Mencegah Jamur Saat Aplikasi Cat Kusen Kayu

Bagaimana mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu? Kami memiliki 5 kunci untuk mencegah pertumbuhan jamur. Yuk, langsung saja disimak tips-tipsnya di bawah ini.

Salah satu produk kayu yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah kusen. Kusen atau frame adalah rangka di mana pintu atau jendela dipasang. Kusen, dengan kata lain, merupakan medium antara dinding bangunan dengan pintu.

Sebagai bagian yang memiliki fungsi penting, tentu kualitas kusen pun tak boleh disepelekan. Apalagi terkait dengan ketahanannya terhadap serangan jamur. Sebab pada banyak kasus, kusen harus diletakkan di area yang tidak ideal seperti di daerah yang lembab dan kurang cahaya matahari.

Nah, di kesempatan ini, antijamur.net akan membagikan beberapa tips untuk mencegah serangan jamur pada kusen. Khususnya, pada proses pengecatan produk tersebut. Yuk, simak secara langsung 5 kiatnya di bawah ini!

Begini 5 Cara Mencegah Jamur Saat Aplikasi Cat Kusen Kayu

Pastikan Kayu Bebas Jamur

Coba Anda perhatikan. Pada tutorial finishing kayu, hampir semua langkah pertamanya adalah pembersihan kayu tersebut. Kenapa ini penting? Sebab kondisi kayu sudah pasti memengaruhi hasil pengecatan.

Sekarang misalnya begini, Anda hendak mengecat kusen yang baru saja diambil dari gudang. Tanpa sepengetahuan Anda, kusen tersebut sudah ditempeli oleh banyak spora jamur. Akibatnya, setelah dicat, akan muncul jamur beberapa hari setelahnya! Ya, jamur terlihat tumbuh di bagian bawah lapisan cat.

Mencegah Jamur Saat Aplikasi Cat Kusen Kayu

Inilah pentingnya pembersihan produk kayu pra finishing. Selain pembersihan, sebaiknya kayu juga dalam kondisi kering sebelum dicat.

Lakukan Pengecatan di Daerah yang Bersih

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu adalah dengan memilih tempat yang tepat. Perlu dipahami bahwa lapisan cat yang belum kering bisa meniadi medium di mana kotoran dan spora jamur bisa menempel.

alterntif text

Bila kotoran menempel, sudah pasti, hasil pengecatan menjadi jelek. Sedangkan bila spora jamur yang menempel, maka tak lama kemudian, akan muncul jamur di kusen tersebut. Karena itulah penting sekali bagi kita untuk melakukan finishing di daerah yang bersih.

Hindari Mengecat saat Udara Lembab

Kecepatan kering cat dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah tingkat kelembaban udara. Semakin lembab udara, tentu semakin lama proses pengeringan. Padahal, seperti disebut di atas, lapisan cat yang belum kering adalah medium yang mudah ditempeli oleh kotoran dan juga spora.

Bagi Anda yang memilik suatu ruangan khusus di mana kondisi ideal bisa diwujudkan tentu tak masalah. Tapi bagi Anda yang mengerjakan sesuatunya secara manual, tentu faktor cuaca harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai mengalami kegagalan finishing hanya karena faktor cuaca seperti ini. Sebab akibatnya bisa sangat merugikan.

Jangan Menggunakan Cat yang Lambat Kering

Selain dipengaruhi oleh kondisi udara, kecepatan kering cat juga dipengaruhi oleh sifat cat itu sendiri. Ada cat yang memang cepat kering. Namun di sisi lain, ada juga produk cat yang proses pengeringannya lambat. Maka dari itulah untuk mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu, Anda juga harus memerhatikan kecepatan kering cat.

Apakah kita sebaiknya memilih cat yang paling cepat kering di pasaran? Tidak juga. Cat yang kecepatan keringnya terlalu tinggi juga tidak baik. Pilihlah cat yang kecepatan keringnya ideal.

Tambahkan BioCide SFP

Langkah terakhir namun tak kalah penting untuk mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu adalah dengan menerapkan BioCide SFP. BioCide SFP? Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mendengar obat anti jamur ini.

biocide sfp

BioCide SFP adalah fungisida atau antijamur yang biasa dicampurkan ke dalam cat. Bahan ini bisa menjadi semacam additive untuk membuat bahan finishing lebih tahan terhadap serangan jamur. Cara penggunaannya pun hanya tinggal dicampurkan saja dengan konsentrasi 0,5 hingga 3% sesuai dengan kebutuhan.

Dengan penggunaan bahan ini, bukan hanya jamur tak menyerang selama aplikasi pengecatan, tapi nantinya kusen akan lebih tahan lama. Pada kusen yang diletakkan di area lembab, misalnya, jamur tidak akan bisa menancapkan akarnya ke lapisan finishing. Sehingga tidak terjadi kerusakan yang berarti.

Namun, harus dipahami bahwa tidak semua produk cat bisa dicampuri dengan BioCide SFP. Hanya jenis cat tertentu khususnya cat water based seperti Bio Varnish yang cocok dipadukan dengan produk ini.

Kami Sedia BioCide SFP

Pada tips kelima untuk mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu di atas, kami rekomendasikan penggunaan BioCide SFP. Dan di antijamur.net ini, kami memang menyediakan produk tersebut. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa produk ini dan bukan produk yang lain?

Well, tidak banyak produk yang menawarkan fungsi seperti BioCide SFP. Di pasaran, kebanyakan produk fungisida justru merupakan fungisida untuk pertanian. Dan di antara produk dengan formulasi sejenis, BioCide SFP menawarkan keunggulan yang tak dimiliki fungisida yang lain. Produk ini:

  1. Efektif mencegah berbagai jenis jamur permukaan sekaligus lumut
  2. Tahan lama sehingga bisa memproteksi kusen kayu dalam jangka waktu signifikan
  3. Mudah digunakan
  4. Tidak menyebabkan karat dan masalah-masalah lainnya
  5. Harga terjangkau dan pemakaian yang hemat
  6. Lebih aman dan ramah lingkungan, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya
  7. Free consultation untuk semua pelanggan BioCide SFP. Teknisi kami siap memberikan informasi dan tips penggunaan untuk BioCide Surface Film Preservative.

Begini Cara Membeli BioCide SFP

Dapatkan BioCide Surface Film Preservative untuk perlindungan ekstra terhadap serangan jamur. Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa pilihan pembelian:

1. Pembelian via daring atau online. Anda bisa membeli secara daring di berbagai online shop seperti Shopee, Tokpedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi.
2. Pembelian secara daring langsung di antijamur.net. Anda bisa langsung mengontak CS kami yang akan memandu proses pemesanan Anda.
3. Pembelian secara langsung di Bio Service Point di Yogya, Cirebon, dan Jepara. Atau, Anda juga bisa membeli secara langsung ke agen kami di beberapa kota di Indonesia. Hubungi CS kami lebih lanjut untuk informasi alamat agen kami.

Bagi Anda yang ingin bekerja sama lebih lanjut, silahkan kontak kami via email atau telepon. Kami siap untuk mengirimkan tim atau sampel ke perusahaan Anda.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk mencegah jamur saat aplikasi cat kusen kayu. Pada akhirnya dibutuhkan kiat-kiat yang tepat agar selama proses pengecatan, tidak ada serangan jamur. Hal ini teramat penting, apalagi bila Anda sedang mengerjakan proyek besar.

Dan sebagaimana disebut di atas, pencegahan ini akan semakin efektif dengan aplikasi BioCide Surface Film Preservative. BioCide SFP pun tak hanya akan membuat cat menjadi tahan terhadap serangan jamur, namun juga tahan terhadap serangan lumut. Aplikasinya yang mudah dan harganya yang terjangkau menambah keunggulan BioCide SFP dibanding produk yang lain.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!