Jamur Warna Kuning di Furniture? Yuk Kenali Lebih Dekat

Bukan hal yang aneh bila Anda bertanya-tanya ketika mendapati adanya jamur warna kuning di berbagai furniture dan konstruksi kayu rumah. Biasanya jamur-jamur seperti ini tumbuh pada area yang lembab seperti area dekat kamar mandi. Tak jarang juga jamur kuning tumbuh pada kusen jendela dan plafon rumah yang atapnya bocor. Jamur sendiri sebenarnya terdiri dari banyak spesies sehingga memiliki beragam warna. Pada kasus jamur dengan warna kuning, berikut ini kelompok yang mungkin spesiesnya.

Tipe Jamur Warna Kuning

Aspergillus

jamur-warna-kuning

Aspergillus memiliki beberapa varian yang di antaranya tampak dengan warna kuning. Jenis jamur ini pun merupakan salah satu jenis jamur yang sangat umum ditemukan di rumah dan bangunan pada area sangat lembab.

Serpula lacrymans

Serpula merupakan salah satu jamur yang dapat menyebabkan kerusakan sangat parah. Bahkan jamur ini kerap dinamai sebagai jamur pemakan rumah karena secara literal memang memakan substrat kayu.

Apakah Bahaya?

Kerusakan kayu baik itu pada perabot ataupun konstruksi jelas menjadi konsen tak terhindarkan pada jamur warna kuning. Tetapi bagaimana dengan efeknya pada kesehatan?

Sebenarnya, bahaya jamur pada kesehatan tidak terkait dengan warnanya. Pasalnya, hampir semua jamur bisa menyebabkan gangguan mulai dari yang ringan hingga yang parah. Perbedaan efek ini lebih terkait dengan jenisnya, bukan penampilan visualnya.

Pada kasus Aspergillus, Anda harus waspada karena jamur ini dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Tandanya bisa diamati dengan masalah respirasi dan gatal-gatal saat terekspos. Sedangkan Serpula lacryman dapat menyebabkan kesulitan bernafas, batuk-batuk, bersin, hingga tenggorokan kering. Kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi pada dokter apabila Anda terekspos dengan intens paparan jamur tersebut.

Tips Mengatasinya

biocide-surface-film-preservative

Keberadaan jamur warna kuning atau apapun jelas harus dihilangkan sedini mungkin. Namun harus diakui, menghilangkan jamur sendiri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Pertama, kerap jamur tumbuh di area yang sulit dijangkau seperti plafon dan kayu konstruksi bagian atas. Kedua, jamur tumbuh dengan sangat cepat sehingga saat Anda sudah membersihkannya, bisa jadi muncul jamur pada area yang lain. Ketiga, spora jamur bisa dengan mudah Anda hirup saat melakukan aktivitas pembersihan. Tentu ini berbahaya apabila Anda memiliki alergi terhadap spora tersebut. Spora jamur juga dapat mengenai mata yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan membahayakan.

Alangkah lebih baik apabila Anda menyerahkan masalah ini pada mereka yang lebih handal. Jangan lupa sarankan untuk menggunakan alat-alat pelindung seperti kacamata dan masker.

alterntif text

Obat yang kami sarankan ialah BioCide Surface Film Preservative. Aplikasikan obat ini dengan cara diusapkan pada area yang ditumbuhi jamur. Dengan cara itu, cairan BioCide juga akan terserap ke dalam kayu sehingga bisa mencegah pertumbuhan jamur di masa depan. Tetapi tentu saja Anda tetap harus mengatasi sumber utama tumbuhnya jamur itu, yakni kelembaban!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn