Pengawetan Bambu Laminasi dengan BioCide sebagai Special Treatment

Kualitas memainkan penting dalam dunia usaha. Untuk mewujudkan kualitas bamboo lamination yang baik, salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah melakukan spesial treatment pengawetan bambu laminasi tersebut.

Trend bambu laminasi akhir-akhir ini semakin disukai. Hasil teknologi yang terhitung baru tersebut memawarkan kecantikan etnik yang berbeda dibanding produk bambu sebelumnya. Kita bisa melihat sampel-sampel keindahannya pada mebel, dinding, hingga hiasan-hiasan dekoratif. Menyusul kayu laminasi, bambu laminasi pun makin sering dicari orang. Bahkan mengingat suplay kayu yang masih saja kurang, bambu laminasi digadang-gadang menjadi opsi alternative wood lamination.

Penggunaan kayu yang begitu berlebihan memang telah mengancam wood lamination. Hingga hari ini saja, hampir tak pernah kebutuhan kayu di pasar tercukupi. Penyebabnya beragam. Selain kebutuhan akan material tersebut yang memang tinggi, lahan untuk ditanami pohon berkayu juga terus menyempit.

biaya pengawetan bambu (2)

Bahkan saat ini aktivitas illegal loging untuk mendapatkan kayu dilakukan dan telah merusak keberadaan hutan-hutan lindung. Trend penggunaan bambu laminasi diharapkan bisa membantu pasar mengatasi masalah tersebut tanpa menyebabkan kerusakan alam.

Ada Kelebihan, Ada Kekurangannya

Masuknya bambu laminasi dalam industri furniture ataupun bidang konstruksi bangunan sejatinya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagian kelebihannya telah disebutkan di atas. Beberapa keunggulan bamboo lamination lain yang tak kalah penting adalah:

meja bambu laminasi

  1. Tampilan khas yang cenderung lebih “asia” sehingga memiliki target market lebih spesifik baik di dalam ataupun di luar negeri
  2. Harga yang pada umumnya lebih terjangkau
  3. Secara umum lebih ringan sehingga lebih mudah ditransportasikan kemana-mana
  4. Bambu laminasi juga memiliki kekurangan-kekurangan tersendiri. Dan ini tak bisa dilepaskan dari dua hal. Pertama, karakter bambu yang biasanya memang tak sekuat dan seawet kayu. Bambu lebih rentan diserang berbagai jenis hama dan lebih mudah rusak ketika terpapar faktor-faktor seperti kelembaban, suhu, dan sinar matahari.
  5. Teknologi bambu laminasi yang baru juga masih perlu perbaikan di sana-sini. Sehingga nantinya diharapkan semakin murah dan semakin efisien dalam produksinya. Dan tentu saja diperlukan usaha agar teknologi dan produk bambu laminasi semakin familiar di masyarakat.

Tapi Treatment Pengawetan Bambu Laminasi Harus Dilakukan!

Seperti disebutkan di atas, salah satu kekurangan bambu adalah sifatnya yang lebih rentan rusak. Dan karenanya bambu memerlukan treatment khusus sebelum bisa diolah.Treatment yang dimaksud adalah treatment pengawetan. Pada treatment tersebut, digunakan obat antihama untuk diresapkan ke dalam bambu.

bambu kena jamur

Jamur blue stain pada bambu.

alterntif text

 

Fungsinya sederhana namun efektif. Antihama diharapkan membuat bambu tidak berjamur dan tidak diserang serangga seperti totor dan rayap. Bahkan pada bambu, pemberian perlindungan ini secara umum lebih penting dibanding treatment serupa pada kayu. Sebab, bambu memang lebih mudah dirusak berbagai organisme.

Prinsip dari treatment pengawetan adalah mencegah terjadinya kerusakan. Treatment dilakukan agar proses pengolahan bambu lancar dan tidak menghasilkan produk cacat. Kecacatan bisa berupa munculnya jamur noda maupun lubang-lubang akibat serangga seperti rayap. Kondisi cacat ini mengkhawatirkan karena selain bisa membuat nilai jual turun juga akan menyebabkan proses regulasi untuk ekspor berbelit-belit. Sebab pihak imigrasi negara tujuan pasti melarang masuk adanya produk dengan hama di dalamnya (bioterorisme).

Spesial Treatment Pengawetan Bambu Laminasi dengan BioCide Wood Fungicide!

biocide

Agar treatment yang Anda lakukan tidak sia-sia, gunakan BioCide Wood Fungicide sebagai antijamur. BioCide Wood Fungicide adalah antijamur noda yang bisa mencegah blue stain, white stain, black stain, dan sebagainya. Obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah organisme pembusuk seperti bakteri pelapuk bambu.

Tahukah Anda mengenai jamur stain? Jamur mikroskopis ini mampu menyebabkan noda permanen pada bambu. Serangannya pun cepat, sehingga langkah awal treatment harus dilakukan sejak bambu dipotong. Cukup oleskan saja sebagai treatment pencegahan awal. Untuk treatment utama, lakukan setelah bambu dipotong atau dalam bentuk gelondongan dengan cara direndam dalam BioCide. Dengan cara ini, bambu akan benar-benar terlindung dari serangan jamur.

Finishing dengan BioCide Surface Film Preservative

Aplikasi BioCide Wood Fungicide akan membuat kayu menjadi tahan terhadap serangan jamur noda. Di luar itu, perlindungan terhadap jamur pembusuk dan jamur permukaan semestinya juga diterapkan. Apalagi bambu memang lebih mudah diserang wood decaying fngus dibanding kayu.

Beberapa jenis jamur pembusuk yang perlu diwaspadai antara lain:

  1. Jamur pembusuk putih yang menyerang bagian lignin sel kayu. Alhasil yang tersisa adalah selulosa yang berwarna kekuningan atau keputihan.
  2. Jamur pembusuk coklat yang menyerang bagian selulosa kayu. Alhasil yang tersisa adalah bagian lignin yang berwarna coklat
  3. Jamur pembusuk lembut yang membusukkan kayu dahn mengubahnya menjadi struktur lembut dan “spongy”

Jamur pembusuk mulanya hanya tumbuh di permukaan suatu benda karena kelembaban yang tinggi. Namun bila dibiarkan terus-menerus, jamur ini bisa merusak bambu laminasi. Sebab itulah perlu dilakukan pencegahan terhadap hama ini. Dan untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa mengandalkan BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP.

bambu
contoh serangan jamur pada bambu

BioCide SFP bisa diterapkan dengan cara diaplikasikan langsung ke area yang berjamur. Selain itu, produk ini juga bisa dicampurkan ke bahan finishing yang akan diterapkan ke bambu laminasi. Yang menarik, BioCide SFP juga bisa mencegah tumbuhnya lumut lho. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan bambu laminasi untuk outdoor, pengawetan bambu laminasi dengan BioCide SFP sangat kami rekomendasikan.

Keunggulan BioCide sebagai Pengawet Bambu

Kami merekomendasikan BioCide Wood Fungicide dan BioCide SFP bukan tanpa alasan. Kedua produk tersebut memang memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh produk pengawet yang lain. Hasil pengawetan bambu laminasi dengan BioCide juga menunjukkan nilai yang lebih baik dilihat dari berbagai aspeknya.

Supaya lebih rinci, berikut ini beberapa keunggulan BioCide sebagai pengawet bambu laminasi.

  1. Hasil yang lebih protektif, tahan lama, dan juga resapan yang dalam. Target organisme juga luas sehingga perlindungan sangat maksimal.
  2. Mudah digunakan dalam berbagai metode baik itu metode perendaman, vakum tekan, dan lain sebagainya.
  3. Keduanya diformulasikan secara modern dengan memerhatikan dampaknya terhadap lingkungan
  4. Konsentrasi yang tinggi sehingga jauh lebih hemat pemakaiannya
  5. Tidak menyebabkan karat ataupun dampak-dampak sampingan
  6. BioCide sangat cocok Anda gunakan termasuk bila tujuan Anda adalah ekspor produk mebel bambu laminasi ke luar negeri. Selain bisa mencegah hama dengan sangat baik, produk ini pun tidak menggunakan zat aktif yang dilarang oleh negara-negara tujuan ekspor secara umum.

Beli BioCide untuk Pengawetan Bambu Laminasi yuk!

Beli BioCide sekarang juga untuk pengawetan bambu laminasi yang lebih baik. Pembelian bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami via daring atau dengan membeli secara langsung di Bio Service Point.

Bagi Anda yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke alamat-alamat Bio Servcie Point sebagai berikut.

  1. Jepara: Jalan Raya Kudus Km km. 9a, Ngabul, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah kode pos 59417
  2. Cirebon: Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat, kode pos 45154. Telepon: +62 231 320759
  3. Jogja: Jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli pengawet bambu laminasi secara daring, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Kontak dulu CS kami. Dan silahkan bila Anda ingin bertanya-tanya dulu mengenai BioCide.
  2. Berikan data berupa alamat pengiriman dan jumlah produk yang hendak dipesan untuk mendapatkan estimasi biaya yang harus Anda bayar. Tiap produk BioCide bisa Anda beli seharga Rp. 98.000,- (harga bisa berubah di masa depan).
  3. Diskusikan pengiriman lebih lanjut dengan CS kami
  4. Bila dirasa sudah fix, silahkan lakukan pembayaran sesuai keterangan CS.Kirim bukti pembayaran kepada kami. Tunggu kami memrosesnya.
  5. Kami akan mengirimkan nomor resi kepada Anda setelah produk kami berikan ke kurir pengiriman yang disepakati. Silahkan tunggu BioCide sampai di tempat Anda.

Kerja Sama Lebih Lanjut

Kami tidak sekadar menyediakan produk pengawetan bambu laminasi begitu saja. Kami juga selalu hadir apabila Anda membutuhkan konsultasi penggnaan BioCide. Silahkan saja kontak CS kami sewaktu Anda merasa kesulitan menggunakan produk ini.

Ingin bekerja sama lebih lanjut? Kami telah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan furniture, kerajinan, dan perawatan gedung. Dan kami tentu menunggu kerja sama dengan perusahaan Anda.

Bagi Anda yang ingin menjadi agen BioCide, kesempatan juga masih kami pertimbangkan. Silahkan hubungi saja Customer Service kami di nomor yang tercantum. Utarakan maksud Anda agar kami bisa menindaklanjutinya lebih lanjut.

Simpulan

Dari penjelasan panjang di atas, ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan sebagai berikut.

  1. Material bambu bisa menjadi alternative pengganti kayu yang menarik. Termasuk juga bambu laminasi yang bisa menjadi opsi lain di luar penggunaan kayu laminasi.
  2. Teknologi bambu laminasi menawarkan beberapa pembaharuan. Selain sifat yang lebih eco friendly, tampilan bambu yang khas juga menjadi keunggulan produk ini.
  3. Demikian juga dengan berat produk yang lebih ringan dan harganya secara umum yang lebih murah.
  4. Akan tetapi, penggunaan bambu laminasi bukan tanpa tantangan. Produk ini juga memiliki beberapa kekurangan.
  5. Salah satu yang paling krusial ialah menyangkut keawetan produk tersebut. Pada dasarnya produk bamboo lamination memiliki kerentanan lebih tinggi terserang rayap, jamur, teter, dan lain sebagainya.
  6. Untuk mengatasi kekurangan produk ini, untungnya kita bisa menerapkan treatment pengawetan bambu laminasi.
  7. Treatment dilkukan dengan penetrasi atau peresapan zat antihama pada substrat bambu supaya produk tersebut tahan terhadap serangan hama.
  8. Khusus untuk perlindungan terhadap jamur, Anda bisa mengandalkan produk kami BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa gunakan selalu BioCide untuk kesuksesan usaha Anda.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn