Fungisida sebagai Obat Pengawet Kayu Mahoni: Apakah Efektif?

Suka tak suka, pemanfaatan kayu mahoni menghadapi berbagai persoalan yang harus diselesaikan. Salah satunya ialah serangan jamur. Serangan ini bisa menyebabkan kerugian hingga milyaran rupiah dan karena sebab itulah, penting bagi kita menggunakan fungisida sebagai obat pengawet kayu mahoni. Tetapi apakah cara ini benar-benar efektif?

kayu-mahoni

Harta terpendam negara kita terletak pada biodiversitasnya. Dari keragaman hayati yang negara ini miliki, berbagai produk dengan estetika tinggi lahir. Di antaranya yang selalu menarik pasar dunia adalah industri mebel kita. Didukung dengan beragam jenis kayu menarik, industri ini menjadi salah satu industri utama yang diandalkan masyarakat negara ini.

Mahoni atau dalam Bahasa Inggris disebut Mahogany adalah salah satu kayu rupawan pendukung industri tersebut. Kayu ini banyak sekali dimanfaatkan karena kualitasnya yang hampir menyamai jati tetapi dibanderol dengan harga yang lebih murah. Mahoni dengan kata lain, menyediakan alternatif sangat bagus bagi mereka yang ingin mendapat kayu berkualitas tapi tak memiliki dana besar.

Akan tetapi meski banyak diunggulkan, penggunaan mahoni tetaplah tak boleh dianggap selalu aman. Ancaman bahan mengintai setiap saat. Ancaman bahaya tersebut bersal dari jamur yang dapat membuat kayu mahoni rusak dan Anda mengalami kerugian milyaran rupiah.

Kasus kerugian akibat jamur ini pun bukannya kasus baru. Tak jarang kayu yang disimpan lama, rusak akibat organisme tersebut. Bila skalanya hanya skala rumah tangga dengan satu dan dua kayu rusak, jelas bukan masalah besar. Tapi apabila kerusakan ini terjadi pada skala industri? Tentu angka milyaran bukan sesuatu yang aneh kita dengar.

Oleh sebab itulah diperlukan treatment pengawetan kayu menggunakan fungisida. Pada treatment ini, fungisida yang berperan sebagai obat pengawet kayu mahoni diresapkan ke dalam substratnya. Tujuannya agar mahoni tak lagi digunakan jamur sebagai tempat hidup.

Apakah Penggunaan Obat Pengawet Kayu Mahoni ini Efektif?

Bila dibanding penggunaan bahan lain, penggunaan obat pengawet kayu sangat diperlukan. Kita tak bisa mengandalkan obat yang belum jelas dari bahan-bahan seperti oli dan solar.

alterntif text

Diperlukan keseriusan dengan memanfaatkan produk seperti BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative. Keduanya merupakan antijamur dan akan sangat berguna diterapkan pada pengolahan mahoni.

BioCide Wood Fungicide digunakan untuk mencegah bakteri pembusuk, lumut, dan jamur mikroskopis pengubah warna kayu.

BioCide Surface Film Preservative digunakan untuk membuat lapisan cat makin tahan campur dengan mencampurkannya pada produk tersebut.

Dengan aplikasi kedua fungisida pengawet kayu mahoni di atas, tentu keuntungan besar bisa diraih lebih mudah.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn