Plus Minus Lemari Serbuk Kayu dan Cara Mencegahnya dari Jamur

Mau beli lemari serbuk kayu? Atau malah Anda ingin memroduksi lemari jenis ini sebagai pelaku usaha mebel? Ayo, kita bahas dulu bagus dan jeleknya jenis lemari ini.

Pengertian

Pernahkah Anda mendapati jenis almari yang bobotnya ringan? Setelah dilihat harganya, jenis almari seperti itu biasanya dibeli dengan harga lebih murah dibanding lemari lain. Apalagi bila dibanding lemari dari kayu jati dan mahoni. Satu almari kayu jati bisa dipasang dengan harga 2 juta, sedangkan lemari jenis ini bisa dibeli dengan harga Rp. 600.000,- saja. Sebuah perbedaan harga yang sangat besar, bukan?

Inilah yang disebut dengan almari serbuk kayu. Almari ini bukan almari yang terbuat dari kayu biasa. Kehadirannya pun belum begitu lama. Ia baru ada ketika teknologi manusia di industri pengolahan kayu berkembang pesat. Sebab komponen utama almari ini bersifat “sintetik” atau buatan. Bahan tersebut adalah kayu olahan atau biasa disebut engineered wood . Umumnya, yang dimaksud lemari serbuk kayu sendiri adalah lemari particle board.

Sebagaimana namanya, particle board adalah papan yang terbuat dari partikel atau serpih-serpih kayu. Bersama dengan MDF, HDF, sampai plywood, jenis kayu ini masuk golongan engineered wood alias kayu olahan. Khusus particle board, jenis ini adalah yang paling murah namun juga paling rendah kualitasnya dibanding yang lain.

Particle board bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk membuat lemari. Di pasaran, lemari jenis ini sangat populer. Sebab secara umum, harga mebel dari kayu solid semakin mahal. Pasalnya, makin lama kayu solid makin susah dicari. Apalagi kayu solid yang high demand atau memiliki permintaan tinggi seperti jati.

Lantas apa saja kelebihan dan kelemahan kayu ini secara umum? Anda mungkin sedang tertarik membeli kayu ini atau malah ingin membuatnya sendiri sebagai pelaku usaha mebel. Nah, berikut ini poin-poin kelebihan dan keunggulan almari particle board.

Kelebihan dan Kekurangan Almari Serbuk Kayu

Kelebihan

  1. Harga murah. Perbedaan harga antara almari dari kayu serbuk vs kayu solid sangat signifikan. Jadi poin ini memang keunggulan utama lemari serbuk kayu.
  2. Bobot ringan. Bagi banyak orang, hal ini justru merupakan suatu kekurangan. Namun bagi sebagian yang lain, berat lemari yang ringan justru disukai.
  3. Supply banyak
  4. Kini model dan tingkat kualitasnya makin beragam. Beberapa manufaktur mebel jenis ini telah menambahkan feature menarik seperti tahan air.
  5. Meskipun keindahan particle board buruk, namun dalam pengolahannya menjadi almari, kayu tersebut bisa diolah supaya menarik. Misalnya dengan cara aplikasi finishing menggunakan veneer dan juga HPL.

Kekurangan

  1. Tidak awet. Harga produk ini boleh saja murah, namun keawetannya sangat rendah. Pasalnya, kayu serbuk sebagai bahan utama yang digunakan tidak memiliki ketahanan alami lagi. Biasanya, kayu solid memiliki zat tanin yang membuatnya lebih awet, sedangkan kayu olahan telah kehilangan zat itu. Pun demikian, lemari dari kayu seperti ini lebih mudah rusak terkena benturan, panas, air, sampai solvent.
  2. Lebih sulit difinish atau dicat ulang
  3. Kurang kokoh bila dibandingkan dengan jenis lemari solid
  4. Tampilannya tetap kalah dibanding almari dari kayu solid
  5. Dibanding kayu solid, perpaduan dengan bahan lain harus lebih hati-hati dilakukan

Mau Lemari Serbuk Kayu?

Sebagaimana produk lainnya, lemari ini memiliki keunggulan dan juga kekurangan yang telah disebutkan di atas. Intinya, pasti akan ada segmen yang menyukai jenis almari ini terlepas dari kekurangannya. Misalnya, mereka yang harus berhemat saat membeli perabot. Bagi mereka tentu harga murah menjadi faktor yang sangat menarik ditemukan pada almari serbuk kayu.

Bagi kalangan pelaku usaha, hadirnya lemari seperti ini juga bisa dianggap menguntungkan, lho. Anda bisa memanfaatkan ceruk pasar yang tidak bisa dijangkau oleh pembuat mebel berkualitas tinggi. Beberapa perusahaan mebel besar sudah membuktikannya. Mereka mampu menghadirkan berbagai jenis perabot serbuk kayu yang bukan hanya almari, namun juga meja, kursi, dan masih banyak lagi.

Tips Membuat Lemari Serbuk Kayu untuk Pelaku Usaha Mebel

Nah bagi kalangan pelaku usaha mebel, berikut ini kami bagikan beberapa tips menarik supaya produksi almari particle board Anda makin baik dan lancar.

Kenali Karakter Particle Board

Bila Anda ingin mengolah kayu serbuk, sudah pasti Anda harus memahami dulu karakter kayu seperti ini. Ketahui kelebihan dan kekurangannya serta sifat-sifatnya tatkala sedang diolah. Anda bisa memanfaatkan berbagai referensi baik dari majalah woodworking atau situs kredibel seperti situs antijamur.net.

Terapkan Model yang Menarik

Biarpun tidak terbuat dari kayu solid, tapi jangan monoton dalam menerapkan model untuk lemari serbuk kayu. Jangan salah, meski memanfaatkan engineered wood, nyatanya lemari seperti ini pun bisa dibuat menggunakan beragam model desain yang bagus-bagus dan sedang trending.

Tutupi Kekurangannya dengan Finishing yang Menarik

Selain kurang kokoh, lemari serbuk kayu juga kurang indah bila dibandingkan dengan lemari dari kayu solid. Apalagi bila Anda bandingkan dengan kayu high end seperti ebony. Kayu particle board tidak memiliki pola serat alami dan telah kehilangan karakter khas warna kayunya. Oleh sebab itulah, Anda harus bisa menerapkan finishing yang baik. Anda bisa mengaplikasikan duco ataupun menggunakan finishing tempel dengan veneer atau HPL yang bagus.

Selalu Sedia BioCide SFP

BioCide SFP adalah salah satu bahan krusial yang harus disediakan apabila Anda ingin memproduksi lemari serbuk kayu. BioCide SFP adalah antijamur yang berguna untuk membasmi jamur sampai bakteri pembusuk. Pasalnya, salah satu faktor perusak utama kayu particle board adalah jamur dan mikroorganisme seperti bakteri. Dengan BioCide SFP (Surface Film Preservative), Anda bisa membasmi jamur yang tumbuh baik di permukaan luar almari maupun di bagian dalam almari serbuk kayu. Produk ini bisa dibeli dengan harga terjangkau, dan karenanya bisa menghemat budget produksi Anda.

Biocide Sfp

Jaga Kondisi Gudang dan Tempat Produksi

Sebagaimana disebut di atas, salah satu ancaman terbesar jenis lemari ini adalah adanya serangan jamur. Mold, fungus, dan bahkan bakteri pembusuk jauh lebih mudah menyerang janis kayu sintetis dibanding kayu solid. Oleh karenanya, selain menyediakan antijamur yang bagus seperti BioCide SFP, Anda juga perlu memastikan kondisi gudang serta tempat produksi terjaga kebersihan dan kelembabannya. Tanpa itu, Anda akan kerepotan sendiri mengatasi jamur yang ada. BioCide SFP memang bisa diandalkan, tapi tetap saja Anda harus mencegah jamur sebelum jamur itu makin banyak tumbuh.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa kami bagikan supaya lemari serbuk kayu Anda lebih menarik. Tips di atas juga penting supaya proses produksi Anda lancar dan tidak ada kerusakan akibat jamur yang memang sangat mengancam almari berbahan particle board. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.