Mari Mengawetkan Kayu Bahan Piano!

Kenapa harus mengawetkan kayu bahan piano? Ringkas saja jawabannya, sebab ketika alat musik tersebut terserang jamur, maka Anda akan sangat kesulitan untuk menanganinya.

piano berjamur

Ketika piano disimpan terlalu lama tanpa perawatan, tak jarang jamur-jamur akan tumbuh menyelubunginya. Kadang, jamur-jamur tersebut bisa dihilangkan hanya dengan dilap saja. Tapi tak jarang juga, jamur-jamur itu sudah mengakar ke dalam kayu sehingga sangat sulit untuk diatasi.

Penyebab tumbuhnya jamur tersebut biasanya berasal dari kotoran yang menempel di atas piano yang terkombinasi dengan lembabnya udara. Kedua faktor itu akan dengan cepat direspon spora jamur untuk menginisiasi pertumbuhan. Bila cepat ditangani, jamur masih bisa diatasi saja. Tapi bila dibiarkan terlalu lama, rizhoma (bagian mirip akar) dari jamur akan merasuk ke dalam lapisan cat hingga kayu piano itu sendiri.

Cara Mengatasinya?

Bagaimana cara mengatasi piano yang berjamur? Pertanyaan ini sulit dijawab apabila jamur sudah terlanjur merusak kayu. Pasalnya, pemberian fungisida atau obat pembasmi jamur pada alat musik tersebut dapat merusak komponen piano lainnya. Banyak pakar alat musik ini yang menyarankan agar tidak dilakukan pemberian bahan-bahan kimia.

Jelas kondisi ini sangat merugikan. Apalagi bila terjadi pada usaha jual beli piano yang mengharuskan dilakukannya proses penyimpanan atau pengiriman dalam waktu lama.

Mencegah dengan Mengawetkan Kayu Bahan Piano

Supaya persoalan di atas tidak perlu Anda hadapi, sebenarnya sejak awal bisa dilakukan penanganan sejak dini. Pertama, tentu saja Anda harus membersihkan dan menjaga kelembaban ruangan di mana piano itu diletakkan.

biocide-surface-film-preservative

Kedua, obati sejak awal kayu bahan piano. Dengan pemberian obat antijamur pada piano diharapkan ketika ada jamur menyerang, kerusakan yang terjadi tidak sampai pada substrat tersebut sehingga lebih mudah ditangani.

Penggunaan cat yang tahan jamur juga bisa menjadi solusi sangat baik. Untuk proteksi lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan cairan khusus antijamur untuk dicampur dalam cat. Contohnya BioCide Surface Film Preservative. Fungisida ini memang dikhususkan untuk dicampur dalam bahan finishing water based. Tujuannya supaya lapisan finishing benar-benar tahan terhadap serangan jamur. Sehingga, meskipun jamur tumbuh pada kotoran di atas lapisan cat, organisme itu akan kesulitan merusak hingga ke dalam lapisan cat.

alterntif text

Yuk mengawetkan kayu bahan piano supaya bebas jamur!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn