meja kerja untuk para tukang dan pengrajin kayu

Tips Membeli Meja Kerja untuk Pembuatan Furniture

Dalam artikel ini dijelaskan beberapa tips ketika akan membeli meja kerja yang sangat penting saat pembuatan furniture. Saran-saran yang dijelaskan juga akan memberi referensi terkait meja kerja ini

Meja kerja (workbench) adalah salah satu alat penting dalam pengolahan kayu. Meja ini merupakan jenis meja dengan permukaan yang datar dan rata sehingga Anda bisa mengukur, membuat pola, dan memotong kayu dengan tepat dan presisi.

promo produk white agent wa-250

Beberapa tukang dan pengrajin kayu memilih membuat meja kerjanya sendiri. Namun sebetulnya, membeli meja kerja pun bukan hal yang teramat boros karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Tips Membeli Meja Kerja

Kerja Anda dan Jenis Pekerjaannya

Coba jawab pertanyaan ini, “Apakah Anda hendak mengerjakan proyek besar untuk kebutuhan profesional? Atau Anda sekadar hobi mengolah kayu saja?”

Jenis kerja dan proyek yang Anda lakukan harus jadi pertimbangan utama saat Anda memilih meja kerja. Apalagi bila budget Anda terbatas.

promo produk biocide insecticide

Anda bisa mulai dengan coba bandingkan pengolahan furniture seperti buffet dengan pembuatan mainan anak dari kayu. Keduanya membutuhkan sarana dan prasarana yang berlainan. Begitu pula dengan sambungan yang paling sering Anda terapkan, pengukuran, penyatuan, dan lain sebagainya.

Secara umum, berdasarkan jenis kerjanya, Anda sebaiknya membeli berdasarkan level kebutuhan di bawah ini.

  1. DIY dan Penghobi Kayu. Untuk Anda yang hanya ingin sesekali membuat furniture di rumah atau memang punya hobi di bidang kayu, Anda bisa membeli meja kerja yang sederhana. Bukan berarti Anda dilarang membeli tipe yang canggih dan mahal lho. Namun, untuk kebutuhan DIY dan hobi, Anda memiliki keleluasaan memilih, termasuk memilih meja kerja yang sederhana saja. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya Anda dituntut oleh klien untuk pekerjaan profesional.
    2. Industrial. Tipe ini bisa disebut sebagai meja kerja heavy duty. Kaki meja biasanya terbuat dari baja dengan kayu berkualitas pada permukaannya. Ukuran panjangnya biasanya lebih dari 12 inchi atau 30 cm. Industrial work bench umumnya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding yang biasa. Namun spesifikasinya memang yang paling baik dan paling canggih.
    3. Tipe Tradisional. Apakah Anda memerlukan tips membeli meja kerja untuk kebutuhan usaha yang tak begitu besar? Bila iya, Anda bisa membeli tipe tradisional yang familiar bagi para tukang atau pengrajin kayu di daerah pinggiran. .

Aspek Meja Kerja

meja yang dijemur dan akan dijadikan meja kerja

Katakanlah Anda sudah memilih salah satu tipe meja kerja yang hendak dibeli. Selanjutnya, ada beberapa aspek yang perlu Anda teliti untuk memastikan kualitas meja kerja yang akan Anda beli tersebut.

  1. Kekukuhan dan kekuatan. Pastikan meja yang Anda pilih tersebut kuat dan juga kokoh. Selain agar meja kerja tersebut lebih awet, meja yang kuat juga bisa membuat pekerjaan Anda berjalan lebih lancar. Apa yang Anda kerjakan akan memiliki tingkat presisi lebih baik.
  2. Top Table atau Papan Permukaan Meja. Jenis material yang digunakan pada top table juga harus diperhatikan. Meja dengan top table laminated bukanlah meja yang bagus menurut banyak tukang dan pengrajin kayu. Begitu juga dengan yang terbuat dari baja. Top table yang bagus antara lain adalah yang terbuat dari MDF dan juga plywood.
  3. Ruang Penyimpanan. Tak afdol membicarakan tips membeli meja kerja bila tak membicarakan mengenai ruang penyimpanannya. Ingat, secara tradisional, meja kerja biasanya memiliki semacam laci atau wadah di bagian bawah sekitar kaki. Area ini membantu menjaga kekokohan meja secara keseluruhan.

Harga Meja

Harga meja kerja sangat bervariasi sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki. Jangan mudah terlena dengan harga meja kerja yang murah. Sebab, meski maksud Anda ingin hemat, bisa jadi Anda justru menjadi sangat boros dengan membeli meja kerja tersebut.

Ada baiknya, Anda membandingkan dulu harga dan kualitas suatu produk dengan yang lainnya. Bandingkan juga lokasi pembelian. Dengan demikian, Anda bisa membeli meja kerja yang benar-benar tepat.

Membandingkan Meja Kerja Portable dengan Non Portable

Di masa lalu, meja kayu hanyalah meja biasa yang digunakan para pengrajin untuk membuat berbagai kebutuhan. Wujudnya sangat sederhana dan hampir tak ada bedanya dengan meja secara umum.

Seiring berjalannya waktu, meja kerja mulai dibuat secara spesifik. Komponennya ditambah untuk mempermudah penggunaannya.

Saat ini, terdapat inovasi baru terkait meja kerja, yaitu meja kerja portable. Tipe ini memiliki ukuran kecil dan secara umum lebih mudah dibawa ke mana-mana. Harganya juga ternyata sangat bersaing.

Ukuran Meja

Tips membeli meja kerja selanjutnya adalah memastikan ukuran meja sesuai dengan luas ruangan di mana Anda hendak meletakkan meja tersebut. Jangan sampai Anda membeli meja yang terlalu besar atau malah terlalu kecil.

Coba bayangkan bila Anda memiliki usaha pembuatan mebel di pinggir jalan yang luas tokonya tak seberapa. Bila Anda membeli meja kerja besar, ruangan kerja Anda justru akan terisi penuh oleh meja kerja Anda dan Anda tidak akan leluasa bergerak. Area untuk display produk pun bisa jadi malah menjadi area meletakkan meja ini.

Selain itu, perhatikan juga tinggi meja. Ukuran meja kerja biasanya bervariasi dari 33 inchi hingga 36 inchi (panjangnya). Umumnya, para woodworker mencari meja yang bagian permukaannya setinggi jarak dari kaki ke jari-jemari mereka, sehingga mereka bisa bekerja lebih leluasa.

Para woodworker manual biasanya lebih menyukai meja kerja yang pendek, sedangkan mereka yang sering menngamplas dengan mesin menyukai meja kerja tinggi.

Ringkasan Tips Membeli Meja Kerja

  1. Meja kerja atau workbench merupakan meja khusus yang biasa digunakan oleh para penghobi dan pengrajin di bidang perkayuan.
  2. Meja kerja memiliki spesifikasi tersendiri sehingga bila kita hendak membelinya semestinya kita memilih yang sesuai dengan kebutuhan
  3. Perlu diperhatikan terkait harga meja kerja agar Anda tak tertipu oleh produk yang harganya murah namun kualitasnya jelek.
  4. Membeli berdasarkan kekokohan meja dan ukurannya. Meski sepele namun kedua hal ini ternyata penting diperhatikan.

Nah, untuk bagian meja kerja yang berbahan kayu, Anda bisa menggunakan BioCide Wood Fungicide untuk mengawetkannya dari jamur.