bahaya rumah mulai muncul jamur

Cara Cerdas Hindari Kerusakan Plafon Rumah dengan Trik Sederhana ini

Salah satu bagian rumah yang harus benar-benar diperhatikan kondisinya adalah plafon. Sebabnya kerusakan plafon rumah seringkali skalanya menyeluruh. Kerusakan di satu bagian saja mengakibatkan kita harus mengganti seluruh bagian.

kerusakan plafon rumah

promo produk white agent wa-250

Idealnya, plafon rumah adalah bagian atau komponen yang berfungsi membuat rumah lebih indah dan menurunkan fluktuasi (perubahan) suhu pada bangunan tersebut. Namun realitanya, kerap terjadi kerusakan pada bagian ini.

Alasannya banyak. Salah satunya fungsi plafon yang secara tak langsung menampung rembesan atau bocoran air hujan dari atap. Seharusnya kondisi ini tak terjadi. Tetapi mau tak mau kondisi inilah yang kerap menjadi masalah pemilik plafon.

Masalah lain yang tak jarang menghampiri adalah diserangnya plafon oleh serangga-serangga perusak kayu. Biasanya ini terjadi bila kita menggunakan material seperti tripleks sebagai bahan langit-langit.

promo produk biocide insecticide

Mulai dari totor atau kumbang bubuk hingga rayap secara perlahan akan menggerogoti bagian rumah tersebut dan menyebabkan kerusakan permanen bahkan keruntuhan plafon.

Sulit Diatasi

Yang mengkhawatirkan karena letaknya di atas, kerusakan pada bagian ini sulit diatasi oleh orang awam seperti kita. Sering harus dipanggil jasa perbaikan bangunan untuk mengatasi berbagai kerusakan pada plafon rumah tersebut. Biaya yang dikeluarkan tentu besar. Tetapi tetap lebih baik dibanding bila kita mendiamkannya tanpa perbaikan sama sekali. Sebab keselamatan keluargalah yang menjadi taruhan.

Mencegah Kerusakan Plafon Rumah

plafon rumah bocor

Sebenarnya, kita bisa meminimalisir kerusakan plafon bila kita mau sejak awal terlibat memperhatikan pemasangan bagian tersebut. Misalnya, secara spesifik kita meminta supaya digunakan bahan yang berkualitas untuk plafon.

Hindari juga tripleks dari kayu-kayu yang rentan hama. Dan bila perlu, aplikasikan obat pengawet pada tripleks sebelum dipakai menjadi plafon. Penggunaan obat pengawet ini diharapkan membuat plafon Anda tak disukai bahkan toksik pada hama seperti rayap dan kumbang bubuk.

Cara lain yang tak kalah penting adalah memastikan atap benar-benar terpasang dengan baik. Ingat, salah satu penyebab rusaknya plafon rumah adalah kebocoran yang diakibatkan buruknya pemasangan atap. Kebocoran bisa berakibat pada plafon rumah yang berjamur dan berlumut.

Tak ingin menghadapi kerusakan plafon rumah bukan? Yuk, cerdas saat memasang komponen ini!