5 Penyebab Jamur Tumbuh pada Furniture yang Harus Anda Tahu!

Apa yang menjadi penyebab jamur tumbuh pada furniture? Jawabannya banyak. Namun dari ke semua jawaban itu, secara umum kita bisa menyebut poin-poin seperti adanya sumber air, adanya sumber makanan, suhu optimal, dst.

permukaan

Mebel dan produk kayu lainnya memenuhi syarat di atas apabila ia dibiarkan dalam kondisi tertentu. Misalnya, mebel dibiarkan kotor sehingga jamur memiliki sumber makanan, dibiarkan basah sehingga terdapat air, dan seterusnya. Dari sini, bisa dijelaskan apa saja yang sekiranya menjadi penyebab umum tumbuhnya jamur pada furniture di rumah. Berikut ini beberapa di antaranya:

Beberapa Pengebab Jamur Tumbuh pada Furniture

Kelembaban Udara Tinggi

Kelembaban udara yang tinggi bisa membuat spora jamur tumbuh karena sama saja dengan menyediakan air pada organisme tersebut. Spora jamur yang kecil bisa mendapatkan molekul air dari udara langsung atau dari kelembaban udara yang mengembun pada saat suhu sedang dingin. Solusi untuk mencegah masalah ini ialah dengan memastikan ventilasi bangunan berfungsi dengan baik dan menggunakan penyerap kelembaban (bila perlu). Misalnya penggunaan silica gel natural di dalam lemari.

jamur-permukaan-kayu

Kelembaban tinggi bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.

Dekat dengan Sumber Air

Selain karena faktor kelembaban yang bersifat umum, bisa saja mebel diserang jamur karena diletakkan pada daerah-daerah tertentu. Misalnya saja daerah yang dekat dengan kamar mandi yang potensi terkena airnya sangat tinggi.

Tidak Dibersihkan secara Teratur

Pembersihan secara teratur sangat penting dilakukan. Pembersihan akan menghilangkan kotoran yang menempel pada furniture dan membuat kita bisa sedini mungkin mengetahui apabila ada jamur yang sudah menyerang. Ingat, saat membersihkan mebel, lihat juga bagian dalam dan samping dalamnya. Selain itu, bagian mebel yang menghadap dinding juga wajib diutamakan.

Dibersihkan tapi Tidak Higienis

Tak jarang mebel sudah dibersihkan namun cara pembersihannya salah. Akibatnya aktivitas itu sia-sia karena mebel masih tidak higienis. Justru hal ini membuat jamur makin berpotensi tumbuh. Apalagi bila pembersihan dilakukan dengan air yang tidak dikeringkan sempurna. Jadi, selalu pastikan untuk melakukan pembersihan dengan cara yang baik dan benar.

alterntif text

Kondisi Mebel yang Sudah Rusak dari Sananya

Mungkin Anda tak begitu menyadari, tapi banyak juga kasus di mana jamur tumbuh bukan karena kesalahan Anda, melainkan kesalahan dari produsennya. Contoh yang jelas bisa dilihat pada tumbuhnya jamur di bawah lapisan cat, yang mengindikasikan bahwa serangan itu berasal dari dalam kayu. Biasanya hal itu terjadi saat kayu yang digunakan tidak diawetkan dengan antijamur dulu. Atau diawetkan dengan antijamur tapi obatnya tidak berkualitas.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn