BioCide Wood Fungicide, Solusi Terbaik Mencegah Jamur Blue Stain

Apa solusi terbaik untuk mencegah serangan jamur blue stain? Jamur ini memang tak merusak kayu secara struktural. Akan tetapi, ia tetap bisa menimbulkan kerugian dengan nilai fantastis.

Jamur blue stain merupakan salah satu jenis jamur hama kayu yang sering dianggap sebagai momok membahayakan. USDA Forest Service menyebutkan bahwa jamur ini tampak berwarna biru kehijauan pada permukaan kayu.

Ia berkerabat dekat dengan jamur stain (noda) lain yang sering menimbulkan berbagai warna pada kayu seperti hitam, coklat, hingga abu-abu. Dalam taksonomi, yang dimaksud sebagai jamur blue stain sendiri adalah jamur yang termasuk genus Ophiostoma dan Ceratocystis.

Efek Jamur Kayu

Kerugian yang diakibatkan jamur blue stain memang hanya bersifat estetika. Jamur ini tak akan membuat kekuatan kayu berkurang. Ia juga tidak akan membuat matrial kayu keropos seperti beberapa kelompok fungi lainnya. Akan tetapi, tetap saja nilai kerugian yang ditimbulkan jamur ini bisa sangat fantastis.

Kayu-kayu yang terserang jamur blue stain akan mengalami perubahan warna. Cacat warna ini akan mengakibatkan nilai jual kayu menurun drastis. Apalagi, bila kayu-kayu tersebut dimaksudkan untuk keperluan yang berhubungan dengan estetika seperti furniture.

Untuk mengatasi serangan jamur blue stain sendiri, caranya tidak bisa dikatakan sederhana. Anda tidak bisa mengamplas kayu yang mengandung jamur blue stain untuk menghilangkannya. Jamur blue stain adalah jamur mikroskopis yang terpenetrasi jauh di dalam substrat kayu.

Ia berada di sela-sela jaringan kayu sehingga sama sekali tak akan hilang dengan pengamplasan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi cacat warna akibat jamur ini adalah dengan mengaplikasikan pemutih kayu, WA-250.

Pemutih kayu tersebut adalah salah satu wood bleaching terbaik yang bisa Anda gunakan. White Agent tidak mengandung hidrogen peroksida dan hasil pemutihannya benar-benar tampak natural. Proses aplikasinya juga tidak tergantung pada sinar matahari.

Beberapa Kekurangan Menggunakan White Agent (WA-250)

Meski sangat baik, namun pemutihan kayu menggunakan White Agent bukan langkah yang seharusnya diambil. Sebab bagaimanapun juga, Anda harus menambah ongkos produksi serta proses untuk pemutihan.

Wa-250

Akan tetapi, ongkos yang dihabiskan jelas akan membengkak. Jadi, sebaiknya dilakukan langkah efektif untuk mencegah jamur blue stain. Jadi, sebaiknya dilakukan langkah efektif untuk mencegah jamur blue stain.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jamur blue stain. Salah satunya adalah dengan langsung mengaplikasikan treatment anti jamur kala kayu selesai ditebang dan digergaji. Apalagi pada kayu-kayu bergetah yang sangat rentan terkena serangan jamur ini seperti kayu pinus, nangka, dan mangga.

Kesuksesan treatment anti jamur sendiri sangat bergantung pada bahan anti jamur dan metode yang digunakan. Jadi pilihlah bahan anti jamur atau fungisida yang bagus, BioCide Wood Fungicide.

Alasan Memilih BioCide Wood Fungicide untuk Mencegah Jamur Blue Stain

BioCide Wood Fungicide merupakan solusi terbaik mencegah jamur blue stain. Fungisida ini menggunakan bahan aktifmethylene-bis-thiocyanate (MBT) yang sekaligus efektif membasmi beragam jenis bakteri. Produk ini bisa digunakan untuk mencegah jamur blue stain baik pada kayu, bambu, rotan, dan serat alam lainnya.

BioCide Wood Fungicide juga bisa diaplikasikan pada kayu gelondong (log) atau kayu olahan (sawn timber). Dari segi keamanannya, produk ini juga sangat baik karena tidak bermasalah saat kontak dengan manusia. Produk ini juga bisa dilarutkan dengan solvent maupun air sehingga aplikasinya terbilang mudah dan fleksibel.

Kenapa produk ini adalah produk terbaik untuk mencegah jamur blue stain? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Efektif

Bahan aktif produk ini diformulasikan secara khusus untuk melindungi kayu dari bakteri dan jamur stain. Efektivitas tersebut tidak akan Anda dapatkan pada obat jamur lain. Pasalnya, kebanyakan obat jamur di pasaran adalah obat jamur untuk jamur pembusuk, bukan blue stain.

2. Aman Digunakan Sesuai Standar Modern

Tingkat keamanan suatu produk pada masa lampau mungkin tidak penting. Pada masa lalu, banyak prdouk perkayuan yang memang toksik digunakan.

Namun saat ini zaman sudah berubah. Tuntutan masyarakat akan produk yang keamanannya baik meningkat. Begitu pula dengan peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah. Mau tak mau, usaha kita pun harus memenuhi tuntutan tersebut.

BioCide sendiri hadir dengan kualitas keamanan yang baik untuk mencegah jamur blue stain. Sehingga Anda bisa mengandalkannya untuk pengawetan kayu yang sesuai dengan tuntutan zaman modern ini.

Fungisida Biocide Wood Fungicide

3. Bisa Dilarutkan dengan Air ataupun Solvent

BioCide Wood Fungicide dapat digunakan dengan menggunakan pelarut air ataupun solvent. Fleksibilitas ini akan memudahkan banyak pelaku usaha. Mereka yang menerapkan sistem perlindungan solvent based, bisa memanfaatkan BioCide. Demikian pula mereka yang menerapkan sistem perlindungan water based, BioCide juga dapat diandalkan.

4. Tidak Merusak Kayu

Banyak produk pengawet kayu yang memang memberikan ketahanan yang bagus bahkan sempurna terhadap hama yang menyerang. Akan tetapi, di waktu yang sama, produk-produk itu menyebabkan kerusakan kayu.

Hal ini umum ditemui pada preservative yang hanya didesain dalam sistem solvent atau bahkan tergolong produk solvent itu sendiri. Oli dan bensin misalnya.

Benar bahwasanya kedua bahan itu bisa dipakai untuk mencegah hama. Akan tetapi, keduanya akan membuat kayu sulit dicat, berbau sangat tidak enak, dan bahkan lengket rentang beberapa waktu setelah diawetkan.

5. Mudah Digunakan

BioCide Wood Fungicide adalah produk yang sangat mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya dengan aneka model pengawetan. Misalnya model pengawetan dengan sistem kuas, sistem rendah, hingga vakum tekan. Pada alur produksi dalam industri perkayuan, fleksibilitas penggunaan ini akan membuat pelaku usaha mudah menerapkan BioCide sesuai keperluan dan sarana-prasarana yang dimiliki.

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Penutup

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan di artikel ini. Buat pembaca antijamur.net, ada beberapa poin yang dapat diringkas dari pembahasan di atas.

Yang pertama, bagaimanapun juga serangan jamur blue stain tak bisa diabaikan. Untuk mengatasi noda hama tersebut, Anda bisa menggunakan White Agent (WA-250). Pemutih tanpa hidrogen peroksida ini ialah solusi terbaik untuk mengatasi jamur itu.

Akan tetapi, lebih baik kita mencegah jamur blue stain daripada repot-repot mengatasi serangan yang ada. Apalagi pencegahan terhadap jamur ini sangat mudah dilakukan. Pun demikian, dengan perlindungan yang diberikan, maka kayu juga bisa terlindung dari berbagai hama yang lain seperti bakteri pembusuk.

Khusus untuk keperluan ini, BioCide Wood Fungicide adalah jawaban paling tepat untuk Anda. Produk ini telah dibuat khusus sebagai pelindung kayu dari serangan blue stain. Tingkat keamananya juga baik. Demikian juga metode aplikasinya yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.