Merawat Mebel Kayu Agar Awet

Produk berbahan dasar kayu seperti mebel maupun furniture memang tidak ada matinya. Produk kayu menjadi pilihan masyrakat Indonesia karena nilai estetiknya yang tinggi. Tapi kekurangan kayu menjadi momok yang harus dihindarkan dengan perawatan yang efisien. Kekurangan kayu tersebut ialah seperti tidak tahan cuaca dan kelembaban tinggi, dan juga hama kayu seperti jamur perusak kayu.

Sebelum mengetahui treatment apa yang cocok untuk mencegah jamur kayu, Anda perlu tahu dulu apa saja kerugian yang Anda peroleh jika tidak segera melakukan perawatan kayu. Mungkin jamur kayu serangan terlihat tidak separah serangan rayap. Tapi jamur sebenarnya memiliki dampak kerusakan tidak jauh beda parahnya dengan serangan rayap maupun teter, bahkan bisa lebih berbahaya serangan jamur.

Serangan jamur dapat mengakibatkan turunnya kekuatan kayu secara tiba-tiba, dan tidak kuat menahan beban berat langsung. Kenapa bisa demikian? Jamur tumbuh karena kelembaban udara tinggi, temperatur yang sesuai dan ketersediaan makan dalam kayu yang cukup banyak. Jamur kayu yang menyerang kayu terlalu lama dapat busuk dan lapuk. Dan kadar airnya tinggi membuat struktur kayu lemah.

Jamur pewarna kayu seperti blue tain, jamur pelapuk kayu, atau jamur pembusuk kayu dapat menyerang kayu yang masih belum diolah ataupun sudah diolah. Jadi sangat memungkinkan mebel kayu Anda yang sudah berdiri tegak terserang jamur kayu. Begitu juga dengan tiang kayu atau barang berbahan dasar kayu lainnya di rumah Anda atau pabrik kayu atau furniture para pengusaha kayu.

Kerusakan Kayu Akibat Jamur Yang Perlu Diwaspadai

Masalah pelapukan kayu telah dirasakan sejak manusia belajar membangun dengan kayu. Kini pelapukan kayu pada bangunan mendapat perhatian yang semakin besar karena dapat menimbulkan kerusakan bangunan hanya dalam beberapa tahun saja.

Kerusakan tersebut sering sulit atau bahkan tidak bisa diperbaiki, kecuali dengan mengganti komponen yang mengalami kerusakan tersebut. Di antara mikroorganisme yang menyerang kayu, jamurlah yang paling merusak karena dapat mengakibatkan kerusakan struktur.

Walaupun pelapukan kayu oleh jamur pelapuk kayu tidak seluas dan secepat perusakan oleh rayap, kerugian yang diakibatkan serangan jamur pada kayu dan produk kayu harus mendapat perhatian yang serius karena menimbulkan kerugian ekonomi yang nyata. Selain itu dalam rangka efisiensi pemanfaatan kayu dan menekan konsumsi kayu dari hutan, maka pelapukan kayu/ produk kayu oleh jamur harus dicegah atau diatasi.

Contoh Jenis Jamur Kayu selain jamur pewarna kayu blue stain yang merubah warna asli kayu menjadi kebiruan atau kehitaman, ada juga jamur pelapuk kayu yang sangat mungkin menyerang kayu dan membawa dampak negatif sampai plapukan ekstrim. Contoh jenis jamur pelapuk yang membawa kerugian bagi Anda adalah sebagai berikut:

  1. Brown-rot, yaitu tingkat tinggi dari kelas Basidiomycetes. Golongan jamur ini menyerang holoselulosa kayu dan meninggalkan residu kecoklatan yang kaya akan lignin.
  2. White-rot, yaitu jamur dari kelas Basidiomycetes, juga menyerang holoselulosa dan lignin, menyebabkan warna kayu lebih muda dari warna normal.
  3. Soft-rot, yaitu jamur dari kelas Ascomycetes atau fungi imperfectie, menyerang selulosa dan komponen dinding sel lainnya. Akibat serangan jamur ini, permukaan kayu menjadi lebih lunak.

Berikut Ini Bahaya Kerusakan Kayu Akibat Jamur Yang Perlu Anda Perhatikan:

Bagi para pelaku usaha kayu, yang memiliki stok kayu di gudang, seperti juga eksportir kayu, serangan jamur menjadi masalah serius. Ternyata Bahaya serangan jamur kayu sangatlah besar.  Pengaruh serangan jamur terhadap sifat-sifat kayu secara umum adalah:

  1. Penurunan berat

    Penurunan berat diduga oleh hilangnya sebagian selulosa dan lignin karena dirombak oleh jamur. Bila presentase penyerangan jamur ini tinggi, maka kayu menjadi semakin ringan.

  1. Penurunan kekuatan

    Serangan jamur dapat mempengaruhi sifat keteguhan pukul, keteguhan lengkung, keteguhan tekan, kekerasan serta elastisitasnya dan mengakibatkan kekuatan kayu akan berkurang. Inilah bahaya serangan jamur kayu paling besar.

  2. Peningkatan kadar air

    Kayu yang lapuk akan menyerap air lebih banyak dari pada kayu yang segar sehat

  3. Penurunan kalori

    Nilai kalori ada hubungannya dengan intensitas serangan. Apabila intensitas pelapukan semakin tinggi maka nilai kalori semakin kecil

  4. Perubahan warna

    White-rot menimbulkan warna putih, brown-rot menimbulkan warna coklat, sedangkan blue-stain menimbulkan warna hitam kebiru-biruan.

  5. Perubahan bau

    Umumnya kayu lapuk baunya berbeda dengan kayu yang sehat. Kayu lapuk baunya lebih menyengat.

  6. Perubahan struktur mikroskopis

    White-rot menyebabkan dinding sel kayu makin lama- makin tipis dan akhirnya habis. Brown-rot menyerang selulosa kayu. Soft-rot hanya menyerang dinding sekunder dan bila dilihat dengan mikroskop polarisasi maka terlihat lubang-lubang spiral yang memanjang.

Cara Mudah Membasmi Jamur Perusak Kayu Ataupun Jamur Pelapuk Kayu

Cara mudah membasmi atau menghilang jamur perusak kayu dibagi menjadi dua, yakni prakontruksi dan pascakontruksi. Dengan kata lain memberikan perawatan sebelum dan sesudah kayu diolah menjadi mebel ataupun bangunan.

Iklan Biothane utama

Perawatan kayu prakontruksi dapat dilakukan dengan menggunakan bahan pengawet kayu anti jamur. Bahan pengawet tersebut sebagai obat pembasmi jamur kayu. Untuk hasil yang bagus dan meningkatkan kualitas kayu harus menggunakan obat anti jamur yang berkualitas tinggi. Obat jamur yang saat ini paling dicari adalah BioCide Fungicide. Obat anti jamur untuk kayu gelondongan maupun gergajian ini sangat dicari karena keampuhannya. Selain itu juga aman dan ramah lingkungan dan memberikan perlindungan lama terhadap serangan jamur.

Penggunaan BioCide Fungicide pada tahap prakontruksi atau saat kayu masih dalam bentuk gelondongan ataupun sawn timber dapat dengan cara direndam. Kayu yang akan diberi bahan pengawet kayu anti jamur disiapkan terlebih dahulu, lalu dicelaupkan ke dalam bak perendaman selama 30-60 menit, tergantung besar konsentrasi larutannya.

Sedangkan pada tahapan pascakontruksi, atau perawatan kayu untuk mencegah jamur setelah kayu diolah menjadi mebal atau bangunan cukup mudah dilakukan. Pertama, jauhkan kondisi yang disukai jamur seperti ruangan yang lembab ataupun kurang sinar matahari. Kedua, aplikasikan produk BioCIde Film Preservative (SFP), cukup dengan kuaskan ke seluruh mebel kayu atau bangunan kayu Anda yang terserang jamur putih.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Produk Anti Jamur BioCide?

Obat pembasmi jamur kayu BioCide dapat dibeli online di bukalapak atau tokopedia. Bisa juga langsung menghubungi nomor yang tertera pada website ini untuk pemesanan langsung. Lalu produk akan dikirim via pos hingga ke rumah atau pabrik Anda. Good Chemical, Good Life!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn