Apapun Jenis Jamur yang Menyerang Permukaan Kayu, Gunakan BioCide Surface Film Preservative!

jenis jamur yang menyerang permukaan kayu

Kenali musuh kita untuk memenangkan pertandingan! Kalimat klasik itu rupanya belum bisa dibantah kebenarannya. Kita yang bekerja di industri perkayuan pun dituntut untuk mengenali musuh-musuh usaha ini, termasuk musuh dari golongan hama. Salah satu hama yang wajib kita antisipasi ialah jamur. Berikut ini jabaran lebih lengkap mengenai berbagai jenis jamur yang menyerang permukaan kayu tersebut.

Apa itu Jamur Penyerang Permukaan Kayu?

Jamur penyerang kayu sebenarnya bisa dibagi menjadi dua kelompok secara garis besar. Salah satunya ialah jamur penyerang permukaan kayu. Sedangkan yang lain ialah jamur yang tumbuh dalam substrat kayu. Pada jamur yang hidup di permukaan kayu, ciri utama yang biasa terlihat ialah: (1) Ukurannya yang makroskopis; (2) Secara fisik bisa dihilangkan dengan cara digosok meski bisa tumbuh lagi; (3) Menimbulkan kerusakan struktural dan estetika.

Kelompok ini, selanjutnya bisa dibedakan berdasarkan tampilannya. Misalnya dari segi warna, kita bisa mendapati kelompok jamur permukaan yang berwarna putih, biru, coklat, hingga hitam.

Apa Penyebab Pertumbuhannya?

Penyebab tumbuhnya berbagai jenis jamur yang menyerang permukaan kayu sangat beranekaragam. Sebagai organisme atau makhluk hidup pada umumnya, organisme seperti ini memiliki syarat hidup tertentu. Misalnya saja suhu yang ideal, ketersediaan air, hingga sumber makanan.

Di lingkungan kita tinggal, jelas suhu sudah sangat ideal bagi jamur untuk hidup. Sehingga tinggal tersedia dua syarat hidup lainnya yakni ketersediaan air dan sumber makanan agar organisme itu tumbuh dan berkembang dengan baik. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa untuk mencegah jamur pada kayu, kita harus bisa menekan kelembaban udara ruangan dan melakukan pembersihan secara berkala.

Tapi bagaimana kalau jamur sudah tumbuh?

Mengatasi Jenis Jamur yang Menyerang Permukaan Kayu dengan BioCide Surface Film Preservative!

bahan kimia pengawet kayu

Untuk mengatasi jamur yang sudah tumbuh, kita bisa mengaplikasikan fungisida yang khusus didesain untuk jamur permukaan BioCide Surface Film Preservative. Produk ini tinggal dilarutkan lalu diaplikasikan pada permukaan kayu yang berjamur untuk membasmi organisme tersebut. Dengan cara ini, bukan hanya jamur yang mati tetapi spora yang jadi cikal bakal jamur tumbuh pun juga akan terbasmi.

Setelah aplikasi bahan tersebut, kami juga menyarankan Anda untuk melakukan finishing ulang dengan cat berbasis air yang dicampur BioCide Surface Film Preservative. Jadi kedepannya, Anda bisa meminimalisiri serangan jamur permukaan, apapun jenisnya.

Iklan Biothane utama
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn