Cara Pengendalian Jamur Kayu Pada Log Maupun Sawn Timber

Jika kayu digunakan di tempat yang terkena serangan hama, maka harus dilindungi. Perlindungan ini bisa dicapai dengan:

  • kontrol kadar air
  • Penggunaan kayu yang secara alami tahan terhadap hama
  • perawatan kimia

Selain itu, penghalang mekanis (seperti perisai dan tutup rayap logam pada tiang, perlu digunakan) terkadang digunakan, namun biasanya tidak efektif.

PENGENDALIAN MOISTURE (KELEMBABAN)

Kandungan air pohon hidup dan produk kayu yang diperoleh darinya mungkin berkisar sekitar 30 persen sampai lebih dari 200 persen. Sebagian besar kelembaban ini harus dibuang untuk sebagian besar penggunaan kayu, agar hama seperti jamur tidak tumbuh. Untuk itu Kayu ‘Hijau’ atau baru tebang biasanya dikeringkan, tujuannya adalah untuk:

  • untuk mencegah noda dan pembusukan,
  • mengurangi kerusakan akibat serangga,
  • mengurangi perubahan dimensi yang tidak terkendali (susut),
  • mengurangi berat dan meningkatkan kekuatan, dan
  • menyiapkan kayu untuk perawatan dengan pengawet kimia.

Jumlah air dalam kayu (kadar airnya) biasanya dinyatakan sebagai persentase berat kering oven. Kelembaban diukur dengan:

  • Metode pengeringan oven – sampel kayu kecil ditimbang, dikeringkan, dan ditarik kembali sampai mencapai berat konstan bila dikenai suhu 212 ° F – 220 ° F.
  • Metode listrik – menggunakan alat pengukur kelembaban yang mengukur kelembaban dengan daya tahan listrik.

Kayu gergajian atau kayu gelondongan disimpan dalam waktu lama sebelum diproses dapat dilindungi dari jamur dan serangga dengan cara:

  • menjaga agar log terendam di kolam air
  • menjaga mereka di bawah semprotan air konstan

Kenapa cara merendam kayu ini efektif? Karena air mengurangi kandungan oksigen dan suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan jamur.

Seasoning atau Pengeringan (Drying) – Kandungan air kayu dapat dikurangi dengan:

  • Pengeringan udara di halaman, gudang atau pre-drier
  • mengeringkan kiln, retort atau dengan frekuensi radio

Sistem yang paling efisien dan paling banyak digunakan adalah kiln drying. Ini menawarkan kontrol yang lebih baik terhadap pergerakan udara, suhu dan tingkat pengeringan daripada pengeringan udara. Meski pengeringan kiln lebih mahal dari segi investasi modal dan biaya energi, namun jauh lebih cepat dan memberikan pengeringan kualitas yang lebih seragam dan lebih baik. Kecuali kayu ditumpuk dengan benar dan terlindungi, pengeringan udara dapat menyebabkan pemeriksaan permukaan, perengkahan akhir, warping, pewarnaan dan perubahan warna akibat pelapukan.

Bahkan setelah dikeringkan, kayu dapat kembali mencapai tingkat kelembaban yang menguntungkan hama jika terkena hujan atau kelembaban tinggi berkepanjangan dan suhu yang sesuai dengan syarat tumbuhnya jamur.

Iklan Biothane utama

Penyimpanan dan Penanganan

Untuk menghindari hama yang menyebabkan turunnya kualitas kayu selama penyimpanan atau penanganan, Anda harus:

  • Mengkonversi/mengubah log menjadi kayu gergajian secepat mungkin.
  • Keringkan kayu secepatnya, bahkan setelah perawatan tekanan atau merendam kayu dengan bahan kimia pengawet kayu anti jamut, untuk mencegah penurunan (pemeriksaan permukaan, dan perengkahan ujung).
  • Cari tempat pengeringan udara dan gudang di tempat yang dikeringkan dengan baik, dan dengan sirkulasi udara yang baik, dan jaga agar meter bebas dari gulma.
  • Lakukan sanitasi yang baik dengan membuang puing atau kayu busuk, yang berfungsi sebagai sumber infeksi jamur dan serangga.
  • Memeriksa produk kayu yang tersimpan. Rayap, misalnya, dapat menyerang kayu lapis yang tidak diobati jika tetap tidak terganggu dalam waktu lama.
  • Hindari penanganan kasar pada kayu yang dirawat. Chipping, gouging, atau splitting dapat mengekspos kayu interior yang tidak terlindungi dan memungkinkan serangan oleh jamur pelapuk.

Penggunaan Kayu Agar Tahan Alami

Kayu gubal atau bagian permukaan kayu dari semua jenis pohon asli dan pohon kayu dari sebagian besar spesies memiliki ketahanan alami yang rendah terhadap pembusukan. Namun, daging kayu dari beberapa spesies cukup tahan. Contohnya adalah cemara tua bertubuh tua (pasokan terbatas), cedar, redwood, dan post oak. Mereka tahan tapi pasti tidak kebal terhadap serangan jamur dan serangga pembusukan. Kayu belalang hitam dan kayu pinus selatan resinous, yang disebut ‘kayu gemuk’ atau ‘kayu lapis’ juga sangat tahan terhadap pembusukan.

Sayangnya, beberapa kayu tahan alami mahal atau tidak tersedia dalam jumlah komersial atau dalam dimensi yang dibutuhkan. Karena tingginya biaya untuk tenaga kerja dan bahan, resistansi variabel dan yang tidak dapat dipungkiri dari spesies ini harus menghalangi penggunaannya untuk sebagian besar aplikasi konstruksi dengan bahaya tinggi.

PENGENDALIAN KIMIA

Aplikasi pengawet kimia yang tepat dapat melindungi kayu dari pembusukan dan jamur noda, serangga dan penggerek laut, sehingga memperpanjang masa pakai kayu selama bertahun-tahun.

Keefektifan perawatan pengawet tergantung pada formulasi kimia yang dipilih, metode penerapan, proporsi kayu gubal ke bagian tengah kayu, kadar air kayu, jumlah bahan pengawet yang ditahan, kedalaman penetrasi kimia dan distribusi. Sapwood dari sebagian besar spesies komersial menerima bahan pengawet jauh lebih baik daripada daging kayu, dan jenis kayu lunak pada umumnya lebih mudah menerima impregnasi daripada kayu keras. Perlakuan pengawet dengan tekanan biasanya diperlukan untuk sebagian besar produk kayu yang digunakan untuk struktur dan aplikasi lainnya yang berisiko tinggi terserang jamur, serangga atau penggerek laut.

Namun jika Anda membutuhkan biaya besar dan fasilitas yang memadai untuk pengawetan kayu dengan metode tekanan, cukup menggunakan metode rendaman. Kayu log maupun gergajian Anda dimasukkan dalam bak yang sudah ada campuran air dan larutan pengawet kayu anti jamur. Jika Anda bingung bahan pengawet kayu yang manakah yang paling ampuh, di Indonesia hanya ada satu pengawet kayu anti jamur atau serangga pengerek kayu seperti hama bubuk kayu yakni pengawet kayu BioCide Fungicide untuk mengatasi jamur kayu, dan BioCide Insecticide untuk mengatasi serangga kayu. Anda cukup menghubungi nomor yang tertera pada website ini untuk info lebih lanjut.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn