Kerusakan Akibat Jamur Pelapuk Kering (Dry Rot) dan Perbaikannya

Jamur pelapuk kayu kering (dry rot) adalah kondisi kayu dimana jamur memecah serat kayu dan membuat kayu menjadi lemah dan rapuh. Kelebihan kelembaban adalah akar penyebab jamur ini. Pengawet kayu anti jamur BioCide dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah pertumbuhan jamur dalam beberapa situasi.

Pelapukan  disebabkan oleh jamur

Pelapukan kayu kering adalah pelemahan kayu yang disebabkan oleh salah satu dari beberapa jenis jamur. Jamur mencerna bagian-bagian kayu yang memberi kekuatan dan kekakuan kayu. Kayu yang lemah biasanya agak kering, maka disebut pelapukan atau pembusukan kayu kering, dan rapuh dan mungkin memiliki penampilan yang garang.

Ironisnya, dry rot biasanya akibat terlalu banyak uap air yang bersentuhan dengan kayu. Jamur pelapuk ini memiliki kemampuan yang tidak biasa untuk mengangkut air dari area basah ke daerah kering yang memungkinkan jamur tumbuh di kayu yang relatif kering. Jika tidak menghentikan jamur busuk yang kering akan melemahkan kayu sehingga akhirnya bisa hancur.

Kerusakan bisa menyerupai semut & rayap

Dry rot sering dikacaukan dengan semut kayu atau rayap. Kerusakan semut Carpenter (lihat Apa itu Semut Carpenter?) Dibedakan dengan penghilangan kayu dan pembentukan rongga bersih tempat semut kayu hidup. Kerusakan rayap tanah mirip dengan kerusakan akibat jamur pelapuk ini pada penampilan keseluruhan namun adanya rayap hidup, galeri rayap dan umumnya kayu basah biasanya akan memisahkan dua kondisi.

Mencegah kerusakan akibat jamur pelapuk kayu

Cara yang paling penting untuk mencegah kerusakan busuk kering adalah dengan mengurangi atau menghilangkan kelebihan kelembaban. Ini mungkin sesederhana memperbaiki pipa bocor atau serumit menghentikan infiltrasi air melalui pondasi bawah tanah. Penyebab umum dari pembusukan dan kerusakan rayap adalah kayu yang bersentuhan dengan tanah seperti yang terjadi, misalnya dengan pondasi yang gagal.

Jika kelembaban tidak dapat dikendalikan, atau jika jamur busuk kering seperti yang diperoleh dengan menahan kaki, maka kayu harus diolah untuk menghambat pertumbuhan jamur (lihat di bawah). Asam borat, atau borat, adalah fungisida yang sangat baik (pestisida yang membunuh jamur) terhadap jamur pembusuk kayu kering. Pengawet kayu BioCide juga mencegah kerusakan serangga. Kayu dapat diobati selama konstruksi, selama perbaikan, atau sebagai pengobatan perbaikan untuk menghentikan infestasi aktif.

Anti jamur BioCide untuk hama struktural seperti jamur pembusuk/pelapuk kering umumnya diaplikasikan sebagai cairan dengan beberapa jenis semprotan dan merendam kayu. Namun, kebanyakan bentuk pengawet kayu lain seperti borate biasa tidak boleh digunakan jika ada air cair, seperti di luar rumah, karena borat larut dalam air dan akan berbahaya karena kadarnya tidak ramah lingkungan. Dalam situasi basah ini menggunakan BioCide menyatu sebagai gantinya karena dibuat untuk aplikasi eksterior. Aplikasikan BioCide untuk melindungi ujung log di rumah kayu. Ujung kayu yang dipotong ini dapat terkena serangan karena kelembaban dan pembusukan dapat dengan mudah dimulai pada permukaan yang terbuka ini.

Iklan Biothane utama

Mengobati jamur pelapuk kayu kering

Mengobati jamur ini melalui proses tiga langkah:

  • Langkah 1 adalah lakukan pemeriksaan pada seluruh bangunan Anda secara menyeluruh untuk menemukan dan menghentikan sumber kelembaban yang menyebabkan masalah di tempat pertama. sebelum sumber kelembaban ditemukan tidak ada hal produktif bisa dilakukan.
  • Langkah 2 adalah menyiapkan bahan pengawet kayu anti jamur seperti BioCIde fungicide, dan beberapa kayu untuk mengganti kayu yang rusak dan lemah secara struktural.
  • Langkah 3 adalah merawat kayu dengan pengawetan menggunakan bahan pengawet kayu yang telah disiapkan.
Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn