Furniture Tahan Banjir? Mungkinkah?

Furniture tahan banjir terdengar begitu absurd. Namun kita bisa mengusahakan agar furniture di rumah lebih tahan banjir.

Antisipasi banjir dengan furniture tahan banjir

Hidup di wilayah yang sering terkena musibah banjir memang sangat merepotkan. Anda harus rela saat rumah dan segala isinya rusak akibat fenomena tersebut. Apalagi untuk banjir yang datang dengan cepat. Persiapan sulit dilakukan dalam kondisi tersebut. Keselamatan keluarga menjadi prioritas utama.

Furniture Tahan Banjir

Di tengah kondisi ini, tentu wajar bila kita menginginkan produk yang memiliki kriteria unggulan khusus “tahan banjir!”. Meski kedengarannya absurd, namun harapan tersebut adalah sesuatu yang wajar dan sebenarnya dapat diupayakan dengan beberapa cara. Setidaknya, kita bisa melilih benda-benda yang tidak mudah rusak terkena paparan air. Untuk furniture, beberapa hal ini bisa Anda pertimbangkan.

Furniture Kayu Solid bukan Olahan

Furniture dari bahan kayu jelas lebih menarik dibanding furniture dari bahan plastik. Saat terjadi banjir pun biasanya furniture dari kayu lebih mudah diperbaiki dibanding furniture plastik. Misalnya bila warnanya rusak, kita tinggal mengecat ulang. Hal ini tak akan bisa Anda lakukan pada furniture plastik.

Namun demikian, waspadalah terhadap sifat kayu yang lebih mudah diserang hama. Utamakan membeli furniture dari kayu solid, bukannya kayu olahan. Akan lebih baik lagi bila kayu yang digunakan memiliki kualitas baik dan sudah diawetkan dengan pengawet BioCide. Produk pengawet kayu seperti BioCide akan membuat furniture lebih terjaga dari kerusakan saat banjir.

CatTahan Jamur dengan BioCide Surface Film Preservative

Selain pemilihan bahan kayunya, pastikan furniture tersebut dicoating dengan cat yang tahan jamur. Apalagi bila cat juga dicampur dengan fungisida khusus seperti BioCide Surface Film Preservative yang mampu membuat bahan finishing water based lebih antijamur.

Penggunaan Silica Gel

Bila Anda masih sempat melakukan persiapan sebelum meninggalkan rumah, gunakanlah silica gel pada tempat-tempat yang tak terendam air namun rentan rusak karena kelembaban tinggi. Misalnya di kolom teratas almari untuk menyimpan baju-baju yang tak terbawa. Silica gel mampu menyerap kelembaban tinggi sehingga kondisi ruangan yang sangat lembab tak akan menyebabkan kemunculan jamur dan bakteri.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn