Obat Jamur Di Kayu Biocide Fungicide

Bagi pengusaha mebel maupun pengusaha kayu lainnya jamur kayu merupakan salah satu momok yang harus dihindarkan. Simak info obat jamur di kayu BioCide ini agar masalah Anda teratasi.

Keampuhan obat jamur di kayu BioCide Fungicide atau nama lainnya ialah Mircocide 100 EC ialah ampuh dan memiliki jangkau yang luas. Keampuhan obat jamur kayu pada log, sawn timber, atau apapun jenis kayu adalah dapat menghilangkan jamur substrat atau jamur pewarna kayu beberapa setelah perendaman. Berikut ini beberapa contoh kasus dan penggunaan obat jamur kayu BioCide pada media kayu seperti akasia, jati dan bambu.

Obat jamur di kayu BioCide Fungicide Untuk Kayu Akasia

Bagi Anda yang memiliki stok kayu akasia yang melimpah, serangan jamur tidak bisa terhindarkan kecuali dengan treatment khusus. Akibat jamur kayu (biasanya blue stain), warna kayu akasia yang semula cerah dapat menjadi kehitaman atau kebiru-biruan. Karena merugikan, ada teknik tertentu menghindari gejala ini salah satunya pengawetan menggunakan obat jamur di kayu BioCIde Fungicide.

Mari kita bahas mengapa kayu akasia seringkali terserang jamur substrat.

Ciri – ciri kayu akasia adalah bentuk batangnya bulat lurus, memiliki cabang banyak (simpodial), berkulit tebal agak kasar, dan kadang beralur kecil dengan warna cokelat muda. Pohon akasia dewasa tingginya dapat mencapai 30 m dengan diameter batang mencapai lebih dari 75 cm. Tajuknya menyerupai kerucut sampai lonjong. saat pohon pinus masih muda (dalam persemaian) memiliki daun majemuk ganda. Sedangkan setelah dewasa muncul daun semu tunggal (phyllodia). Lebar daun di bagian tengah antara 4-10 cm dengan panjang antara 10-26cm. Kayu akasia memiliki serat indah mirip jati. Setelah digergaji, dan dalam masa pengeringan kayu akasia sering terserang jamur noda kayu, yang menyebabkan permukaan kayu jadi tidak terlihat serat khas.

Secara umum perubahan warna kayu berarti hilangnya warna kayu atau discoloration dari cerah menjadi suram atau dari warna tua menjadi muda. Stain (wood stain, jamur pewarna kayu) adalah discoloration juga, tetapi perubahan warna kayu yang asli ke warna lain, sehingga kayu nampak suram atau shade.

Iklan Biothane utama

Christensen dan Kaufert melakukan penelitian tentang jamur kayu ini, sebagaimana tertuang dalam buku Boyce, Forest Pathology (1961), tergantung dari macam penyebabnya, stain dapat terjadi pada kayu daun jarum atau kayu daun lebar sejak kayu masin berdiri, termasuk kayu akasia, baik berupa dolok, kayu gergajian, serpihan dan bubur kayu, barang jadi dan kayu pasangan. Oleh karena serangan jamur pewarna yang tidak kenal ampun ini perlu dibasmi dengan obat jamur kayu terbaik.

Jamur pewarna kayu ini menimbulkan kerugian besar pada industri perkayuan. Meskipun untuk sementara, jamur kayu stain masih dianggap tidak menurunkan kekuatan kayu, tetapi berkurangnya keindahan kayu mengurangi peminat pemakai. Ada pendapat bahwa kayu yang terserang jamur stain juga telah terserang decay (busuk kayu) dan telah dibuktikan oleh Scheffer pada jurnalnya yang berjudul Microbiological degradation and the causal organism (1973), bahwa kayu yang terserang stain lebih mudah terserang jamur pelapuk, yang artinya akan menurunkan kekuatan kayu.

Baca juga:

Obat Anti Jamur Untuk Lemari Kayu

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Partikel

Cara Menghilangkan Jamur Pada Papan Kayu

Obat jamur di kayu BioCide untuk kayu jati gergajian.

Kayu jati sebagai komoditas yang banyak kita manfaatkan, tak lepas dari ancaman berbagai hama. Salah satunya jamur perusak kayu. Khususnya kayu jati dengan masa panen yang pendek, oleh karena itu diperlukan obat jamur kayu jati berkualitas berbasis fungisida.

Organisme perusak kayu jati dapat menyebabkan dua tipe kerusakan yang sama-sama merugikan. Pertama, kerusakan karakteristik atau ciri khas kayu. Kedua, kerusakan kekuatan asli kayu. Berdasarkan tipe kerusakannya tersebut, jamur hama kayu jati selanjutnya bisa dibedakan menjadi dua macam, yakni jamur noda dan jamur pembusuk.

Jamur noda adalah jamur yang bisa menyebabkan kerusakan keindahan kayu. Sebagaimana namanya, organisme ini mampu menimbulkan noda (warna kotor) dengan warna tertentu pada material tersebut. Contoh jamur noda yang terkenal adalah jamur blue stain. Warna noda akibat blue stain umumnya biru, hitam, hingga kecoklatan. Noda yang muncul akibat jamur ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan Anda menggosoknya. Untuk mengatasi jamur noda blue stain pada kayu jati, bisa menggunakan anti jamur berkualitas yang beerbasis fungisida. Ditambah dengan metode pengawetan kayu seperti perendaman menggunakan obat jamur di kayu BioCide Fungicide.

Meningkatkan Kekhasan Bambu Dengan Obat Jamur Di kayu BioCide

Bambu memiliki fungsi restorasi lingkungan karena kadar oksigen yang dihasilkan tinggi, setelah diolah dapat menjadi karya seni, serta dapat menjadi perabotan sederhana yang unik. Untuk mendukung keungulannya, perlu obat pengawet anti jamur untuk bambu agar tampil lebih kuat.

Batang bambu dapat dipanen setiap tahun setelah 3 smpai 5 tahun, dibandingkan dengan 30 sampai 50 tahun untuk pohon. Dengan kenaikan tahunan 10-30% dalam biomassa dibandingkan 2-5% untuk pohon, bambu dapat menghasilkan 20 kali lebih banyak kayu dari pohon-pohon di daerah yang sama.

Bambu dapat selektif dipanen setiap tahun dan melahirkan tanpa melakukan penanaman kembali. Jika dikaitkan dengan hitungan produksi furniture atau kerajinan, bambu sangat ekonomis. Dengan masa tumbuh yang cepat, dan 20 kali lipat lebih banyak dari kayu biasa, mampu menghasilkan produk bervariasi 20 puluh kali lipat pula. Dan tentu saja, harga produksi menjadi lebih murah. Selain ekonomis dan daya tarik estetis yang tinggi, kelemahan bambu adalah gampang terserang hama kayu, seperti jamur kayu, atau sering disebut wood stain.

Untuk menambah peran kita dalam melestarikan bambu dan menambah kelebihan bambu pada tingkat keawetannya, perlu melakukan pengawet bambu yang modern dengan bahan pengawet atau obat jamur di kayu untuk mengatasi jamur yang biasa tumbuh pada bambu yang dalam masa pengeringan.

Baca juga:

Inilah Fakta Tentang Jamur Pelapuk Kayu Yang Harus Anda Tahu

Yuk Kenali Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Jamur

Begini Cara Menghilangkan Jamur Pada Furniture Kayu Paling Efektif

Obat jamur di kayu BioCide Fungicide, mengatasi jamur pada segala jenis kayu dan bambu

BioCide Wood Fungicide adalah produk Biocide yang sangat direkomendasikan, kombinasi fungisida dan bakterisida berbahan aktif 2-(thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT). Produk ini efektif bekerja pada subsrat kayu dan serat alam basah untuk mencegah pertumbuhan jamur blue stain dan organisme sejenis lainnya. Produk ini sangat direkomendasikan pada bambu, dapat diaplikasikan saat kayu akasia, jati maupun bambu dalam bentuk batangan, melalui metode kuas maupun perendaman.

Keunggulan BioCide Wood Fungicide ialah mampu bekerja efektif pada substrat kayu basah untuk mencegah tumbuhnya jamur blue stain. Selain itu, merupakan kombinasi antibakteri dan antijamur. Formula sesuai kebutuhan industri woodworking, aplikasi fleksibel, ditambah lagi relatif lebih aman dan ramah lingkungan. Cocok untuk kebutuhan Anda apabila memiliki bangunan rumah bambu, gazebo, ataupun stok kayu bambu di rumah industri. Tersedia dalam kemasan ekonomis 130 gr.

Obat ini dapat dicampur air dengan perbandingan 1:1000, artinya setiap 1 kg BioCide dapat dicampur air seribu liter. Per 1000 lt air dapat menjangkau 15 meter kubik.

Bahan Dirancang Agar Aplikasi Mudah

BioCide Wood FungiCide dapat dilarutkan dengan air atau solvent (thinner, metanol, aseton, dll) atau minyak (minyak tanah, solar, terpentin, dll) sesuai kebutuhan dan karakter bahan. Jika Anda ingin segera segera menghilangkan jamur perusak kayu dengan obat jamur di kayu BioCide, dapat dipesan melalui wa & sms di 082 167 600 693.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn