Mengenal Anti Jamur Blue Stain Pada Kayu

Blue Stain juga dikenal sebagai sapstain karena terjadi di bagian gubal log dan bukan di tengah kayu. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis jamur yang hanya menginfeksi log yang sangat lembab. Meski disebut jamur, dapat mengubah kayu berwarna biru, ungu, abu-abu, coklat, kuning, oranye dan kadang merah.

Biasanya noda biru pertama muncul di pabrik kayu atau logging meter pada log sebelum mereka punya kesempatan untuk mengeringkan kayu. Oleh karena itu susah mencegah terjadinya blue stain setelah kayu ditebang apabila kita tidak menjaga kondisi sekitar penumpukan kayu dan mengenal anti jamur blue stain pada kayu. Setelah kayu diberi obat anti jamur blue stain dan dikeringkan sampai kadar air di bawah 20% sudah tidak rentan terhadap infeksi oleh jamur noda biru.

Salah satu karakteristik noda biru adalah bahwa ia biasanya masuk jauh ke dalam kayu. Untung, jamur pewarnaan biru tidak berpengaruh terhadap kekuatan atau kesehatan struktur kayu dan tidak menyebabkan pembusukan. Sayangnya, sekali noda biru itu ada dan terbentuk tidak ada cara untuk menghilangkan warna dari kayu. Pemutih kayu tidak efektif untuk menghilangkan noda biru dan, karena tidak hanya di permukaan, bahkan pengamplasan pun tidak akan menghapusnya. Satu-satunya cara efektif untuk memerangi noda biru adalah dengan mencegah pembentukannya saat kayu sedang dalam proses pengeringan atau dengan cara penngobatan menggunakan obat anti jamur blue stain pada kayu.

Kenali lebih rinci mengenai jamur blue stain

Gejala / Tanda: Perubahan warna biru-hijau pada permukaan kayu yang baru ditebang. Jamur noda biru sering berasal dari spora yang dibawa kumbang kulit kayu.

Biologi: Jamur noda biru dibawa oleh kumbang kulit kayu dan serangga penghuni kayu lainnya. Mereka kebanyakan berwarna biru dan terutama dari genera Ophiostoma dan Ceratocystis. Spora berkecambah dan menghasilkan miselium (massa seperti benang) yang menjajah floem dan gubal.

Efek: Pewarnaan tersebut dapat menyebabkan penurunan nilai kayu atau produk kayu dengan bergantinya warna asli atau natural kayu, namun tidak mempengaruhi kekuatan kayu secara menyeluruh.

Serangga dan Penyakit Serupa: Kelompok jamur sapstaining lainnya disebarkan angin, dengan berbagai warna (biru, coklat, atau abu-abu) dan berasal dari genera Aureobasidium dan Alternaria. Jamur noda hitam, yang erat kaitannya dengan jamur noda biru. Namun, jamur noda hitam menyebar ke pohon sehat dengan kontak akar-ke-akar.

Cara mengatasi blue stain

Cara satu-satunya dan terbaik untuk mengatasi blue stain adalah menggunakan obat anti jamur blue stain pada kayu. Obat anti jamur blue stain yang terbaik adalah BioCide Fungicide, dapat Anda dapatkan secara online atau menghubungi nomor yang tertera pada website ini.

Iklan Biothane utama

Produk anti jamur BioCide Fungicide biasa digunakan pabrik kayu atau furniture, tukang kayu maupun pengrajin kayu yang selama ini menghadapi masalah jamur blue stain. Pabrik mebel di seperti di jepara menggunakan produk ini untuk mencegah kayu yang sebelum digunakan sebagai mebel terserang blue stain.

Atau jika kayu yang dikirim ke pengrajin dan setelah ditumpuk tidak lama kemudian muncul blue stain, mereka juga menggunakan produk ini. Jadi tunggu apalagi, Anda sudah tahu solusinya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn