Jamur kayu blue stain bagi para penghobi kayu atau yang bekerja di bidang perkayuan mungkin sudah akrab dengan hama yang satu ini. Bagi yang belum yuk kenali lebih dekat.

Apa yang membuat kayu berwarna biru?

Jamur kayu blue stain ialah penyebab utama perubahan warna kayu. Jamur gelap yang mikrokospik ini, menyebabkan noda pada kayu sehingga warna aslinya hilang. Namun, tidak semu blue stain berwarna biru, bisa berubah-ubah warna jadi hitam, abu-abu hingga coklat. Kadang-kadang, perubahan warna oleh jamur ini dapat nampak merah, kuning. Oranye dan ungu pada permukaan kayu.

Apakah berpengaruh terhadap kekuatan kayu?

Blue stain tidak mempunyai efek terhadap kekuatan dan ketangguhan kayu. Struktur yang membuat kekuatan kayu tidak dapat menurun dengan drastis seiring adanya jamur blue stain.

Dapatkah kayu yang terserang blue stain digunakan?

Karena blue stain tidak dapat menurukan kekuatan kayu, kayu yang terserang blue stain dapat digunakan sebagaimana kayu pada umumnya. Biasanya kahyu yang terserang blue stain pada saat masa pengeringan atau setelah ditebang, jamur ini muncul karena kadar air yang tinggi, MC rendah dan kelembaban udara yang tinggi.

Apakah blue stain sama dengan mold (jamur tempe/jamur permukaan, biasanya berwarna putih)?

Blue stain bukanlah mold. Namun, untuk menentukan apakah kayu Anda terserang blue stain atau mold, perhatikan permukaan kayu. Jamur tempe atau mold tumbuh di atas permukaan kayu dan dapat diusap atau dilap, sedangakan blue stain tertanam ke dalam kayu dan tidak dapat dihilangkan kecuali menggunakan obat anti jamur kayu berkualitas, seperti BioCide Wood Fungicide.

Apakah jamur blue stain berpengaruh pada kesehatan kita?

Blue stain tidak menyebabkan gangguan terhadap tubuh manusia, dan kayu yang terserang blue stain aman untuk dikerjakan. Cukup gunakan perlengkapan keamanan kerja seperti biasanya, seperti: gunakan pelindung mata dan topeng ketika menggergaji kayu, Hindari inhalasi serbuk gergaji yang berkepanjangan, jika pekerjaan sudah selesai, basuh tangan Anda sebelum makan ataupun minum, terakhir cuci baju kerja Anda.

Apakah jamur kayu blue stain menyebabkan pelapukan?

Blue stain bukanlah jamur pelapuk. Jamur kayu blue stain hidup di dalam substrat kayu, tidak didalam fiber selulosa, sehingga hanya merubah warna kayu.

Adakah cara yang efektif menghilangkan jamur kayu blue stain?

Cara yang paling efektif menghilangkan jamur jenis ini ialah dengan obat anti jamur berkualitas, hasil olahan Bioindustries. Sebuah perusahaan lokal yang bergerak di bidang green chemicals. Obat anti jamur kayu berkualitas dari manufaktur itu ialah BioCide Wood Fungicide, sebuah produk ampuh menghilangkan jamur blue stain.

Jika Anda ingin mengetahi lebih jauh, lihat di sini BioCide Wood Fungicide.