Seperti Ini Obat Supaya Kayu Tahan Jamur yang Baik!

Ada banyak bahan atau obat supaya kayu tahan jamur. Yang jadi persoalan adalah, apakah berbagai bahan tersebut benar-benar efektif digunakan? Sebab, tak jarang kita mendapat informasi dari berbagai sumber mengenai cara membasmi maupun mencegah jamur yang tidak kredibel. Agar tidak salah memilih untuk mencegah dan membasmi jamur dengan efektif serta efisien, ikutilah panduan di bawah ini.

4 Pertimbangan Memilih Obat Supaya Kayu Tahan Jamur

Jangan Memilih Obat yang Belum Teruji Kualitasnya

Berbagai bahan alami diklaim mampu mencegah sekaligus membasmi jamur. Dan dikarenakan alasan keamanan, kita sering terjebak pada bahan-bahan tersebut. Padahal, efektivitasnya sama sekali tidak teruji. Yang ada kita malah berpotensi merusak kayu dengan penggunaan bahan yang cenderung sembarangan. Jadi, bila kita memang serius ingin mencegah sekaligus membasmi jamur, gunakanlah produk yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan tersebut. Faktor keamanan bisa diatasi dengan penggunaan produk yang sesuai dosis dan rekomendasi penggunaan alat pelindung.

Pilih Fungisida Sesuai Jenis Jamur

Jangan samakan semua jamur yang menyerang kayu! Setidaknya ada dua jenis jamur yang harus diatasi dengan cara yang berbeda.

serangan jamur pada kayu parah

Jamur pembusuk

obat supaya kayu tahan jamur

Pertama adalah jamur noda. Jenis jamur ini mampu mengubah warna kayu secara permanen sehingga harganya turun drastis meski strukturnya tidak rusak. Untuk mengatasi jenis jamur seperti ini, satu-satunya langkah adalah menerapkan treatment pencegahan. Jamur noda sendiri biasa menyerang kayu basah yang baru ditebang. Karena itu, selain segera mengeringkan kayu, aplikasi obat khusus antijamur noda seperti Microcide 100 EC sangat kami rekomendasikan.

Jamur kedua yang biasa menyerang kayu adalah jamur pembusuk. Jamur ini bukan hanya membuat estetika kayu turun drastis, tapi juga bisa membuat material tersebut rusak strukturnya. Meski kerusakannya lebih parah, tetapi serangan kelompok kedua ini jauh lebih lambat dibanding jamur noda. Untuk mengatasi jamur pembusuk, pastikan kelembaban udara rendah dan kondisi lingkungan bersih. Aplikasi finishing dengan antijamur khusus cat seperti Film Preservative FPR36 juga sangat bisa Anda andalkan.

Pilih Fungisida yang Mudah Diaplikasikan

Selain memilih fungisida yang cara kerjanya efektif, pilih juga produk yang bisa diterapkan sesuai kemampuan Anda dan alat yang tersedia. Lagipula, untuk apa membeli fungisida dengan kualitas terbaik sekalipun tetapi tak bisa digunakan?

Penggunaan Fungisida Spektrum Luas Sangat Direkomendasikan

Serangan jamur sering disusul dengan serangan organisme pembusuk lain seperti bakteri, alga, dan lumut. Oleh karena itu, akan jauh lebih praktis dan efektif bila kita bisa membasmi dan mencegah berbagai hama tersebut dengan satu produk saja. Pilihlah produk yang memiliki target organisme luas seperti Microcide 100 EC. Selain mampu mencegah serangan jamur noda, obat supaya kayu tahan jamur ini juga dapat membuatnya tahan lumut, tahan alga, dan tahan bakteri.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn