Langkah Krusial Mengawetkan Bambu untuk Material Bangunan

Dari berbagai proses pengolahan bambu untuk dijadikan sebagai material bangunan, salah satu langkah vital adalah pengawetannya. Usaha mengawetkan bambu untuk material bangunan ini akan berdampak pada kualitas dan ketahanan bambu secara umum.

Oleh karena itulah, dalam cara pengawetan bambu ini berbagai hal harus dipersiapkan sebaik mungkin. Salah satunya, ialah pemilihan obat pengawet yang bagus. Obat tersebut harus mampu mencegah berbagai hama bambu baik itu hama jamur maupun hama serangga.,

Memanfaatkan BioCide untuk Mencegah Serangan Jamur

Obat yang bisa Anda andalkan untuk mencegah hama jamur pada bambu adalah BioCide. BioCide yang merupakan obat pengawet kayu, serat alam, dan bambu tersebut bisa memberikan perlindungan yang secara umum lebih efektif dan murah.

Fungisida Pengawet Kayu Albasia

BioCide sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa golongan, termasuk BioCide Insecticide yang merupakan antiserangga. Namun BioCide untuk mencegah jamur terdiri dari dua varian:

BioCide Wood Fungicide

Merupakan fungisida sekaligus bakterisida untuk mencegah tumbuhnya jamur noda serta bakteri pembusuk. Jamur noda adalah jamur yang secara umum dapat membuat bambu tampak bernoda hitam hingga kebiruan. Sifat noda tersebut cenderung permanen sehingga benar-benar menyebabkan nilai jual bambu turun drastis. Tindakan pencegahan adalah solusi terbaik meski kita bisa memanfaatkan White Agent 250 bila sudah terlanjur terkena.

Biocide Surface Film Preservative

Jual Pencegah Jamur Putih Di Furniture

Merupakan fungisida khusus untuk mencegah jamur permukaan atau yang biasa disebut jamur tempe. Cara aplikasinya dengan dicampur ke dalam cat. Dengan demikian, maka lapisan cat bisa lebih memproteksi bambu dari serangan jamur.

Bagaimana aplikasi kedua produk tersebut? Secara umum kita bisa mengaplikasikan 3 metode di bawah ini:

Cara Mengawetkan Bambu untuk Material Bangunan

Metode Vakum Tekan

Adalah metode ini membutuhkan merendam bambu dalam tabung vakum tekan yang bisa diatur tekanan dan kehampaan udaranya. Dengan cara ini larutan pengawet akan meresap ke dalam substrat bambu dengan lebih efektif.

Metode Perendaman

Merupakan metode pengawetan dengan merendam bambu dalam larutan obat pengawet. Efektivitas cara ini akan tergantung dari konsentrasi, lama perendaman, kondisi bambu, hingga suhu larutan perendaman.

Metode Pengkuasan dan Penyemprotan

Merupakan metode di mana larutan pengawet dibuat untuk kemudian disemprotkan atau dikuaskan pada bambu. Biasanya metode ini diaplikasikan pada bambu yang kita duga sudah diawetkan (misal bambu yang dibeli), namun kita ingin memberikan perlindungan lebih.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.