lantai berlumut

Duh, Lantai Kayu Berjamur, Bagaimana ya, Adakah Solusinya Praktisnya?

Tenang. Saat lantai kayu berjamur, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tetapi tentu saja yang terpenting adalah tahu bagaimana menghindari masalah ini di kemudian hari.

lantai-kayu-berjamur

promo produk white agent wa-250

Kecantikan lama lantai kayu kita seolah tak berbekas setelah sekian lama digunakan. Salah satu penyebabnya ialah munculnya jamur terutama di bagian pinggir dan bagian yang tertutup perabot. Kerap, pada bagian itu muncul jamur dengan ukuran besar hingga jamur-jamur sangat kecil namun banyak yang membuat warna lantai berubah.

Kesalahan kita seringkali terletak pada penyepelean atas kasus ini. Jangan salah. Berbagai jamur tersebut bila tidak segera di atas bisa merambat tumbuh ke bagian lantai kayu yang lain. Bila sudah demikian, jelas kerugian akan diderita.

Sebab jamur tidak sekedar membuat lantai tampak jelek. Jamur pada akhirnya akan merusak struktur kayu sehingga material itu menjadi lapuk. Serangan organisme ini pun sering disertai dengan serangan bakteri pembusuk yang membuat infeksi makin parah.

promo produk biocide insecticide

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Solusi Lantai Kayu Berjamur

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lantai kayu ditumbuhi jamur. Pertama, aplikasi obat antijamur atau fungisida BioCide Surface Film Preservative. Harga produk ini Rp. 98.000,- dan bisa dipesan secara online.

Biocide Surface Film Preservative cocok untuk membasmi jamur permukaan. Cirinya, jamur tersebut bersifat makroskopis dan bila diusap nodanya bisa hilang (sebagian atau seluruhnya). Biarkan beberapa saat hingga jamur dirasa sudah mati. Setelah itu bersihkan dan keringkan. Jangan lupa menggunakan alat pelindung seperti masker, sarung tangan, dan kacamata untuk keselamatan Anda sendiri.

biocide pencegah jamur permukaan

Kedua, bila noda jamur itu bersifat permanen atau tak bisa dihilangkan, gunakanlah pemutih kayu White Bleaching WA 250. Namun cara ini akan membuat bagian dari lantai kayu harus difinish ulang.

Lebih Baik Mencegah

Meskipun solusi atas lantai kayu berjamur di atas dengan mudah bisa kita ikuti, tetapi mencegahnya tetap lebih baik daripada mengatasi. Silahkan terapkan kiat di bawah ini bagi Anda yang hendak memasang lantai kayu atau Anda yang bekerja di instalasi jasa pemasangan lantai kayu (deking maupun parket).

  1. Awetkan dulu kayunya dengan BioCide Wood Fungicide. Obat ini bisa mencegah tumbuhnya jamur noda dan bakteri pembusuk.
  2. Campur cat dengan BioCide Surface Film Preservative.
  3. Lakukan rotasi penempatan perabot.
  4. Bersihkan bagian lantai di bawah perabot.
  5. Jaga kelembaban udara dalam ruangan agar tidak tinggi. Caranya dengan memastikan sistem ventilasi bekerja dengan baik.
  6. Jangan mengepel saat kondisi udara lembab (menyebabkan lantai susah kering).
  7. Gunakan bahan perawatan kayu secara berkala. Misal Biopolish Linseed Oil.
  8. Segera lap bila lantai terpapar air.
ruangan nyaman
contoh lantai kayu jati.

Ciptakan lantai menawan di dalam rumah!

Demikian tips dan solusi mengatasi lantai kayu berjamur. Semoga bermanfaat ya!