log kayu hikory

Inilah Bahaya Serangan Jamur Kayu Terhadap Sifat-Sifat Alami Kayu

Bahaya serangan jamur kayu sangatlah besar bagi kekuatan kayu. Bagi para pelaku usaha kayu, saat masa pengeringan ataupun penyimpanan di gudang, sangatlah rentan terserang jamur kayu.

Dengan kondisi udara yang lembab seperti daerah di Indonesia pada umumnya, sangat memungkin untuk jamur berkembang pesat di dalam substrat maupun permukaan kayu. Sebelum mengetahui bahaya serangan jamur pada kayu dan cara paling efektif menghilangkan jamur seperti ini, kenali lebih dulu jenis-jenis jamur perusak kayu. Terdapat 3 (tiga) macam jamur perusak kayu, antara lain:

promo produk white agent wa-250

Baca Juga : Kenali jenis kayu ringan dan karakteristiknya

  1. Brown-rot, yaitu tingkat tinggi dari kelas Basidiomycetes. Golongan jamur ini menyerang holoselulosa kayu dan meninggalkan residu kecoklatan yang kaya akan lignin.
  2. White-rot, yaitu jamur dari kelas Basidiomycetes, juga menyerang holoselulosa dan lignin, menyebabkan warna kayu lebih muda dari warna normal.
  3. Soft-rot, yaitu jamur dari kelas Ascomycetes atau fungi imperfectie, menyerang selulosa dan komponen dinding sel lainnya. Akibat serangan jamur ini, permukaan kayu menjadi lebih lunak.

 

pelapukan kayu akibat jamur

promo produk biocide insecticide

Bagi para pelaku usaha kayu, yang memiliki stok kayu di gudang, seperti juga eksportir kayu, serangan jamur menjadi masalah serius. Ternyata Bahaya serangan jamur kayu sangatlah besar. Pengaruh serangan jamur terhadap sifat-sifat kayu secara umum adalah:

Baca Juga : bahaya jamur pada lemari kayu

  • Penurunan berat. Penurunan berat diduga oleh hilangnya sebagian selulosa dan lignin karena dirombak oleh jamur. Bila presentase penyerangan jamur ini tinggi, maka kayu menjadi semakin ringan.
  • Penurunan kekuatan. Serangan jamur dapat mempengaruhi sifat keteguhan pukul, keteguhan lengkung, keteguhan tekan, kekerasan serta elastisitasnya dan mengakibatkan kekuatan kayu akan berkurang. Inilah bahaya serangan jamur kayu paling besar.
  • Peningkatan kadar air. Kayu yang lapuk akan menyerap air lebih banyak dari pada kayu yang segar sehat.
  • Penurunan kalori. Nilai kalori ada hubungannya dengan intensitas serangan. Apabila intensitas pelapukan semakin tinggi maka nilai kalori semakin kecil.
  • Perubahan warna. White-rot menimbulkan warna putih, brown-rot menimbulkan warna coklat, sedangkan blue-stain menimbulkan warna hitam kebiru-biruan.
  • Perubahan bau. Umunya kayu lapuk baunya berbeda dengan kayu yang sehat. Kayu lapuk baunya lebih menyengat.
  • Perubahan struktur mikroskopis. White-rot menyebabkan dinding sel kayu makin lama- makin tipis dan akhirnya habis. Brown-rot menyerang selulosa kayu. Soft-rot hanya menyerang dinding sekunder dan bila dilihat dengan mikroskop polarisasi maka terlihat lubang-lubang spiral yang memanjang.

jamur blue stain pada kayu

Cara Paling Ampuh Mengatasi Bahaya Serangan Jamur Kayu

Selain memastikan ruangan gudang mendapat udara kering yang cukup, seperti membuka jendela secara rutin, tidak membiarkan air tergenang disekitar penyimpanan kayu serta memastikan saluran air tidak bocor, kita juga butuh obat anti jamur kayu yang berkualitas untuk mencegah pertumbuhan jamur.

 

Pencegahan jamur kayu yang efektif adalah menggunakan obat anti jamur kayu BioCide. Apabila kayu Anda sudah terlanjur terserang jamur permukaan ini, cara yang paling efektif adalah kuaskan cairan obat anti jamur kayu BioCide Wood Fungicide. Jika memiliki kayu dalam skala besar, gunakan metode rendam, spray, ataupun system vakum tekan.

biocide wood fungicide untuk jamur noda
Produk Biocide Wood Fungicide untuk perawatan kayu, bambu, dan sejenisnya

Obat anti jamur BioCIde ampuh membunuh jamur untuk kayu produksi, seperti plywood maupun kayu ekspor sebelum dimasukkan ke dalam kontainer. Lihat detail produk di sini sekarang (BioCide Wood Fungicide).

Demikian ulasan Bahaya Serangan Jamur Kayu semoga dapat membantu masalah Anda.