Cepat dan Mudah! Begini Solusi Hilangkan Lumut di Permukaan Semen

Pernahkah Anda melihat pagar yang baru dibangun tapi tak lama kemudian ditumbuhi lumut? Hal seperti ini juga sering terjadi pada sumur luar ruangan, jembatan, gapura, dan tembok eksterior. Lantas bagaimana solusi hilangkan lumut di permukaan semen?

Keberadaan lumut menyebabkan kesan kotor, kumuh, dan tak terawat. Bahkan kadang-kadang, tumbuhnya lumut menyebabkan kesan angker.

Lumut sendiri sebetulnya adalah organisme yang sangat menarik. Bersama dengan paku, organisme ini adalah organisme perintis. Sebagai perintis, Anda bisa menemukannya tumbuh di area di mana tumbuhan sulit tumbuh. Permukaan semen hanyalah salah satunya.

Permukaan semen yang keras dan minim nutrisi menjadi area di mana lumut dan paku sering ditemukan. Kemampuan menakjubkan ini, sayangnya, sekali lagi kadang berdampak buruk pada manusia. Selain menyebabkan kesan yang kurang menarik, lumut juga bisa menyebabkan pelapukan.

Kerugian yang harus dibayar? Jelas tidak sedikit.

Kita mungkin tak menyadari ini. Tapi coba bayangkan, bila ada 100 pagar sekolah dibangun di sebuah provinsi. Namun, pagar itu cuma dibuat dari batu-bata dan semen tanpa pelapisan cat. Sebab perlu anggaran baru yang goal-nya perlu birokrasi berbelit.

Sebagai akibatnya, pagar ditumbuhi lumut. Kesan kumuh pun akan terlihat. Bila tak segera dihilangkan lalu diatasi, tentu pagar harus diplester ulang. Dan karenanya, budget untuk keperluan ini pun bertambah.

solusi hilangkan lumut

Tak ingin hal seperti ini terjadi dan terus dibiarkan, bukan? Oleh sebab itulah, kita harus mengatasinya. Untuk caranya, kami punya 5 langkah solusi buat Anda.

5 Langkah Solusi Hilangkan Lumut di Semen

1. Bersihkan dan Basmi dengan BioCide SFP

Yang pertama harus kita lakukan jelas membersihkan dulu lumut yang menempel di permukaan semen. Dan untuk kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP.

Iklan Biothane utama

BioCide SFP adalah fungisida serta antilumut yang diformulasikan dengan efektif mengatasi hama jamur serta lumut. BioCide SFP bisa digunakan dengan cara dikuaskan di area yang berlumut. Silahkan gunakan sarung tangan dan alat keamanan lain, lalu aplikasikan BioCide SFP.

Tunggulah hingga efek BioCide mulai terlihat dengan terbasminya lumut. Setelah itu, baru ikuti langkah kedua.

Anda mungkin bertanya, kenapa tidak menyikat habis lumut saja? Kenapa harus menggunakan BioCide SFP?

Jawabannya, karena penyikatan atau penggosokkan tidak akan membasmi lumut dengan efektif. Cara tersebut tidak memusnahkan spora lumut ataupun seluruh lumut. Bila Anda cuma menyikat permukaan, maka beberapa hari kemudian pun, spora lumut sudah akan muncul lagi.

Oleh sebab itulah diperlukan obat lumut khusus. Dan untuk solusi hilangkan lumut di semen yang efektif, maka BioCide Surface Film Preservative adalah jawabannya.

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

2. Bilas dan Keringkan Semen

Setelah aplikasi BioCide SFP berjalan sukses, bilaslah permukaan semen dengan air. Dan hilangkan sisa lumut yang sudah terbasmi namun masih menempel.

Kemudian, yang perlu Anda lakukan setelahnya adalah memastikan permukaan tersebut siap untuk dicat. Dalam hal ini, baik itu pagar, lantai, jembatan, dan lainnya harus bersih dan kering.

Loh, kenapa harus dicat?

Bukan hanya harus dicat. Idealnya, cat yang digunakan juga cat yang bagus. Sehingga tidak ada serangan lumut lagi. Selain itu, apabila memungkinkan, Anda juga perlu menggunakan cat dengan feature anti lumut.

BioCide SFP sendiri bisa Anda gunakan lagi untuk keperluan ini. Anda bisa memakai BioCide untuk dicampurkan ke dalam coating. Dengan cara ini, Anda tak perlu membeli cat anti lumut yang harganya biasanya sangat mahal.

3. Aplikasikan Plamir pada Semen

Aplikasi plamir menjadi langkah ketiga solusi hilangkan lumut di semen. Plamir berfungsi mempersiapkan cat warna pada tembok. Dengan plamir, pengecatan dengan cat tembok warna akan lebih cepat dan hemat.

Sebaliknya, bila Anda tak menggunakan plamir, maka cat tembok yang harus diaplikasikan jauh lebih banyak. Sebab cat tembok warna juga harus menutupi permukaan semen yang lama.

4. Aplikasikan Cat, Campurkan dengan BioCide Surface Film Preservative

Setelah plamir, saatnya menerapkan cat tembok dengan warna kesukaan Anda. namun sebelumnya, supaya cat memiliki feature anti lumut, sebaiknya campurkan dulu BioCide Surface Film Preservative sebagaimana disebut di atas.

Setelah dicampurkan sesuai aturan pakai, aplikasikan cat dinding tersebut ke permukaan yang dikehendaki. Aplikasikan secara merata supaya hasilnya bagus dan juga protektif. Dan voila, Anda pun sukses menerapkan salah satu langkah pada solusi hilangkan lumut di semen ini.

5. Lakukan Refinishing secara Berkala

Selesai mengecat? Bila iya, selamat! Anda baru saja memberikan perlindungan sekaligus solusi hilangkan lumut di semen dengan efektif. Namun demikian, perlu dipahami bahwa Anda perlu melakukan pengecatan secara berkala.

Refinishing bukan hanya akan memberikan proteksi ekstra, namun juga akan memberikan kesan baru seperti sedia kala.

Bagaimana bila Anda ngotot tak mau mengecat ulang? Bila Anda menolak melakukan pengecatan ulang, maka kesan kumuh jelas akan terlihat. Cat yang kotor dan mengelupas juga akan membuat kesan yang tak terawat.

Lumut pun akan merajalela. Sebab lapisan cat yang sebelumnya melindunginya, kini sudah “expired” atau habis masanya.

Sebab, lapisan cat pasti akan mengalami kerusakan setelah periode tertentu. Ada produk cat yang tahan 2 tahun, 5 tahun, namun ada juga yang hanya tahan 6 bulan. Bila periodenya sudah sampai, maka kita harus melakukan refinishing.

Kontak dan Pemesanan untuk Optimalkan Usaha Hilangkan Lumut di Permukaan Semen

Kami menyediakan obat lumut yang bagus, BioCide Surface Film Preservative untuk Anda. Produk tersebut bisa Anda dapatkan secara online atau secara langsung. Bila Anda ingin membeli secara online, silahkan hubungi Customer Service kami. Sedangkan bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point atau agen-agen yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Simpulan: Tentang 5 Langkah Solusi Hilangkan Lumut di Permukaan Semen

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan, antara lain:

  1. Lumut adalah organisme perintis sebagaimana paku. Sebagai organisme perintis, ia sering ditemukan tumbuh di area di mana tanaman biasa sukar tumbuh.
  2. Salah satu area di mana organisme ini banyak ditemukan adalah di permukaan semen, baik itu permukaan lantai, dinding yang belum dicat, jembatan baru, pagar, dan lain sejenisnya.
  3. Keberadaan lumut bisa menyebabkan kesan yang kurang estetik. Selain itu, bila dibiarkan terus-menerus, maka lumut bisa menyebabkan pelapukan (pembusukan).
  4. Sebuah solusi untuk mengatasi hama ini jelas harus diambil. Kita perlu membasmi lumut yang terlanjur tumbuh lalu mengecat permukaan benda supaya tak ditumbuhi lumut lagi.
  5. Untuk membantu mewujudkan solusi hilangkan lumut di semen ini, Anda bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative. Produk ini adalah racun lumut dengan kualitas terbaik.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Nantikan terus berbagai informasi menarik yang lainnya di antijamur.net.

 

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn