Sepeda Motor Kayu : Karena Inovasi Memang Tak Ada Batasnya

Hah sepeda motor kayu? Ternyata sepeda motor memang bisa dibuat dari bahan organik. Tapi waspadalah terhadap serangan jamur yang bisa merusak kendaraan unik tersebut.

Sulistyo sebagaimana dilansir dari Kompas mendapatkan perhatian publik karena berhasil membuat sepeda motor dari bahan kayu! Sulistyo yang merupakan karyawan sebuah pabrik tersebut pun tidak bermodal banyak. Ia hanya memiliki hobi dalam bidang woodworking sampai bisa menghasilkan kendaraan yang tak biasa tersebut.

Sepeda motor Sulistyo bukan bukan sekadar pajangan. Sepeda motor tersebut bisa berfungsi sebagaimana aslinya. Tak ayal, banyak orang yang menjadi sangat tertarik dengan produk tersebut. Meski, untuk produksi sepeda motor dalam jumlah besar masih dipertanyakan. Sebab selama ini, kebanyakan sepeda yang dijual di pasaran menggunakan bahan sintetis seluruhnya.

Tips Agar Sepeda Motor Kayu Berkualitas Tinggi

Pembuatan sepeda motor dengan bahan kayu bukan hal yang mudah dilakukan. Tidak semua orang bisa melakukannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk membuat wooden motorcycle yang kualitasnya baik.

  1. Kayu yang digunakan haruslah kayu yang berkualitas. Kayu harus sudah cukup tua, dan memiliki spesifikasi tertentu supaya cocok dipakai untuk membuat kendaraan roda dua tersebut. Misalnya, kayu harus kuat dan bisa menahan beban. Kayu juga tidak boleh mudah retak sehingga ketika digunakan mudah pecah.
  2. Tingkat keamanan sepeda motor harus menjadi perhatian utama lainnya. Bahan kayu, tak bisa dipungkiri masih jarang digunakan. Dan karenanya, persoalan keamanan ini begitu tricky.
  3. Estetika. Kita tak bisa mengharapkan sepeda motor langsung terlihat indah hanya dengan penggunaan kayu saja. Untuk membuat sepeda motor dari bahan kayu yang benar-benar indah, aplikasi finishing perlu dilakukan dengan baik. Selain itu, kita juga harus bisa memilih jenis kayu yang memiliki warna dan pola yang cocok untuk kendaraan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kayu

Sepeda motor berbahan kayu hadir dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan kendaraan roda dua tersebut.

motor kayu

Kelebihan

Memberikan tampilan menarik yang tak biasa.

Lebih eco friendly atau ramah lingkungan. Sebab bahan kayu dengan mudah didaur ulang, tidak seperti polyester dan bahan lainnya yang tidak biodegradable.

Mudah dicat dengan cat kayu apabila kita bosan dengan tampilan yang lama.

Kekurangan

  1. Teknologi pembuatan yang belum banyak digunakan oleh perusahaan motor mainstream. Hal ini membuat proses pembuatan sepeda motor kayu custom menjadi hal yang sulit dan mahal.
  2. Tingkat keamanan masih dipertanyakan. Kita tak boleh sembarang menggunakan kayu tanpa menguji faktor keamanannya.
  3. Kayu adalah bahan organik. Dan bahan organik selalu rentan terhadap serangan hama seperti rayap, jamur, lumut, teter, kutu, dan masih banyak lagi.

Agar Sepeda Motor Kayu Tak Berjamur, Sediakan BioCide SFP

Seperti diterangkan di atas, pembuatan sepeda motor berbahan kayu di satu sisi memberikan keuntungan-keuntungan tersendiri. Namun di sisi yang lain ternyata juga menimbulkan beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan utama sepeda motor dari bahan ini adalah kerentanan terhadap serangan hama jamur.

Spora jamur bertebaran di udara di sekitar kita. Pada kondisi yang tepat seperti udara yang lembab, spora bisa tumbuh. Bila hanya 1 spora yang tumbuh tentu tak jadi masalah. Namun pada banyak kasus, spora jamur bertebaran sangat banyak, dan akan tumbuh bersama-sama menyebabkan kerusakan pada kayu.

motor kayu

Hal tersebut umum terjadi bila sepeda motor berbahan kayu diletakkan pada kondisi ruangan yang lembab dan panas. Atau ketika sepeda motor terkena air dan tidak segera dilap. Paparan matahari juga bisa merusak kayu dan cat, sehingga membuatnya semakin rentan terhadap serangan berbaai jenis hama seperti jamur.

Lantas, apa ya yang bisa kita lakukan?

Tenang! Pencegahan jamur pada sepeda motor kayu bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menyediakan fungisida BioCide Surface Film Preservative. BioCide Surface Film Preservative adalah fungisida andalan kami untuk mencegah jamur permukaan.

Jamur permukaan adalah jamur yang biasa tumbuh di permukaan kayu atau produk kayu. Jamur ini bila belum lama tumbuh masih bisa dihilangkan dengan cara diusap saja. Namun bila dibiarkan terlalu lama, akar jamur akan menembus kayu dan merusaknya.

BioCide Surface Film Preservative dapat digunakan untuk mengatasi serangan jamur permukaan tersebut. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggosokkannya atau mengoleskannya di bagai kayu yang ditumbuhi oleh jamur.

BioCide SFP juga Bisa Dicampur dengan Cat lho

Yang makin menarik, BioCide Surface Film Preservative ternyata juga bisa dicampur ke dalam bahan finishing atau cat lho. Dengan pencampuran dari BioCide Surface Film Preservative, cat akan memiliki proteksi ekstra terhadap serangan jamur. Jadi, meski sepeda motor diletakkan dalam ruangan yang tidak ideal (misalnya lembab), jamur tak akan tumbuh begitu saja.

Tapi tentu saja tidak semua cat bisa dicampuri dengan BioCide Surface Film Preservative. Hanya cat water based khususnya cat BioVarnish yang cocok dengan fungisida berkualitas tinggi ini.

Begini Cara Memesan BioCide SFP

Mau sepeda motor kayu Anda bebas dari kerusakan akibat serangan jamur? Bila jawaban Anda iya, yuk langsung beli BioCide Surface Film Preservative sekarang juga. Pembelian BioCide Surface Film Preservative bisa dilakukan dengan sangat mudah lho. Anda bisa membeli produk kami secara langsung ataupun secara online.

Pembelian secara langsung dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Adapun, pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan memesan viakontak CS kami sekarang juga. Kami pastikan untuk melayani pesanan Anda dengan cepat, jujur, dan pastinya profesional.

biocide sfp

Nah, kiranya, itulah yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Pembuatan motor kayu memang merupakan sesuatu yang sangat unik. Kendaraan tersebut menggunakan bahan yang tak biasa. Sebab, di saat motor lainnya memanfaatkan bahan sintetis seperti plastik dan logam, motor kayu terbuat dari bahan organik kaya selulosa. Selain unik, kendaraan tersebut pun terlihat indah dan lain daripada yang lain.

Akan tetapi, sepeda motor yang memanfaatkan bahan kayu rentan terhadap berbagai kerusakan akibat serangan serangga. Sebab bahan kayu yang kaya nutrisi selalu mengundang hama-hama pemakannya. Salah satunya adalah jamur. Spora jamur bertebaran di lingkungan kita. Dan apabila kondisinya mendukung, spora akan tumbuh menjadi jamur dewasa.

Antisipasi sudah pasti harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyediakan fungisida yang baik, BioCide Surface Film Preservative. BioCide Surface Film Preservative bisa digunakan untuk membasmi jamur dengan cepat. Selain itu, BioCide Surface Film Preservative juga bisa dicampur ke dalam cat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya. Jangan lupa segera beli BioCide Surface Film Preservative agar motor kayu tidak rusak akibat serangan jamur pengganggu.