Jangan menggunakan kayu yang rusak atau yang kualitasnya buruk bila Anda ingin furniture Anda bersaing dengan furniture outdoor IKEA. Anda perlu menggunakan kayu yang bagus serta bisa menjamin permintaan konsumen.

Hindarilah cara-cara yang kurang baik seperti penjualan furniture murah yang bubukan. Pada kasus-kasus tersebut, tak jarang konsumen membeli furniture yang beberapa hari kemudian sudah rusak dimakan teter serta rayap.

3. Konsep Eco-friendly Furniture Outdoor IKEA

Beragam cara bisa dilakukan untuk branding. Kegiatan branding sendiri artinya mengenalkan suatu produk di pasaran.

membuat funriture seperti kursi sofa bersaing dengan kualitas produk IKEA

Jadi, sekiranya patokan Anda adalah furniture outdoor IKEA, Anda harus memahami pola branding khas negara barat. Perusahaan Eropa adalah yang selalu berlomba-lomba membranding diri lebih ramah lingkungan dibanding yang lain. Produk furniture IKEA pun sering dibranding dengan cara demikian.

Untuk bisa mendaku eco-friendly sendiri, caranya tidak semudah menyematkan klaim tersebut pada label. Untuk pasar internasional, Anda harus benar-benar menunjukkan furniture Anda dibuat tanpa merusak alam.

Misalnya dengan menunjukkan sertifikat bahwa kayu yang dipakai bukan berasal dari illegal logging. Sementara bahan-bahan untuk membuat furniture seperti cat dan lemnya pun dipilih yang tidak mengandung bahan toksik.

4. Utilitas dan Kekuatan

Aspek utilitas dan kekuatan juga perlu diperhatikan. Sebab sebagus apapun Anda membuat sebuah furniture, namun bila fungsi dan kekuatannya kurang, tak ia akan begitu disukai pasar.

Padahal, furniture outdoor IKEA seringkali menerapkan desain yang khas Swedia, yakni minimalis. Pada desain minimalis khas Swedia, aspek fungsi selalu dikedepankan. Dan bagian-bagian furniture sebisa mungkin dibuat dengan manfaat tertentu.

5. Masa Pakai Produk

Masa pakai furniture outdoor IKEA tak perlu diragukan lagi. Produk tentu awet, baik dari serangan hama ataupun dari faktor cuaca.

Namun, keawetan bukanlah hal yang tak bisa diatur. Tingkat keawetan furniture amat ditentukan oleh pembuatnya sendiri: apakah ia hendak menggunakan kayu premium atau apakah ia akan menerapkan pengawetan atau tidak.

Idealnya, kayu yang dipakai untuk membuat furniture adalah kayu terbaik. Treatment pengawetan pun harus dilakukan dengan menggunakan bahan yang berkualitas.

kami menyarankan 2 produk sebagai cara treatment meningkatkan masa pakai furniture outdoor:

  1. BioCide Wood Fungicide: diresapkan ke kayu, berguna untuk menangkal jamur stain (jamur noda)
  2. BioCide Surface Film Preservative: dicampurkan ke bahan cat, berguna untuk menangkal dan membasmi jamur permukaan dan lumut

Aplikasi treatment pengawetan bisa membuat masa pakai furniture meningkat hingga 10 kali usia pakai normalnya. Jadi apabila Anda ingin furniture Anda bersaing dengan furniture outdoor IKEA, terapkanlah treatmen preservasi kayu dengan produk ini.