Melindungi Furniture Kayu dari Jamur, Cara Cerdas Hindari Rugi

Kerugian besar bukan tak mungkin Anda alami bila Anda lalai tidak melindungi furniture kayu dari jamur. Organisme ini bisa membuat kayu rusak secara struktural maupun estetika.

Kelalaian Tidak Melindungi Furniture Kayu Dari Jamur Bisa Membuat Anda Rugi.

Kadang secara tidak sengaja kita menemukan tumbuhnya jamur pada beberapa bagian furniture di rumah kita. Serangan jamur tersebut bisa sangat mengganggu, terutama jamur yang tumbuh di lemari pakaian. Jamur yang tumbuh subur tersebut bukan saja merusak lemari itu sendiri, organisme ini juga bisa mengotori dan merusak koleksi baju yang kita sayangi. Dus, sudah  jelas bahwa jamur membawa kerugian. Itulah mengapa tindakan atau perlakuan untuk melindungi furniture kayu dari jamur dirasa sangat penting.

Dikutip dari Bioindustries, Secara umum ada beberapa hal yang menjadi sebab utama tumbuhnya jamur pada kayu :

  1. Jamur akan mudah tumbuh pada media dengan kelembaban yang tinggi karena pada dasarnya permukaan kayu bersifat hygroscopic (menyerap kelembaban).
  2. Sirkulasi udara yang buruk menyebabkan kelembaban “terperangkap” dalam kurun waktu tertentu dan memberi kesempatan jamur untuk tumbuh.
  3. Debu dan kotoran yang melekat pada permukaan perabot bisa menjadi media tumbuh suburnya jamur karena debu mampu menyerap kadar air dan mempertahankan kelembabannya di permukaan benda tertentu.

Sebagian dari kita mungkin merasa serangan jamur tersebut masih bisa diatasi dengan mudah. Bila kita merasa demikian, sebaiknya kita patut bersyukur lho. Pasalnya, di beberapa daerah yang lembab, kehadiran serangan jamur bisa merepotkan. Misalnya bila Anda tinggal di permahan bekas rawa, memiliki rumah di samping sungai, dan lainnya.

Perlindungan furniture kayu dari jamur harus dilakukan. Sebab, dokumen kita berupa kertas-kertas penting hingga baju dan makanan bisa cepat rusak karena hama ini. Udara ruangan pun cenderung menjadi apek akibat jamur yang tumbuh banyak di tembok.

 

Dua Cara Mencegah Furniture Kayu dari Jamur Perusak

Dengan mengetahui fakta umum seputar jamur seperti di atas maka perlu dikenal produk yang khusus diformulasikan untuk melindungi furniture kayu dari jamur. Dan di antijamur.net ini, sebenarnya kami menyediakan dua produk yang bisa Anda gunakan. Keduanya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Penyerap Kelembaban

Penyerap kelembaban, sebagaimana namanya, adalah suatu produk yang didesain untuk mengikat molekul air di udara. Sebab, seperti yang kita ketahui, kelembaban yang tinggi adalah suatu kondisi di mana terdapat banyak partikel air di udara.

Terdapat dua produk penyerap kelembaban yang kami rekomendasikan untuk melindungi furniture kayu dari jamur. Pertama adalah container desiccant, dan kedua adalah silica gel.

Container desiccant berukuran besar dan biasanya digunakan untuk menjaga kelembaban gudang serta kontainer pengiriman barang. Anda bisa meletakkannya di gudang atau di almari yang besar.

Sedangkan silica gel adalah penyerap kelembaban kecil. Dua hingga 3 kemasannya bisa Anda letakkan di laci mebel di mana Anda menyimpan sepatu, kacamata, kamera, dan lain sejenisnya.

Ketika produk ini bekerja, kelembaban udara akan berkurang. Efeknya, spora jamur tidak akan tumbuh. Dus, bisa mencegah kerusakan mebel yang disebabkan oleh hama tersebut.

2. BioCide Surface Film Preservative

Banyak perusahaan produsen furniture kayu, rotan dan bahan sejenis kayu lainnya yang sudah mengaplikasikan fungicide (produk anti jamur) dalam proses produksinya. Produk anti jamur yang kerap dipakai adalah BioCide Surface Film Preservative yang terbukti ampuh karena beberapa keunggulan yang terkandung di dalamnya.

Biocide

Produk ini merupakan film preservative anti jamur, anti bakteri dan anti lumut yang pada aplikasi praktisnya bisa dicampurkan pada cat, plester dan coating untuk sistem water based. Pada finishing solvent based, aplikasi BioCide Surface Film Preservative bisa dilakukan sebelum penerapan cat atau coating. Dengan demikian, produk ini selalu bisa diandalkan untuk jenis finishing yang Anda inginkan.

Berkaitan dengan furniture exterior yang terpapar langsung sinar matahari dan cuaca ekstrim, perlindungan film preservative dari BioCide Surface Film Preservative sangat diperlukan untuk menghadapi serangan jamur dan lumut karena paparan langsung tersebut. Sedangkan untuk furniture interior, perlindungan film preservative ini diperlukan untuk menghadapi kondisi ruangan basah dan lembab. Dengan demikian, kayu benar-benar terlindungi meski ditempatkan di berbagai kondisi lingkungan.

Tips Lain untuk Melindungi Furniture Kayu dari Jamur

Selain menerapkan beberapa saran di atas, ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda lakukan supaya membebaskan furniture kayu dari jamur. Di antaranya adalah:

  1. Selalu membersihkan mebel secara berkala. Pembersihan akan menghilangkan spora jamur atau debu yang bisa dijadikan sumber makanan untuk jamur.
  2. Selalu membersihkan ruangan secara berkala. Pembersihan ruangan juga penting dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  3. Memastikan ventilasi ruangan berfungsi dengan baik.
  4. Tidak menumpahkan air dan makanan ke mebel. Bila tumpah, harus segera dibersihkan.
  5. Menggunakan produk perawatan yang bagus untuk kayu seperti wood polish.

Dengan menerapkan hal di atas, perlindungan kayu dari jamur bisa dilakukan dengan maksimal.

Kontak dan Pemesanan Penyerap Kelembaban dan BioCide Surface Film Preservative

Yuk beli dan dapatkan BioCide Surface Film Preservative serta produk penyerap kelembaban untuk melindungi mebel dari serangan jamur. Kedua produk tersebut tersedia dan dijual di antijamur.net. Anda bisa membelinya secara online atau secara langsung.

Apabila Anda ingin membeli secara langsung, Anda tinggal ke Bio Service Point saja. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Anda juga bisa membeli kea gen kami yang tersebar di berbagai kota lainnya.

Tak ingin repot-repot? Bila Anda tak ingin direpotkan, Anda bisa melakukan pembelian secara daring. Pembelian secara daring bisa Anda lakukan dengan menghubungi Customer Service kami. Nanti, CS kami pasti akan segera memandu Anda dalam proses pembelian yang mudah dan cepat.

Nah, kurang lebih, inilah informasi yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin melindungi furniture kayu dari jamur yang merusak. Sekali lagi, bagi sebagian orang, persoalan jamur memang sepele. Namun bagi sebagian yang lain, kehadiran jamur terjadi begitu masif sehingga perlu penanganan khusus menggunakan obat antijamur yang baik.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.