Optimalisasi Pengaruh Kayu bagi Kesehatan dengan Treatment Pengawetan

Penggunaan kayu menunjukkan dampak yang positif bagi kesehatan. Namun demikian, dampak tersebut akan sia-sia bila kayu yang digunakan tidak melalui treatment pengawetan kayu yang baik.

Produk-produk kayu sangat umum digunakan oleh mereka yang hidup di zaman dulu. Kini, penggunaan material ini sudah banyak digantikan bahan sintetis. Plastik menjadi bahan yang banyak menggantikan kayu, bahkan mendominasi produk yang kita gunakan. Namun siapa sangka, apa yang digunakan moyang kita dulu jauh lebih menguntungkan.

Penggunaan kayu bukan hanya lebih ramah lingkungan. Namun material ini juga ditemukan bisa memberikan efek kesehatan yang baik. Setidaknya itulah yang didapat dari tiga penelitian yang dilakukan secara terpisah.

Penggunaan Kayu dalam Ruangan Terbukti Mampu Menurunkan Stress

Penelitian pertama dilakukan oleh Yuko Tsunetsugu dari Forestry and Forest Products Research Institut Jepang. Berdasarkan penelitian yang ia lakukan, akan terjadi penurunan tekanan darah saat seseorang memasuki ruangan yang 90% materialnya terbuat dari kayu.  Rendahnya tekanan darah sendiri berhubungan dengan rendanya produksi hormon adrenalin yang menyebabkan seseorang jauh lebih tenang.

Penelitian kedua dilakukan oleh pihak Department of Wood Science and Design, National Pingtung University of Science and Technology dan Department of Psychology, National Kaohsiung Medical University. Penelitian dilakukan dengan menyuruh subjek penelitian masuk ke dalam tiga ruangan. Ketiga ruangan tersebut dibuat sama persis kecuali jenis lantai yang digunakannya.

Ruang pertama menggunakan lantai keramik, ruang kedua menggunakan lantai kayu jenis maple, sedangkan ruang ketiga menggunakan lantai kayu dari jenis Inciensio. Ketika masuk, subjek segera diukur aktivitas otaknya menggunakan EEG. Mereka juga ditanya mengenai kesan-kesan yang didapat pada ketiga ruangan.

Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa kebanyakan subjek penelitian mendapat impresi lebih positif dari ruangan dengan lantai kayu. Baik ruangan dengan lantai kayu maple atau Inciensio dianggap lebih hangat, nyaman, rileks, serta disukai.

Hasil ini  sejalan dengan hasil analisis EEG. Berdasarkan analisis EEG, ditemukan peningkatan aktivitas gelombang alpha yang menunjukkan penurunan tingkat stress pada subjek penelitian.

Penelitian ketiga yang dilakukan pun memberikan hasil serupa. Pengaruh kayu bagi kesehatan semakin terverifikasi dengan penelitian Saito dari Jepang. Saito menemukan korelasi positif antara penggunaan kayu dengan tingkat stress seseorang.

Subyek penelitian yang diminta masuk ke ruangan yang terbuat dari kayu cedar Jepang ternyata mengalami penurunan stress yang signifikan. Hal itu diketahui berdasarkan analisis pada  komposisi kimia air liur subjek penelitian.

Optimalisasi Dampak Positif Penggunaan Kayu dengan Treatment Pengawetan Kayu

Penggunaan Kayu Di Rumah Sakit Diharapkan Bisa Mempercepat Kesembuhan Pasien.

Penggunaan kayu di rumah sakit diharapkan bisa mempercepat kesembuhan pasien.

Hasil positif pengaruh kayu pada kesehatan yang ditunjukkan oleh tiga penelitian di atas, memunculkan gagasan untuk menggunakan kayu sebagai material dominan di rumah sakit. Gagasan tersebut memang masuk akal mengingat penurunan tingkat stress dapat membantu proses penyembuhan pasien. Namun, realisasi gagasan tersebut, jelas tidak bisa dilakukan sembarangan.

Tidak seperti tembok dan lantai keramik yang banyak digunakan di rumah sakit, kayu memerlukan perawatan ekstra. Kayu harus dirawat dengan polish kayu seperti Biopolish Linseed Oil. Penggunaan polish kayu akan membuat estetika dan kualitas kayu senantiasa terjaga sehingga jamur, rayap, dan berbagai organisme lainnya tidak menyerang.

Selain itu, kayu yang digunakan juga harus sudah melewati proses treatment pengawetan kayu yang baik. Treatment pengawetan kayu adalah sebuah langkah yang ditujukan untuk mempertahankan kualitas kayu. Kayu yang sudah dikenai treatment pengawetan kayu diharapkan lebih tahan terhadap paparan berbagai faktor merugikan termasuk paparan organisme jamur dan serangga. Proses ini biasanya dilakukan dengan aplikasi bahan pengawet insektisida dan fungisida. Bila perawatan kayu bisa mencegah kayu rusak pada bagian di atas lapisan cat, maka treatment pengawetan kayu dapat mencegah kayu rusak dari dalam.

Dalam proses treatment pengawetan kayu ini, kami merekomendasikan Anda menggunakan  Biocide sebagai anti jamur. Biocide juga mempunyai fungsi bakterisida sehingga bisa mencegah kayu rusak akibat serngan bakteri. Fungisida ini juga bisa dilarutkan dengan air sehingga lebih ekonomis.

BioCide Wood Fungicide

BioCide Wood Fungicide adalah obat antijamur sekaligus antibakteri. Produk ini dapat Anda pakai untuk mencegah kayu diserang jamur stain dan bakteri pembusuk. Jamur stain adalah jamur yang menyebabkan noda jelek di permukaan kayu yang sulit dihilangkan. Kebanyakan jamur stain berwarna biru dan memiliki nama blue stain sap fungus.

BioCide digunakan dengan cara dilarutkan terlebih dahulu. Larutan ini bisa diletakkan dalam bak besar untuk dijadikan larutan perendaman. Atau, bisa juga diusapkan dengan kuas saja di permukaan kayu.

Biocide

BioCide Surface Film Preservative

BioCide Surface Film Preservative adalah produk pengawet kayu untuk dicampurkan ke bahan cat. Produk ini memungkinkan Anda membeli cat yang tidak memiliki antifungal menjadi lebih tahan jamur.

Seperti yang kita ketahui, cat anti fungal memiliki harga mahal. Harganya bisa berbeda hampir 50% dari cat biasa. Nah, dengan menggunakan BioCide SFP, Anda bisa membeli cat kayu yang biasa saja. Namun dengan pencampuran BioCide yang harganya terjangkau itu, cat akan tahan terhadap serangan jamur pelapuk.

Yang menarik BioCide SFP juga bersifat anti lumut lho. Produk inipun bisa dipakai sebagai pembasmi jamur dan lumut yang sudah terlanjur tumbuh. Sangat menarik bukan?

Bilang ke Tukang Bangunan Anda

Apabila Anda berencana membuat rumah atau kafe 100% terbuat dari kayu, katakanlah pada pekerja untuk mengawetkan kayu tersebut terlebih dahulu. Jadi, pengaruh kayu bagi kesehatan yang positif itu bisa Anda nikmati dengan optimal tanpa serangan hama.

Selain itu, agar semakin afdol, selalu sedia BioCide Surface Film Preservative di rumah. Jadi Anda bisa mengatasi masalah jamur dan lumut yang sudah terlanjur tumbuh dengan cepat. Tapi ingat ya, gunakan sesuai rekomendasi dan simpan di tempat yang aman.

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Biocide, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] Anda bisa membeli produk ini secara online atau secara langsung. Untuk kontak di atas, Anda bisa menghubungi dengan tujuan pembelian. CS kami yang profesional akan memandu Anda dengan profesional dan memroses pesanan Anda dengan cepat. Anda juga akan mendapatkan layanan bebas konsultasi selama menggunakan produk kami. CS atau teknisi kami akan dengan senang hati memberikan tips serta menjawab pertanyaan Anda seputar penggunaan BioCide.

Namun, bila Anda tinggal di Yogya, Jepara, atau Cirebon, jangan segan untuk membeli secara langsung saja. Sebab, kami telah hadir di ketiga kota tersebut. Anda bisa mendatangi kami di Bio Service Point. Selain bisa bertatap muka, Anda juga akan bisa menengok produk menarik kami lainnya.

Penutup

Dari penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan:

  1. Kayu merupakan bahan organik yang memiliki sangat banyak keunggulan. Bahan ini dipakai untuk membuat meja, kursi, dinding, dan lain sebagainya.
  2. Kayu, dalam berbagai penelitian, bisa memberikan dampak yang bagus. Ada pengaruh kayu bagi kesehatan yang terbukti secara ilmiah dari sekadar meningkatkan mood dan secara jangka panjang berimbas positif pada kerja jantung.
  3. Namun kayu seringkali mudah terserang hama. Bila Anda berencana membuat rumah kayu, bersiapsiaplah apabila rumah Anda terserang hama dibanding rumah biasa.
  4. Saran kami, gunakanlah pengawet yang baik untuk kayu Anda. Mintalah pada pekerja untuk mengawetkan kayu dengan BioCide sebelum difinisih.
  5. Selain itu, Anda juga perlu jaga-jaga produk pembasmi hama sekiranya ada jamur atau rayap yang menyerang. Dan dalam hal ini, kami masih merekomendasikan BioCide.

Semoga informasi ini bermanfaat! Nantikan terus informasi menarik lainnya di antijamur.net.

 

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.