5 Tips Penting agar Pergola Tak Mudah Rusak

Cantiknya taman atau halaman rumah kita akan lebih lengkap dengan hadirnya pergola. Bangunan peneduh ini akan membuat aktivitas outdoor lebih nyaman dan optimal bahkan di tengah siang yang terik sekalipun.

pergola-bagus

Cara untuk membuat bangunan ini pun tidak sulit. Bila kita lihat dari strukturnya, ia tidak sekompleks gazebo. Konsepnya sebagai tempat berteduh demikian simpel. Namun justru di situlah letak kelebihan bangunan ini.

Dengan desainnya yang secara umum sederhana, kita pun bisa mencoba membuatnya sendiri. Bayangkan saja family time yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas tersebut. Tentu asyik bukan? Namun bila kita tidak punya banyak waktu, menyewa jasa profesional pun tak masalah. Tak perlu khawatir juga dengan biayanya. Sebab bangunan ini mudah dan cepat dibuat, apalagi oleh para ahli.

Namun demikian, mudahnya pergola dibuat tidak sejalan dengan keawatan bangunan ini. Sebagai bangunan yang diletakkan di taman, ia rentan rusak karena perubahan cuaca, serangan serangga seperti rayap, totor, semut, dan sebagainya, hingga serangan jamur. Kita perlu mengatasi kondisi ini dengan kiat-kiat efektif. Apa sajakah itu?

5 Saran agar Pergola Awet

Perawatan Rutin

pergola

Lakukan pembersihan sekaligus pengecekan secara rutin. Sehingga serangan hama bisa diminimalisir dan diketahui sejak dini.

Penggunaan Alas

Penggunaan alas akan meningkatkan daya tahan setiap bangunan. Dengan langkah ini, maka kelembaban tidak akan langsung merusak bagian bawah yang rentan menimbulkan jamur.

Pengawetan Bahan Bangunan

Bila pergola Anda memanfaatkan kayu dan bambu, maka aplikasikan dulu treatment pengawetan atau preservation. Pada tahapan treatment tersebut, diresapkan obat serangga dan obat jamur. Saran kami, gunakanlah BioCide. Selain efektif, produk tersebut juga memang telah didesain khusus agar bekerja efektif pada substrat kayu.

biocide

alterntif text

Cat Tahan Lama dan Refinishing

Lapisan cat bisa memberikan perlindungan. Dengan demikian, aplikasikanlah treatment finishing terutama dengan bahan yang memiliki ketahanan dari cuaca dan hama. Saat cat mulai rusak, segera lakukan pengecatan ulang. Jadi, tidak ada jeda yang bisa dimanfaatkan hama untuk menyerang substrat kayu.

Lem yang Bagus

Bahan perekat juga wajib jadi perhatian. Pilih bahan perekat untuk outdoor dan memiliki daya rekat kuat.

Kelima saran di atas sebenarnya sangat mudah dilakukan. Jadi, usahakan untuk menerapkannya demi kebaikan Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn