piano berjamur

Cara Mencegah Piano Berjamur dan Solusi Efektif yang Direkomendasikan

Kala piano berjamur, apa yang bisa kita lakukan? Tenang, ada solusi yang bisa Anda lakukan sekaligus berbagai tips supaya masalah ini tak menyerang alat musik Anda.

piano berjamur

promo produk white agent wa-250

Akibat disimpan terlalu lama, tak jarang alat musik seperti piano berjamur. Untuk mengatasinya sebenarnya tergantung tingkat kerusakan yang terjadi.

Bila sudah terlalu parah, Anda lebih baik mencari bantuan ahlinya seperti dengan meminta bantuan jasa reparasi piano. Tetapi bila kerusakannya masih bisa diatasi, lap saja jamur yang tumbuh pada piano tersebut. Selanjutnya, pastikan agar hal yang sama tidak menyerang.

Mencegah Piano Berjamur

Untuk mencegah piano ditumbuhi jamur, harus dipahami dulu faktor penyebabnya. Sebenarnya sama seperti organisme lain, spora jamur baru akan tumbuh apabila kondinya ideal.

promo produk biocide insecticide

Keidealan ini bisa disebabkan karena tersedianya makanan dari kotoran yang menempel di piano dan ketersediaan air yang berasal dari udara lembab dan sumber lainnya. Sehingga, proses pencegahan piano ditumbuhi jamur pun bisa dilakukan dengan memastikan tak ada ketersediaan air dan makanan (debu dan kotoran).

Solusinya jelas sangat sederhana, yakni dengan membersihkan piano secara berkala dan menjaga supaya  selalu kering. Namun kedua hal ini tak bisa selalu kita pastikan. Misalnya saat piano ditinggal dalam waktu lama atau Anda menjalankan bisnis piano di mana alat ini harus sering dikirim dan disimpan. Bila caranya demikian, pencegahan piano berjamur harus dilakukan dengan usaha yang lebih ekstra, yakni dengan:

Pengawetan Kayu untuk Piano

membeli piano second

Caranya ialah dengan menggunakan obat antijamur pada kayu bahan piano. Metode yang dilakukan bisa dengan cara-cara sederhana seperti perendaman. Jadi, Anda tinggal merendam kayu untuk piano ke dalam larutan fungisida seperti BioCide Wood Fungicide.

Penggunaaan Cat Antijamur

Selain treatment pengawetan, gunakan juga cat antijamur pada piano. Bila perlu campurkan cat tersebut dengan BioCide Surface Film Preservative. BioCide Surface Film Preservative adalah obat antijamur yang dibuat khusus supaya bisa dicampur dalam cat water based.

Mudah bukan? Yuk, lakukan cara-cara di atas supaya piano tidak berjamur!