Merawat Mebel Kayu Agar Terhindar Dari Jamur

Daya tarik mebel kayu sangatlah tinggi akhir-akhir ini. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang melonjak tinggi dan selera masyrakat yang meningkat. Kenapa mebel kayu menjadi sasaran? Mebel kayu memiliki daya tarik unik karena sifat eksotis dan bernilai estetis yang tinggi. Sehingga memiliki mebel kayu yang berkualitas adalah menjadi kebangggaan tersendiri.

Setelah Anda memiliki mebel kayu pilihan, ataupun sudah mengkoleksinya di rumah dan menghiasi rumah Anda selama ini maka perawatan mutlak diperlukan. Perawatan mebel kayu sangatlah penting agar menambah umur pakai kayu dan masih dalam tampilan seperti baru. Dalam hal ini merawat berarti juga di dalamnya kita melakukan tindakan pengawetan kayu.

Seperti yang telah dikatakan diawal, merawat mebel kayu bertujuan agar kayu tetap awet dan mencegah organisme perusak kayu seperti rayap dan jamur kayu mendekat. Sehingga mebel kayu yang kita miliki tahan lama dan dapat diwariskan ke anak cucu. Ancaman utama mebel kayu saat diletakkan di dalam rumah yang mempunyai kelembaban udara tinggi adalah jamur. Jamur menjadi momok yang menakutkan dan dapat merugikan kita.

Dampak kerusakan akibat serangan jamur kayu adalah menurunnya kekuatan kayu, pelapukan, perubahan warna kayu, hingga pembusukan dan membuat kayu rentan. Kadar air dapat meningkat karena kelembaban udara dan setelah itu jamur menyerap nutrisi di dalam kayu sehingga kayu dapat lapuh dan rentan (empuk).

Berikut ini dampak jamur pelapuk atau pembusuk pada mebel kayu yang perlu Anda perhatikan:

  1. Penurunan berat

Penurunan berat kayu merupakan dampak utama yang dapat dilihat secara langsung dan  sangat terasa. Penurunan berat disebabkan oleh menghilangnya sebagian selulosa dan lignin karena dirombak oleh jamur. Bila presentase penyerangan jamur ini tinggi, maka kayu menjadi semakin ringan. Sehingga apabila mebel kayu Anda terserang jamur kayu, tidak dapat lagi menahan beban berat sebagaimana biasanya.

  1. Penurunan kekuatan

Serangan organisme perusak kayu seperti jamur pada mebel kayu dapat mempengaruhi sifat keteguhan pukul, keteguhan lengkung, keteguhan tekan, kekerasan serta elastisitasnya dan mengakibatkan kekuatan kayu akan berkurang. Inilah bahaya serangan jamur kayu paling besar yang sangat nyata.

  1. Peningkatan kadar air

Setelah jamur kayu menyerang mebel kayu Anda karena tanpa adanya perawatan, dan kondisi ruangan yang lembab, kayu menjadi bersifah basah dan lunak. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kayu yang lapuk akan menyerap air lebih banyak dari pada kayu yang segar sehat.

  1. Penurunan kalori

Nilai kalori ada hubungannya dengan intensitas serangan. Apabila intensitas pelapukan semakin tinggi maka nilai kalori semakin kecil.

  1. Perubahan warna

Ada beberapa jenis-jenis jamur kayu yang menyerang mebel atau bangunan kayu di rimah Anda. Beberapa diantarnya adalah white-rot dan brown rot. White-rot menimbulkan warna putih, brown-rot menimbulkan warna coklat, sedangkan blue-stain menimbulkan warna hitam kebiru-biruan.

  1. Perubahan bau

Umumnya kayu lapuk baunya berbeda dengan kayu yang sehat. Kayu lapuk baunya lebih menyengat.

  1. Perubahan struktur mikroskopis

White-rot menyebabkan dinding sel kayu makin lama- makin tipis dan akhirnya habis. Brown-rot menyerang selulosa kayu. Soft-rot hanya menyerang dinding sekunder dan bila dilihat dengan mikroskop polarisasi maka terlihat lubang-lubang spiral yang memanjang.

Menggunakan Perawatan Kayu Yang Paling Mudah

Sebenarnya untuk mencegaph jamur kayu pada mebel Anda, caranya cukup sederhana. Pertama adalah mengkondisikan ruangan yang kering dan terhindar dari genangan air di dalam atau di sekitar rumah. Tindakan sederhana bisa dilakukan seperti membuka jendela rungan agar udara berganti dan terkena sinar matahari secara langsung.

Selanjutnya, memerika kran air bocor di dalam maupun di sekitar rumah, sehingga tanah ataupun ruangan tidak basah. Kondisi tanah yang basah dapat memicu timbulnya jamur kayu. Karena jamur kayu yang merusak struktur dalam maupun permukaan kayu menyukai kondisi yang lembab.

Tindakan sederhana tersebut sebagai salah satu cara mencegah timbulnya jamur pada mebel kayu memang diperlukan. Akan tetapi untuk mendukung hasil perawatan yang sempurna harus menggunakan obat anti jamur kayu yang berkualitas tinggi. Tentu saja pilihan yang tepat jika berkaitan dengan mebel harus menggunakan obat jamur yang relatif aman dan ramah lingkungan. Dalam hal ini produk BioCide Fungicide ahlinya. Produk jenis ini sudah ada di pasaran dan banyak dicari oleh para penyayang mebel kayu dan ingin merawatnya agar awet dengan benar.

Kunggulan Obat Jamur Mebel Kayu BioCide Fungicide

Banyak keunggulan Fungicide yang dapat Anda peroleh, diantaranya adalah daya sebar luas hingga 15 m₃ per 1 kg larutan. Selain itu juga dapat melindungi hingga lebih dari 3 tahun, yang dimaksud melindungi disini ialah dengan perlindungan maksimal dalam semua resiko dan kondisi.

Cara aplikasinya cukup mudah, larutkan Fungicide pada air bersih dengan perbandingan 1:100 untuk yang kemasan 130 gr. Setelah itu kuaskan pada seluruh permukaan mebel kayu Anda. Cukup menghubungi nomor yang tertera pada website ini untuk pemesanan.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.