Mana Lebih Bagus antara Bangku Taman Besi vs Kayu? Ini Jawabannya

Mana yang lebih bagus, bangku taman besi vs kayu? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini supaya Anda bisa memperoleh garden furniture dengan kriteria sesuai selera.

Garden furniture bukan sekadar mebel yang diletakkan di taman saja. Memang, kita bisa dengan mudahnya menaruh sofa dan meja ke halaman depan. Setelah itu, kita bisa berleha-leha di sana menikmati bebungaan cantik yang kita tanam.

Namun demikian, sejatinya, garden furniture adalah kategori mebel yang spesifik. Perusahaan mebel atau pengrajin mebel individual akan secara khusus mempertimbangkan berbagai hal untuk membuat furniture ini.

Misalnya:

  1. Material kayu. Mebel yang diletakkan di luar ruangan haruslah menggunakan bahan kayu yang awet dan sudah ditreatment dengan pengawet kayu yang bagus.
  2. Desain. Desain mebel seharusnya cocok untuk menunjang aktivitas di taman misalnya duduk-duduk menikmati matahari atau sekadar melakukan piknik outdoor

Penting sekali mempertimbangakan aspek keawetan ataupun keindahan kala membeli jenis mebel ini. Hal ini pun berlaku saat Anda hendak membeli salah satu tipe garden furniture yang terkenal, yakni bangku taman.

pallet-kayu-bangku-taman

Bangku taman sebagaimana namanya ialah furniture yang didesain untuk tempat duduk lebih dari 1 orang, tanpa bantalan permanen, dan didesain untuk outdoor. Bangku taman bukan hanya bisa digunakan untuk menunjang aktivitas outdoor Anda, namun juga bisa memperindah taman itu sendiri.

Dibanding mebel taman yang lain, pada umumnya harga bangku juga lebih terjangkau. Ia pun cocok saja untuk menghias taman yang ukurannya kecil ataupun besar.

 

Bangku Taman Besi vs Kayu

Apabila Anda hendak membeli bangku taman, berbagai pertimbangan jelas harus diambil. Salah satunya adalah material yang dipakai. Dalam hal ini, ada dua pilihan yang biasanya harus Anda tentukan: besi vs kayu. Ya, sebab kedua bahan itulah yang biasanya digunakan untuk membuat “garden bench.”

alterntif text

Bingung memilih yang mana? Agar bisa memutuskan dengan tepat, coba simak perbandingan keduanya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Bangku Taman Besi

Kelebihan

  1. Lebih kuat dibanding substrat organik kayu
  2. Memberikan kesan yang khas
  3. Lebih kokoh
  4. Meski bisa dirusak hama, namun efeknya tidak separah seperti yang terjadi pada kayu
  5. Lebih berat sehingga lebih aman dari potensi pencurian

Kekurangan

  1. Potensi berkarat yang bukan hanya jelek, tapi sangat membahayakan kesehatan. Karat bisa masuk mata atau terhirup menimbulkan efek yang tidak baik
  2. Bobotnya yang berat memang membuat bangku tidak mudah dicuri. Namun, bangku juga lebih sulit untuk dipindahkan
  3. Seringkali, harganya lebih mahal dibanding bangku kayu

Di atas kita telah membahas mengenai plus minus bangku besi. Agar berimbang menilai bangku taman besi vs kayu, silahkan simak plus minus wooden garden bench berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Bangku Taman Kayu

Kelebihan

  1. Memberikan kesan organik atau natural yang indah dan sangat khas
  2. Semakin tua, kadang bangku justru terlihat semakin indah. Terutama bangku dari kayu seperti jati
  3. Pada umumnya lebih ringan sehingga lebih mudah dipindahkan
  4. Tidak menyebabkan pengkaratan yang membahayakan
  5. Lebih aman dan ramah lingkungan

Kekurangan

  1. Lebih mudah terserang hama, baik itu hama serangga ataupun hama jamur
  2. Masa pakai yang lebih pendek dibanding bangku taman dari bahan logam
  3. Tidak berkarat, akan tetapi substrat kayunya bisa berubah warna menjadi sangat jelek.

Jadi Mana yang Unggul? Bangku Taman Besi vs Kayu?

Jadi manakah bangku yang lebih baik? Yang dari bahan logam seperti besi? Atau dari bahan kayu?

Jawabannya sebenarnya tergantung selera Anda serta kualitas tiap bangku. Misalnya begini, Anda diminta memilih antara bangku kayu dengan bangku besi yang kualitasnya medium. Anda sendiri mementingkan aspek keawetan.

Bila dilihat dari perbandingan di atas, logam jelas lebih awet dibanding kayu. Tapi apakah lantas Anda memutuskan membeli bangku besi saja?

Jelas jangan. Bagaimana bila bangku kayunya terbuat dari kayu jati unggulan? Bagaimana bila bangku kayunya terbuat dari kayu ulin yang terkenal tahan banting?

Jadi, kita harus bisa memutuskan sesuai kondisi yang berlaku saat itu. Kelebihan dan kekurangan bangku taman besi vs kayu di atas memang bisa dijadikan panduan, namun secara general. Misalnya, Anda benar-benar tak mau mebel yang berkarat. Jadi, silahkan pilih bangku kayu saja.

Apapun Pilihannya Waspada Serangan Jamur dan Lumut

Yang sebenarnya tak kalah penting adalah perawatan bangku yang Anda beli. Tak dapat dipungkiri bahwa kondisi outdoor, terutama di negara tropis adalah kondisi yang sangat menantang. Apabila Anda tak merawat bangku, kerusakan yang cepat pasti akan terjadi.

bangku taman besi vs kayu

Loh, kan bisa beli bangku besi saja yang tak dimakan hama? Mungkin ada yang berpikir demikian.

Tapi, pandangan itu jelas salah. Bangku besi dan logam lainnya juga bisa dirusak hama, terutama lumut. Lumut memang tidak memakan nutrisi besi. Namun lumut akan tumbuh di atas permukaan bangku besi yang bernoda. Noda itulah yang menjadi sumber makanan bagi lumut. Kelembaban yang tinggi pun menyediakan air bagi lumut untuk tumbuh.

Makin lama, lumut akan semakin banyak ditemukan. Besi yang awalnya baik-baik saja menjadi semakin lembab akibat hama ini. Kelembaban itu memicu proses oksidasi yang berjalan cepat. Sehingga pada akhirnya, bangku taman besi pun rusak berkarat sebagaimana bangku kayu yang lapuk dimakan hama yang sama.

Lalu, apa solusi yang bisa diambil? Eits, jangan salah. Tersedia produk andalan kami yang bisa Anda gunakan.

BioCide SFP untuk Bangku Taman Besi vs Kayu

Produk andalan kami tersebut adalah BioCide Surface Film Preservative atau biasa disingkat BioCide SFP. Produk ini merupakan produk multifungsi yang bisa digunakan untuk mengatasi jamur sekaligus lumut. Anda bisa:

  1. Menggunakannya untuk membasmi lumut dan jamur yang terlanjur tumbuh di bangku
  2. Mencampurkan BioCide SFP ke bahan cat water based agar cat menjadi tahan jamur dan lumut

Kedua fungsi itu membuat BioCide sangat bisa diandalkan untuk keperluan perawatan bangku taman besi vs kayu. Apalagi, produk ini pun unggul dalam hal efektivitas, keamanan, dan kemudahan pemakaiannya.

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

Kontak dan Pemesanan

BioCide SFP adalah produk yang telah menjadi andalan pelaku usaha Indonesia. Produk ini sudah lama digunakan untuk pengelolaan restaurant, hotel, hingga industri furniture. Anda pun bisa segera menikmati keunggulan produk ini. Silahkan pesan saja ke CS kami yang kontaknya tersedia di website ini. Atau, bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa kea gen dan Bio Service Point.

Penutup

Bangku taman besi vs kayu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang penting adalah memastikan keduanya tidak dimakan hama lumut yang destruktif. Dan untuk itu, Anda selalu dapat mengandalkan produk kami, BioCide Surface Film Preservative.

Semoga artikel ini bermanfaat!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn