Si Indah Kayu Rasamala yang Perlu Fungisida Khusus

Pernahkah Anda mendengar kayu rasamala? Kayu ini adalah salah satu kayu komersil terbaik yang tumbuh di negara kita.

Sebagaimana pulau Indonesia yang jumlahnya sampai ribuan, spesies pohon dari negeri ini pun begitu banyak. Kadang, karena begitu banyaknya, kita sampai tak mengenal berbagai flora tersebut. Padahal, banyak di antaranya memiliki potensi yang besar. Salah satunya adalah kayu dari pohon rasamala. Kayu ini belum populer di masyarakat awam. Pemanfaatannya di bidang woodworking dalam negeri pun sama sekali belum optimal.

Seperti Apa Pohon Rasamala itu?

Rasamala adalah tanaman yang hidup di daerah tropis maupun daerah sub tropis. Tanaman ini bisa mencapai tinggi hingga 50 meter dan hijau sepanjang tahun (evergreen). Namun hal tersebut hanya berlaku ketika rasamala ditanam di daerah beriklim tropis. Di China yang merupakan negara beriklim subtropics, rasamala hanya bisa tumbuh sampai 20 meter saja, dan tidak bisa terus menerus mempertahankan daun-daunnya.

Bentuk tanaman ini sangat unik. Tajuk rasamala yang lebat membuatnya terlihat seperti piramida. Ia akan tumbuh di berbagai ketinggian dari ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, sampai 1700 meter di atas permukaan laut. Namun secara umum, rasamala banyak ditemukan di daerah dengan ketinggian 1000 dpl.

Di dunia, tanaman ini dikenal sebagai pohon penghasil gelondongan dengan kualitas yang baik. Selain itu, bagi masyarakat tradisional, rasamala sering dipakai untuk pembuatan obat-obat alami.

Habitat Pohon Rasamala

Di mana pohon rasamala banyak ditemukan? Sampai saat ini, rasamala sering ditemukan di benua Asia. Persebarannya mencakup Asia Timur seperti China, Asia Selatan seperti Bhutan dan India, serta Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia, serta Malaysia.

Karakter Tanaman

  1. Merupakan tanaman hijau sepanjang tahun
  2. Tinggi beragam dari 20 hingga 50 meter.
  3. Polinator menggunakan angina
  4. Paling cocok hidup di daerah dengan suhu 20 hingga 32 derajat celcius, tapi menoleransi suhu 10 hingga 40 derajat celcius.
  5. Ideal tumbuh pada curah hujan 2000 hingga 3000 mm, tapi toleran pada daerah dengan curah hujan 1200 hingga 4000 mm.
  6. Butuh sinar langsung dari sinar matahari
  7. Cocok ditanam di tanah yang mudah kering, subur, dan dengan tekstur medium hingga berat.

    pH netral sedikit asam antara 5 hingga 6, namun toleran dengan tanah ber-pH 4,5 hingga 6,5.

  8. Apabila ditanam di daerah beriklim tropis, rasamala bisa menghasilkan bunga dan buah sepanjang tahun.

Bagaimana Kualitas Kayu Rasamala?

Kayu merupakan material utama yang bermanfaat pada pohon rasamala. Kayu rasamala secara umum memiliki kualitas yang baik. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memanfaatkan kayu ini.

Ciri Khas Kayu Rasamala

  1. Terdapat perbedaan yang tak begitu mencolok antara kayu teras dengan gubal. Kayu teras memiliki warna yang lebih gelap, yakni coklat atau merah. Adapun, kayu gubal atau sapwood memiliki warna yang lebih terang dari bagian terasnya.
  2. Kepadatan kayu antara 0,6 hingga 0,85 g/cm3.
  3. Ada banyak tracheid serta jaringan serat pada rasamala.
  4. Kepadatan serat rasama tergolong tinggi, dengan panjang serat dari 1100 sampai 2700 µm.
  5. Kepadatan serat paling banyak di sisi radial dan tangensial.
  6. Rasamala mampu membentuk kayu panjang dengan percabangan yang sedikit
  7. Merupakan kayu yang tergolong sebagai kayu kelas kuat yang bagus

Fungsi dan Guna Kayu Rasamala

Seperti telah disebutkan sebelumnya, rasamala mampu menghasilkan material kayu panjang dengan bekas cabang yang tidak banyak. Dan karenanya, kayu ini pun ideal dimanfaatkan di bidang woodworking baik untuk mebel, wooden craft, ataupun untuk konstruksi bangunan. Berikut ini berbagai contoh pemanfaatan rasamala yang dilakukan woodworker di berbagai belahan dunia:

  1. Digunakan untuk membuat konstruksi kayu luar ruangan. Misalnya untuk membat tiang.
  2. Digunakan untuk membuat sarana transportasi misalnya untuk membuat jembatan serta kayu bantalan kereta api.
  3. Digunakan untuk membuat komponen alat transportasi.Digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture, baik indoor ataupun outdoor
  4. Digunakan untuk membuat beragam kayu olahan seperti kayu lapis dan veneer dekoratif
  5. Digunakan untuk membuat aneka jenis wooden craft
  6. Digunakan untuk membuat pulp atau bubur kertas
  7. Digunakan untuk bangunan seperti konstruksi atap, dinding, hingga pintu

Apa Simpulannya?

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengatakan bahwa kayu rasamala merupakan kayu dengan kualitas yang baik. Oleh sebab itulah, potensi kayu ini untuk digunakan sebagai bahan pembuat mebel sampai konstruksi bangunan sangat besr. Namun tetap saja, kayu ini memerlukan proteksi terhadap berbagai faktor yang merusak.

Dan karenanya, pemanfaatan kayu ini tetap perlu dibarengi dengan aplikasi pengawetan. Untuk pengawetan antijamur, Anda bisa menggunakan fungisida BioCide Wood Fungicide. Fungisida tersebut bisa dioleskan langsung setelah kayu ditebang, dan ketika kayu sudah dipotong sebagai kayu gergajian. Dengan BioCide Wood Fungicide, kayu tidak akan diserang jamur blue stain yang membuat warna rasamala yang indah menjadi rusak.

Selain itu, untuk proteksi antijamur yang lebih lengkap, Anda juga bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative. BioCide Surface Film Preservative adalah fungisida yang berfungsi membasmi jamur putih atau jamur lainnya yang tumbuh di permukaan mebel, lantai, hingga bahan bangunan dari kayu. BioCide Surface Film Preservative juga bisa dicampurkan ke dalam bahan finishing lho. Cat yang mulanya hanya cat biasa akan menjadi cat dengan proteksi antifungal ekstra berkat aplikasi fungisida ini.

Menarik, kan? Makanya, jangan ragu untuk segera memesan kedua fungisida tersebut. Saat ini BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative sudah bisa dipesan secara online. Pemesanan secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami di nomor kontak yang sudah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung. Caranya pun begitu mudah. Jika Anda ingin membeli secara konvensional, Anda tinggal mendatangi kami di Bio Service Point. Selain bisa membeli BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative, Anda juga bisa menengok dan membeli berbagai produk woodworking kami lainnya yang aman, murah, dan ramah lingkungan.

Kurang lebih, itulah yang bisa tim antijamur.net jelaskan mengenai kayu rasamala. Menari, ya kayu ini? Potensi rasamala sangat besar. Sayangnya, pemanfaatan kayu ini di industri pengolahan kayu nasional masih begitu minim. Padahal, kayu ini bisa digunakan untuk membuat berbagai produk mulai dari kerajinan sampai berbagai jenis furniture. Yang terpenting adalah memastikan keawetannya saja.

Untuk mengawetkan kayu tersebut pun sangat mudah dilakukan. Sebab Anda bisa menggunakan fungisida yang kami sediakan, BioCide Wood Fungicide. Kami juga sedia BioCide SFP untuk membasmi jamur di permukaan produk kayu rasamala.

Sekian, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net!

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.